Kardio Kombinasi, Terampuh Bakar Lemak Tubuh

Memang, kardio adalah metode latihan yang tepat untuk menurunkan berat badan dan membakar timbunan lemak berlebih pada setiap bagian tubuh Anda. Namun, bagi yang sedang memiliki program penurunan berat badan, kardio adalah sesuatu hal yang membosankan. Hal ini dikarenakan, mereka telah sering melakukannya hingga rasa jenuh pun menghampiri.

Headline

Sekarang, kejenuhan itulah yang harus Anda atasi. Jika rasa jenuh tersebut terus muncul pada setiap sesi latihan Anda, maka kualitas latihan Anda pun juga akan terganggu. Lalu, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Ya, kunci utamanya adalah melakukan banyak variasi latihan.

1.) Tabata dan Angkat Beban Akan Menjadi Maksimal

1

Kardio memang memberikan peran besar dalam penurunan berat badan Anda. Namun, bukan berarti setiap hari Anda hanya melakukan kardio sebagai metode latihan Anda. Meskipun gol Anda adalah berat badan ideal, namun harus tetap untuk mempertahankan otot yang telah ada di tubuh Anda. Caranya, yakni dengan melakukan angkat beban atau sejenisnya. Terlebih jika Anda melakukan istirahat di antara set, paling lama berikan durasi waktu sekitar 30 detik. Anda juga harus memperhitungkan jumlah repetisi dalam setiap set. Karena, perhitungan yang cocok antara set dan repetisi yang Anda ambil akan membuat kemajuan yang tak terduga. Tentunya, gol tersebut akan didapatkan ketika Anda melakukan latihan ini dengan intens. Sebagai rekomendasi bagi pemula, di sela-sela latihan angkat berat, lakukanlah lompat tali (Rope Jumping) pada akhir sesi latihan. Hal ini akan memaksimalkan pembakaran lemak di tubuh Anda.

Berikut adalah latihan yang direkomendasikan untuk menyeimbangkan antara latihan kardio dan angkat beban Anda.

-Reverse-Grip Decline Bench Press | 10 set, 3repetisi
-Alternating Single-Arm Dumbbell Press | 3 set, 5 repetisi
-Seated Horizontal Hammer Press | 5 set, 6 repetisi
-Seated Machine Flye |3 set, 10 repetisi

Sebagai rekomendasi, ada baiknya Anda melakukan latihan tabata pada akhir sesi latihan angkat beban. Cara pelaksanaannya dengan melakukan beberapa latihan berikut ini:

-Sprint
-Lompat Tali
-Kettlebel Swings
-Speed Row

2.) Latihan Bodyweigt Adalah Cara Terbaik

30-minute-upper-body-workout-for-women-graphics-2

Ketika Anda hanya mempunyai sedikit waktu untuk latihan, maka Anda bisa memilih latihan seperti barbell complexes atau mengubah tubuh Anda menjadi pembakar lemak yang ampuh dengan menggunakan treadmill. Menggunakan berat tubuh untuk membakar lemak (latihan bodyweight) akan lebih efektif daripada ketika Anda melakukan kardio dengan cara yang lama. Ketika Anda melakukan latihan bodyweight, makan Anda dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda selama berjam-jam ketika latihan. Ketika Anda melakukan latihan dengan melawan bobot tubuh Anda sendiri, maka hal tersebut juga berpotensi meningkatkan keseluruhan ukuran otot Anda. Tentunya semakin Anda memiliki otot, metabolisme pun juga semakin cepat dan membuat tubuh Anda menjadi obor yang membakar lemak sepanjang hari. Ada baiknya, Anda harus menyelesaikan latihan bodyweight 100 repetisi dalam setiap latihan direkomendasikan berikut ini.

Burpee | 100 repetisi
Pull-Up | 100 repetisi
Body WeightWalking Lunge | 100 repetisi
Push Press| 100 repetisi
Box Jump| 100 repetisi
Sprint | 100 meter

3.) Kombinasikan Latihan Bodyweight dengan Treadmill Cardio

3
Anda bisa meledakan timbunan lemak di tubuh Anda tanpa harus menghabiskan berjam-jam di gym. Hal ini dapat dilakukan dengan mencampur interval kardio dengan latihan bodyweight. Lathan ini dirancang dengan cara Anda melakukan treadmill atau naik turun tangga selama lima menit. Hal tersebut tak membutuhkan waktu yang lama dan hal tersebut sangat menyenangkan. Segera setelah Anda selesai melakukannya, Anda bisa melakuikan bodyweight circuit. Setelah rangkaian bodyweight, kembali lagi ke treadmill dan ulangi seluruh latihan 2-3 kali.

Bodyweight Circuityang Direkomendasikan:
Push-Up | Sampai Anda gagal
Plie Dumbbell Squat | 15repetisi
Burpee | 15 repetisi
Plank Up-Down | 30 detik
Air Squat | 15Repetisi

Dengan melakukan kardio yang dikombinasikan dengan latihan lainnya, gol yang Anda dapatkan untuk memperoleh tubuh tanpa lemak pun pasti akan Anda dapatkan. Bukan hanya itu, sekaligus Anda juga akan memperoleh massa otot yang mengagumkan. (gie)

BACA JUGA: 5 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Jantung

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes