manfaat suplemen

Kembalikan Otot Setelah Libur Latihan

Ada banyak sekali alasan mengapa beberapa orang mungkin termasuk Anda memutuskan untuk berhenti latihan dalam jangka waktu tertentu seperti cedera parah, bekerja, atau melahirkan. Dan ketika mencoba kembali berlatih, tubuh Anda mungkin akan terasa berbeda tidak seperti pertama kali Anda berlatih.

kembali berlatih

Paru-paru Anda mungkin akan kehilangan elastisitasnya sehingga Anda sulit untuk bernapas dan merasakan nyeri dada. Volume darah dalam tubuh juga mungkin menurun dan menyebabkan pembuluh menjadi lebih kecil dan menyuplai oksigen lebih sedikit. Semua hal tersebut akan memaksa jantung Anda bekerja lebih untuk memberikan oksigen pada otot. [Baca Juga: 6 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Saat Berlatih Fitnes]

Namun jangan khawatir, Anda akan mampu melewati hal tersebut dengan beberapa tips ampuh berikut ini:

Berkonsultasi dengan Dokter

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk memulai kembali latihan adalah dengan berkonsultasi mengenai kesehatan dengan dokter Anda. Setelah lama beristirahat dari latihan, tubuh Anda membutuhkan perhatian khusus untuk memulai kembali aktivitas ini.

kembali berlatih

Sebuah institusi olahraga di Amerika, College of Sport Medicine menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai latihan, apabila Anda tidak berlatih selama tiga bulan atau lebih. Hal ini juga sangat disarankan apabila Anda menderita atau mengalami penyakit kronis seperti jantung dan diabetes. Dokter Anda akan menyarankan beberapa cara terbaik untuk kembali kerutinitas latihan Anda.

Mulailah Secara Perlahan-lahan

moncler outlet polo 2 com/wp-content/uploads/2015/08/LamaPelan.jpg” alt=”kembali berlatih” width=”530″ height=”250″ class=”aligncenter size-full wp-image-54650″ />

Saat Anda memutuskan untuk kembali berlatih, sebaiknya mulailah latihan Anda secara perlahan. Anda dapat melakukan latihan yang sama namun harus diawali dengan intensitas yang rendah. Misalnya jika Anda ingin kembali berlari, mulailah dengan berjalan kaki dan jogging. Jika Anda ingin kembali berlatih beban, gunakan beban yang ringan dengan intensitas yang rendah pula. Lakukan latihan Anda tidak lebih 2-3 kali dalam seminggu dan jangan sampai lebih dari 45 menit untuk minggu kedua, hingga minggu keempat di awal latihan.

Jangan lupa pula untuk lakukan pemanasan dan peregangan yang lebih lama untuk melindungi otot dan sendi dari cedera. Beri jeda waktu hingga setidaknya enam minggu sebelum Anda kembali ke latihan dengan intensitas yang tinggi seperti latihan terdahulu. Dalam jeda waktu tersebut, tubuh Anda akan lebih siap untuk berlatih secara rutin dan menjajal latihan yang lebih menantang.

Nikmati Setiap Proses

kembali berlatih

Salah satu pemicu gagalnya Anda kembali ke rutinitas latihan adalah kebosanan. Ketika Anda ingin mendapatkan kembali bentuk tubuh yang ideal setelah lama tidak berlatih, pilihlah latihan yang bisa Anda nikmati. ugg outlet barstow brisbane Bila perlu, carilah teman untuk bergabung bersama Anda. Misalnya, Anda bisa berlatih kardio di atas mesin treadmill sambil menonton televisi atau membaca buku. Buatlah rutinitas latihan Anda menjadi kegiatan yang segar dan menarik.

Sabar

kembali berlatih

Kembali ke rutinitas berlatih akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi jangan terlalu buru-buru untuk memaksa tubuh Anda beradaptasi dengan tingkat latihan yang sama seperti dahulu. Tubuh Anda akan adaptif dalam jangka waktu enam minggu. Jangan terlalu menguras tenaga tubuh di awal latihan. Kelelahan merupakan sinyal tubuh terbaik untuk menandai kapan Anda harus berhenti berlatih.

Bagaimana Mengatasi Rasa Nyeri atau Pegal Setelah Fitnes?

Tubuh terasa pegal atau nyeri adalah hal yang wajar dalam dunia dunia fitnes. Bukan hanya bagi mereka yang sudah lama absen tidak latihan, mereka yang sudah profesional-pun juga masih berpotensi mengalaminya. Namun fitnes mania tidak perlu khawatir karena hal itu merupakan bagian dari perkembangan otot. Bagi fitnes mania yang sudah lama tidak latihan dan ingin memulai lagi, selain mengikuti tips di atas, monster beats apple accessories perhatikan juga pola makan dan suplementasinya.

Agar latihan lebih maksimal, maka pastikan kecukupan asupan protein dan karbohidrat. Apabila nutrisi melalui real food kurang, maka Anda bisa menambahkan suplemen. Selain suplemen protein, suplemen seperti Creatine Monohydrate dari Ultimate Nutrition sangat penting untuk membantu meningkatkan ukuran sel otot, serta menambah tenaga dan stamina Anda.

Ingat, jangan sampai memaksakan diri hingga otot mengalami kelelahan karena hal ini dapat mengakibatkan sejumlah masalah, salah satunya adalah potensi cedera. Langkah-langkah di atas akan memudahkan Anda untuk kembali ke bentuk ideal tubuh yang diidamkan serta menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Semoga bermanfaat. (mee/ctr)

BACA JUGA: Apa yang Harus di Makan Sebelum Kompetisi?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes