Kenapa Anda Sulit Menambah Berat Badan?

""

Jika Anda termasuk orang yang sulit menambah berat badan, maka pertanyaan di atas tentu menjadi salah satu pertanyaan terbesar di benak Anda. Nah, simak jawabannya di artikel berikut ini.

Metabolisme
Faktor genetik erat kaitannya dengan mengapa seseorang sulit menambah berat badan. Setiap orang memiliki nafsu makan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki nafsu makan yang kurang tetapi cepat sekali mengalami kenaikan berat badan. Tapi ada juga orang lain yang memiliki nafsu makan sangat besar namun sulit sekali menambah berat badan. Hal ini dipengaruhi oleh metabolisme tubuh tiap orang yang berbeda-beda. Para peneliti di University of Maryland baru-baru meneliti peran hormon pertumbuhan (Human Growth Hormone) dalam menambah ataupun menurunkan berat badan. Penelitian ini didesain untuk melihat lebih dekat mengapa kenaikan berat badan pada tiap orang berbeda-beda, meskipun mereka memiliki tingkat aktivitas yang sama dan mengkonsumsi jumlah kalori yang sama. Teorinya adalah bahwa peningkatan level hormon pertumbuhan dapat menyebabkan seseorang untuk membakar lebih banyak energi, sehingga mencegah kenaikan berat badan. Di sisi lain, meskipun olahraga dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan dalam tubuh, kenaikan berat badan bisa menurunkan kadar hormon pertumbuhan.

Ketidakseimbangan Nutrisi
Pada kenyataannya, banyak orang yang berjuang untuk menambah berat badan ternyata tidak makan cukup protein yang diperlukan untuk menambah berat badan. Kekurangan vitamin dan nutrisi lainnya juga dapat membuat tubuh Anda menjadi kurus.

Sama dengan usaha untuk menurunkan berat badan, menambah berat badan juga membutuhkan waktu dan tidak dapat dicapai dalam beberapa hari.

Untuk menambah berat badan, maka Anda perlu mengkonsumsi makanan sehat, sama seperti orang-orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan. Bedanya yaitu pada kandungan nutrisi dari makanan yang Anda makan di mana Anda perlu mengkonsumsi kalori lebih besar dari yang Anda gunakan.

Gangguan Medis
Kondisi medis tertentu dapat berkontribusi pada sulitnya Anda untuk menambah berat badan. Penyakit Graves, atau hipertiroidisme, sering menyebabkan orang untuk mengalami penurunan berat badan meskipun nafsu makannya meningkat. Jika hipertiroidisme tidak diobati untuk jangka waktu lama, jaringan otot mulai menyusut. Penyakit paru-paru kronis juga dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak diinginkan. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu yang menjadi penyebab sulitnya Anda menambah berat badan, maka pengaturan nutrisi yang tepat sangatlah penting.

Menambah Berat Badan
Salah satu cara untuk menambah berat badan adalah dengan meningkatkan asupan kalori dengan makan lebih banyak. Berapa banyak kalori yang Anda butuhkan setiap hari untuk menambah berat badan didasarkan pada banyak faktor, mulai dari jenis kelamin, usia, berat badan, tinggi badan, aktivitas fisik Anda, dan sebagainya.

Namun demikian, tak sedikit pula orang yang sudah makan lebih banyak tetapi tetap sulit untuk menambah berat badan. Ini biasanya dikarenakan oleh metabolisme tubuhnya yang cepat. Akan tetapi, cepat ataupun lambat tingkat metabolisme tubuh Anda, kuncinya adalah jangan membiarkan diri Anda kelaparan, atau bisa-bisa Anda mengalami penyusutan otot. Makanlah setidaknya 6 kali sehari, yang berarti makan tiap sekitar tiga jam sekali. Tambahkan protein dan karbohidrat baik, dan bentuklah otot lebih banyak melalui latihan beban, sehingga dapat membantu Anda menambah berat badan lebih banyak.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes