Kenapa Otot Saya Terasa Nyeri Setelah Latihan?

Apakah Anda pernah mendapati pertanyaan seperti itu?

Apakah pernah merasakan nyeri pada otot Anda setelah latihan?

Atau bahkan lengan Anda sulit digerakkan setelah sebelumnya Anda melatih bicep dan tricep Anda dengan keras?

Ketika Anda latihan di gym, pastinya Anda akan merasa nyeri pada beberapa bagian otot Anda setelahnya. Bahkan mungkin Anda akan kesulitan mengangkat lengan sehari setelah latihan atau kaki Anda akan merasa sangat sakit jika sebelumnya Anda melatih kaki Anda dengan sangat keras.

Sebagian fitnes mania mengatakan bahwa nyeri otot adalah hal wajar dan bukti bahwa latihan yang mereka lakukan sukses. Dengan berpikir bahwa otot yang nyeri tersebut akan segera memperbaiki diri dan kembali membentuk agar lebih besar dan kuat.

Tahukah Anda bahwa nyeri otot sebagai bukti latihan Anda sukses tidak sepenuhnya benar? Jika Anda berpikir bahwa nyeri otot adalah indikator utama keberhasilan latihan, maka Anda salah.

#Latihan Bukan Bertujuan untuk Membuat Otot Anda Nyeri!

DOMS5

Nyeri otot bisa disebabkan karena otot tidak dilatih dengan cukup sehingga otot kurang beradaptasi. Contohnya, banyak fitnes mania yang melatih masing-masing kelompok otot seminggu sekali atau menghabiskan waktu istirahat lebih banyak ketika latihan di gym.

Tujuan dari latihan sebenarnya adalah tidak untuk membuat otot Anda sakit atau nyeri. Karena itu, Anda harus mencoba membuat respon yang lebih baik dalam tubuh Anda.

Memang, nyeri otot setelah latihan adalah hal umum terjadi dan itu merupakan sinyal dari tubuh bahwa aktivitas yang Anda lakukan berdampak pada serat otot.

So, lakukanlah latihan yang sama pada hari latihan berikutnya dan rasa nyeri yang Anda alami akan berkurang daripada saat pertama kali latihan. Ini hanya masalah proses adaptasi otot tubuh Anda.

Baca Juga: Bagaimana Meredakan Nyeri Otot Setelah Latihan?

#Ada 2 Jenis Nyeri Otot

DOMS1

Kebanyakan fitnes mania, mungkin termasuk Anda, akan bingung ketika mengalami nyeri otot dan berpikir bagaimana cara mengobatinya. Ada dua jenis nyeri otot yang perlu diketahui, yaitu nyeri otot akut (acute muscle soreness) dan delayed onset muscle soreness (doms).

Nyeri otot akut akan Anda alami selama latihan atau segera setelah latihan. Nyeri ini biasanya akan terjadi pada otot Anda dalam beberapa menit dan menghilang dalam waktu 2-3 menit atau muncul beberapa jam setelah latihan. Rasa nyeri ini diakibatkan Anda baru saja melatih otot Anda dengan intensitas yang lebih berat.

Sementara doms adalah ketika Anda merasakan nyeri pada hari berikutnya dari latihan yang Anda anggap sangat berat. Doms biasanya akan muncul 24-72 jam setelah Anda melakukan latihan.

#Otot Nyeri Bukan Alasan Utama untuk Menunda Latihan

Doms2

Sering kali, fitnes mania yang melatih kelompok otot seminggu sekali merasakan nyeri lebih sakit ketimbang mereka yang melatih kelompok otot seminggu dua kali.

Mengapa Anda disarankan untuk tetap latihan meski otot Anda masih terasa nyeri? Kali ini kita akan membahas mengenai otot yang tegang.

Otot yang tegang dapat terasa seperti nyeri otot. Namun, rasa nyeri otot biasanya akan terjadi hingga 72 jam setelah latihan, sementara ketegangan otot akan berlangsung selama seminggu.

Nyeri otot disebabkan karena serat otot yang robek akibat latihan dan dalam proses memperbaiki kembali. Sementara ketegangan otot adalah serat otot Anda yang robek melebihi jumlah normal, yang dapat berarti beberapa tendon Anda juga mengalaminya.

Jika Anda merasa sakit dan nyeri seminggu setelah latihan, kemungkinan Anda tidak saja merasa nyeri, melainkan terdapat kelompok otot tubuh Anda yang cedera. Simak juga informasi lain tentang Mulai Latihan Beban? Ini Tips Hindari Cedera!

#Butuh Jeda Berapa Hari Sampai Saya Boleh Latihan Kembali?

DOMS4

Pertanyaan selanjutnya yang sering muncul adalah butuh waktu berapa lama untuk mengistirahatkan kelompok otot yang sudah Anda latih?

Sebenarnya, tidak ada jawaban pasti berapa lama Anda harus beristirahat setelah latihan. Tipe tubuh masing-masing fitnes mania berbeda, begitu pula jenis dan intensitas latihan yang dilakukan. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada masa pemulihan yang berbeda pula pada masing-masing fitnes mania.

Namun, aturan yang praktis adalah sebaiknya lakukan latihan untuk masing-masing kelompok otot (otot besar) dua kali per minggu. Yaitu hari pertama latihan dengan beban berat dan repetisi secukupnya, dan hari kedua berat beban sedang dengan repetisi yang lebih banyak. Seperti yang disebutkan sebelumnya, intinya adalah rangsang otot Anda dengan latihan rutin agar otot Anda lebih cepat beradaptasi.

>> Berapa Lama Istirahat yang Ideal Setelah Latihan <<

#Percepat Pemulihan Otot Anda dengan BCAA

1

Ketika melakukan latihan, tubuh otomatis akan mengambil BCAA (Branched Chain Amino Acids) dari jaringan otot Anda. Tentu, proses ini akan dapat merusak jaringan otot Anda sehingga berpotensi untuk mengurangi tingkat pemulihan otot Anda.

Pastinya, Anda selalu ingin menjaga otot yang sudah Anda bangun susah payah selama latihan. Suplemen BCAA sendiri mengandung tiga asam amino penting dari 9 asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Yaitu leucine, isoleucine, dan valine.

Karena itu, BCAA sangat penting untuk menjaga serat otot Anda selama latihan beban. Dan dengan suplementasi BCAA tentunya akan memberikan tubuh asupan BCAA untuk meningkatkan daya pulih tubuh, memberikan energi, dan mencegah kerusakan otot Anda.

Note: Dengan didukung asupan nutrisi dan suplemen yang tepat maka akan dapat meningkatkan proses pemulihan tubuh Anda >> BCAA dari Ultimate Nutrition

Dengan meningkatkan intensitas latihan serta didukung asupan nutrisi yang tepat, maka otot tubuh Anda akan beradaptasi tumbuh lebih cepat dan lebih kuat sehingga transformasi tubuh Anda akan segera terlihat. Selamat berlatih. (ctr)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes