Kenapa Circuit Training Tidak Boleh Terlalu Sering Dilakukan?

Anda sudah mengenal Circuit Training dari artikel saya sebelumnya yang berjudul Circuit Training buat Pemula. Banyak sekali orang yang sudah mencoba melakukannya dan banyak yang sudah berhasil menurunkan berat badannya dengan singkat menggunakan metode ini.

Kenapa-Circuit-Training-Tidak-Boleh-Terlalu-Sering-Dilakukan

Alasan kenapa Circuit Training ini lebih efektif dan efisien daripada aerobic atau sekedar treadmill biasa adalah:

  • CT adalah HIIT, aturan CT dengan latihan beberapa detik sebanyak 4 gerakan dan istirahat selama 2 menit di antara tiap set merupakan pola HIIT di mana HIIT sendiri sangat efektif menurunkan berat badan.
  • CT menggunakan seluruh otot tubuh. Kalau HIIT yang dikenal banyak orang hanyalah merupakan selang seling antara berjalan cepat dan berlari, sehingga otot yang digunakan mayoritas adalah otot pinggang ke bawah dengan penekanan hanya pada paha, betis dan tumit saja. Sedangkan CT menggunakan hampir seluruh otot tubuh sehingga pembakarannya jauh lebih dahsyat daripada HIIT biasa.
  • Karena CT menggunakan hampir seluruh otot tubuh, maka semakin banyak otot yang dimiliki oleh seseorang, maka CT akan menjadi semakin cepat membakar lemak. Ingat bahwa lemak dibakar di dalam otot sebagai kompornya.

Nah, setelah mengerti tiga poing penting di atas tentang keunggulan Circuit Training tersebut, banyak orang yang jadi terlalu bersemangat dan melakukan Circuit Training ini hampir setiap harinya, dengan tujuan agar penurunan berat badannya terlalu cepat. Tetapi CT yang dilakukan setiap hari, bukan malah membuat tubuh semakin keren, malah sebaliknya, hasilnya menjadi kurang maksimal.

Beberapa alasan yang menyebabkan CT kurang maksimal ketika Anda melakukannya tiap hari adalah:

  • Circuit Training memiliki efek Afterburn, dimana pembakaran lemaknya terjadi secara optimal SETELAH berhenti berolahraga. Apa jadinya kalau olahraganya tidak pernah berhenti dan malah dilakukan setiap hari? Tubuh Anda akan over training, terlalu capek, dan malah akan jatuh sakit.
  • Circuit Training yang dilakukan lebih dari 3x seminggu akan membuat otot Anda katabolik/mengecil. Ketika otot mengecil, Anda ingat prinsip CT bahwa semakin banyak otot, efek pembakarannya akan semakin maksimal sehingga otot mengecil ini malah akan membuat efek Circuit Training menjadi kurang maksimal. Berat Anda akan turun, habis itu stuck tidak mau turun lagi, dan setelah itu mungkin akan turun sedikit lagi tetapi yang turun adalah otot Anda. Setelah semuanya itu terjadi, Anda bisa menjadi putus asa, berhenti latihan, dan akhirnya berat Anda kembali naik.

Well, itulah kenapa semuanya harus dilakukan secara seimbang, porsi Circuit Training terbaik adalah 2 sampai 3 kali saja dalam seminggu, dan gabungkan CT dengan latihan beban, untuk membuat otot Anda lebih optimal dalam proses pembakaran lemaknya.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda berlatih dan menurunkan lemak di tubuh Anda dengan lebih optimal.

Salam
@DennySantoso

BACA JUGA : The Sixpack Abs Circuit Training!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes