cara meningkatkan kemampuan aerobik

Kemampuan Aerobik Meningkat, Tubuh Langsing Lebih Cepat

Salah satu latihan paling populer yang menjadi pilihan untuk melangsingkan badan adalah latihan aerobik. Latihan aerobik merupakan latihan yang melibatkan kemampuan tubuh dalam mengendalikan kebutuhan oksigen yang dilakukan dalam durasi yang cukup lama. Contohnya seperti lari jarak jauh, marathon, triathlon, hingga senam aerobik.

cara meningkatkan kemampuan aerobik

Mengingat durasi latihan aerobik yang cukup panjang, maka latihan ini pun tidak menggunakan intensitas yang tinggi. Kapasitas aerobik atau disebut juga endurance atau VO2 max ini merupakan komponen utama kesegaran jasmani (physical fitness).

Fungsi jantung dan paru-paru berperan penting dalam mengoptimalkan kapasitas aerobik setiap individu. Ada beberapa atlet yang memang terlahir dengan kapasitas aerobik yang mumpuni sehingga dalam bidang tertentu memiliki keunggulan dibanding atlet lain yang harus melatih kemampuan mereka terlebih dahulu sebelum sampai pada puncak performa mereka.

Untuk meningkatkan kapasitas aerobik ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya dengan memeriksakan kondisi kesehatan untuk mengetahui apakah ada kelainan fungsi jantung dan paru-paru sebelum menjalankan program latihan peningkatan kapasitas aerobik tubuh.

Selain itu juga perlu diingat bahwa orang yang bersangkutan harus mendapatkan gizi yang cukup baik secara kualitas dan kuantitas. Bila hal-hal tersebut telah dipenuhi, maka latihan untuk peningkatan kapasitas aerobik dapat dimulai.

Cara Meningkatkan Kemampuan Aerobik

Seperti disampaikan di awal pembahasan bahwa prinsip peningkatan kapasitas aerobik adalah dengan meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru. Jantung berfungsi memompa darah keseluruh tubuh, moncler shirts shoes 2 termasuk menuju otot-otot yang bekerja saat latihan.

Sedangkan paru-paru berfungsi menghirup oksigen yang kemudian diikat oleh Hb (Hemoglobin) untuk segera diedarkan. Latihan aerobik juga bisa disebut dengan latihan kardio karena latihan ini menitikberatkan pada peningkatan fungsi sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

Ada 5 cara yang biasa digunakan oleh para trainer profesional untuk meningkatkan kemampuan aerobik atlet yang dibimbingnya, yaitu menggunakan metode F.I.T.T.E (Frequency, Intensity, Time, Type, dan Enjoyment).

Fequency : Jumlah sesi latihan yang Anda lakukan dalam satu minggu
Intensity: Tinggi/rendahnya intensitas latihan yang Anda lakukan
Time: Berapa lama Anda melakukan latihan tersebut
Type: Latihan apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda melakukannya
Enjoyment: Setiap latihan harus dinikmati dan dilakukan dengan perasaan senang

Frekuensi
Untuk meningkatkan kapasitas aerobik, para ahli sepakat bahwa frekuensi latihan harus dilakukan antara 3-5 kali seminggu atau lebih dari itu tergantung dari cabang olahraga atau kebutuhan atlet yang bersangkutan.

Intensitas
Intensitas mengacu pada kisaran denyut jantung selama latihan. ugg outlet barstow brisbane Tinggi rendahnya denyut jantung menunjukkan seberapa besar intensitas latihan yang Anda lakukan. Bila denyut jantung mencapai 130 kali/menit, bisa diartikan intensitas latihan Anda dalam level sedang. Bila mencapai 170 kali/menit, artinya latihan Anda berada dalam intensitas tinggi, dan latihan Anda bukan aerobik lagi, tetapi sudah masuk taraf anaerobik yang melelahkan.

kemampuan-aerobik

Bila sulit menghitung nadi, maka pakailah cara “talk test” atau test berbicara, yaitu bercakap-cakap selama latihan. Bila lancar maka latihan tersebut cukup intensitasnya. Bila percakapan terputus-putus karena lelah, maka itu menunjukkan intensitas yang terlalu tinggi.

Time
Merupakan durasi atau berapa lama Anda melakukan satu sesi latihan. Para ahli menganjurkan latihan antara 20-60 menit, tidak lebih dan tidak kurang. Jika kurang dari 20 menit cadangan energi berupa lemak tidak ikut terbakar, jika terlalu lama dari 60 menit dikhawatirkan overtraining dan tubuh menjadi rentan cedera. moncler shirts shoes 2

Type
Memilih jenis latihan yang sesuai untuk meningkatkan kapasitas aerobik. Seperti berlari, bersepeda, berenang, dan latihan lain yang melibatkan kemampuan jantung dan paru-paru dalam mengolah oksigen untuk meningkatkan kemampuan aerobik Anda.

Enjoyment
Pilih latihan yang paling Anda sukai dan tidak membosankan. Jangan terpancing melakukan latihan tertentu hanya karena ikut-ikutan dan terpakasa. Pilih latihan Anda sendiri dan nikmatilah prosesnya. (dan)

BACA JUGA : RAIH SIXPACK DENGAN LOWER ABS WORKOUT

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes