menghilangkan lemak di perut

Keluar dari Zona Nyaman dan Latihan Lebih Keras!

Ketika Anda sudah mulai fitnes, mungkin selama beberapa waktu Anda melakukan latihan yang sama, baik gerakan, jumlah beban, set, dan repetisi.

Namun jika ingin otot Anda semakin berkembang, maka sebaiknya Anda harus mulai mengubah kualitas latihan Anda.

Jadi, kapan saat yang tepat untuk mengubah latihan tersebut?

Seberapa Sering Anda Harus Mengubah Latihan?

latihan sumo squat

Sebenarnya, jawaban di atas adalah tergantung, tergantung bagaimana reaksi tubuh pada latihan yang Anda lakukan.

Memang, tidak dapat dijelaskan secara pasti kapan waktu yang tepat untuk meningkatkan kualitas latihan Anda. Namun, hal itu memang penting untuk dilakukan.

Cara terbaik untuk mengetahui kapan Anda harus mengubah latihan adalah dengan memperhatikan tubuh Anda.

>> Kapan Saatnya untuk Menambah Berat Beban Angkatan Saya <<

3 Sinyal Tubuh yang Menunjukkan Saatnya Anda Meningkatkan Kualitas Latihan

Otot lengan

Anda sudah rutin berlatih di gym namun merasa masih belum ada hasil yang berarti?

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab. Salah satunya adalah latihan itu sendiri. Yang dimaksud di sini adalah latihan yang benar-benar berkualitas untuk perkembangan otot Anda.

Lalu kapan sebaiknya waktu yang tepat untuk meningkatkan latihan?

#1. Jika Tubuh Anda Tidak Mengalami Perubahan

Tidak ada perubahan dalam tubuh Anda menjadi indikasi paling utama saatnya untuk meningkatkan kualitas latihan Anda.

Bila Anda telah melakukan rutinitas latihan selama 2-3 bulan namun tidak ada perubahan, maka sebaiknya Anda mulai menambah intensitas latihan Anda.

#2. Apakah Anda Berusaha untuk Mengangkat Beban Lebih Berat?

Karena Anda nyaman pada berat beban dumbbell 20 kilogram misalnya, Anda kemudian enggan untuk menambahkan jumlah beban angkatan Anda.

Keluar dari zona nyaman dan buat tubuh Anda bekerja keras dengan berat beban yang tidak biasa. Lebih banyak kesulitan (ini juga bukan berarti menantang cedera) maka akan membuat perkembangan otot Anda lebih cepat.

#3. Anda Sudah Bosan!

Ya, salah satu tanda lain agar Anda mengubah latihan Anda adalah ketika Anda mulai merasa bosan dengan latihan yang sekarang.

Bukan berarti ketika Anda mulai merasa bosan kemudian Anda memilih tidak berlatih.

Tetaplah pergi ke gym dengan penuh semangat. Anda dapat melakukan latihan yang tidak biasanya, atau Anda dapat berlatih dengan meningkatkan jumlah beban maupun repetisinya.

Baca Juga: 6 Prinsip untuk Membentuk Tubuh Ideal

Bagaimana Cara Mengubah atau Meningkatkan Kualitas Latihan Anda?

minum suplemen

Dengan meningkatkan kualitas latihan Anda, maka goal fitnes yang Anda rencanakan akan dapat segera terwujud.

Banyak cara untuk meningkatkan kualitas latihan Anda. Berikut beberapa diantaranya;

#1. Meningkatkan Tempo

Mengubah tempo dalam latihan adalah cara yang bagus untuk memberikan ‘kejutan’ pada tubuh Anda.

Dengan memberikan tekanan yang tidak biasa maka akan dapat memberi tingkat stres pada otot yang nantinya akan dapat membantu meningkatkan perkembangan otot Anda.

#2. Perpendek Waktu Istirahat

Memperpendek waktu istirahat dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas latihan Anda. Waktu istirahat juga berbeda dan tergantung pada jenis latihan dan beban yang Anda angkat.

Misalnya, jika biasanya Anda istirahat antar set selama 60-90 detik, maka mulailah untuk perpendek waktu istirahat menjadi 30-60 detik. Ini akan membuat otot Anda bekerja lebih keras daripada biasanya.

#3. Menambah Set

Apakah Anda selalu melakukan latihan dengan 3 set?

Oke, kalau begitu kini sudah saatnya Anda menambah jumlah set dalam setiap latihan Anda. Dengan menambahkan volume latihan akan dapat membuat tubuh Anda bekerja lebih lama dari biasanya.

#4. Jumlah Repetisi

Melakukan repetisi yang berbeda akan memberikan tantangan tersendiri bagi otot Anda.

Biasanya repetisi rendah digunakan ketika mengangkat beban yang lebih berat, sementara repetisi tinggi dilakukan dengan berat yang lebih ringan.

#5. Berat Beban

Keluar dari zona nyaman.

Jangan terus-menerus berlatih dengan berat dumbbell, barbell, atau kettlebell yang sama. Saatnya Anda keluar dari zona nyaman untuk meningkatkan perkembangan dan memaksa tubuh Anda berkerja ekstra keras.

Tingkatkan jumlah beban secara perlahan dan rasakan perubahannya.

#6. Metode Latihan

Melakukan 4 set 10 repetisi, atau metode latihan 5 x 5 tidak selalu menjadi teknik yang tepat untuk mencapai goal fitnes Anda.

Coba beberapa metode latihan lainnya (atau yang sama) manakah teknik latihan terbaik untuk membantu mewujudkan goal fitnes Anda.

Dengan mengubah metode latihan akan memberikan tubuh Anda sesuatu yang baru dan memberikan tekanan yang lebih pada otot Anda.

So, yang terpenting adalah berapa lama Anda mengejar target (goal) fitnes Anda. Dan jika Anda belum juga mendapatkan hasil, maka ubah beberapa variabel latihan di atas dan keluar dari zona nyaman.

Note: Apabila Anda ingin mendapatkan bentuk tubuh ideal dalam 30 hari dengan cara lebih mudah, Anda dapat download ebook ini dan rasakan perubahannya >> Rahasia Mendapatkan Badan Ideal Hanya Dalam 30 hari

BadanIdeal

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes