kesalahan melakukan bench press

Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Ketika Bench Press

Banyak metode latihan yang digunakan untuk memaksimalkan pembentukan otot-otot di tubuh Anda. Seperti halnya dengan Bench Press. Metode latihan Bench Press adalah latihan dada yang paling populer. Namun, tanpa teknik dan sikap tubuh yang baik saat melakukan latihan ini, Anda tidak akan merasakan manfaat yang maksimal. Justru yang Anda dapatkan adalah risiko cedera.

Jendela Bench Press

Untuk itu, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan metode latihan dengan Bench Press, maka simak dulu informasi-informasi yang benar. Jika Anda mengabaikan dan asal dalam melakukan latihan ini, maka bukan tidak mungkin Anda akan mengalami risiko cedera yang membuat Anda tidak bisa melakukan latihan lagi. Berikut adalah kesalahan dalam melakukan latihan Bench Press yang sering dilakukan oleh banyak orang.

Kekuatan Lengan yang Tak Seimbang

Pada dasarnya Bench Press adalah salah satu metode latihan untuk membentuk otot dada dan membuatnya agar nampak lebih tegap. Ketika melakukan latihan Bench Press, banyak fitness mania yang tangannya bergoyang ketika mengangkat beban ke atas. Meskipun latihan Bench Press akan memiliki manfaat baik untuk otot dada Anda, namun yang bekerja saat menggunakan metode latihan ini adalah otot lengan. Untuk itu, fokuskan seluruh kekuatan Anda pada kedua Lengan Anda. Ketika mengangkat tiang beban ke atas, buka lebar kedua tangan Anda melebihi lebar bahu Anda. Jika Anda tidak fokus, maka tangan Anda gemetar dan banyak bergoyang. Hal tersebut tidak akan memaksimalkan latihan Anda, justru bisa membuat Anda terkena cedera.

Sebagai rekomendasi, rasakan beban yang sama rata di lengan kiri dan kanan Anda. Turunkan beban secara perlahan-lahan, nikmati beban tersebut sehingga otot dada dan tricep Anda akan bekerja. Jika kedua otot tersebut sama sekali tidak bekerja, maka bisa jadi gerakan Anda ketika melakukan Brench Press salah.

Posisi Kaki yang Salah

Melakukan Bench Press adalah latihan yang menggunakan beban berat . Untuk itu Anda harus menikmati sensasi berat dari beban yang Anda angkat dan mengoordinasikan setiap bagian tubuh Anda untuk memfokuskan beban pada tubuh Anda. Kesalahan melakukan Bench press yang umumnya banyak dilakukan adalah sering kali kaki digoyang-goyangkan ketika Anda menahan berat yang diangkat.

Memang, hal itu merupakan ekspresi dari masing-masing orang. Namun akan lebih baik jika Anda menghindarinya. Selain tidak memiliki manfaat, dengan menggoyang-goyangkan kaki juga akan berisiko terjadinya cedera. Agar manfaat melakukan Bench Press lebih maksimal, maka usahakan agar kedua kaki Anda tetap diam dan menginjak lantai.

Pinggang yang Suka bergerak

Selain kaki, bagian tubuh yang sering kali rawan terkena cedera ketika melakukan Bench Press adalah pinggang. Hal ini dikarenakan posisi Anda yang salah. Jangan sampai ketika mengangkat beban ke atas, posisi pinggang Anda bergoyang. Hal ini akan membuat Anda terkena cedera serius. Tulang sendi merupakan bagian sensitif yang sering terkena cedera. Sebagai rekomendasi, jika Anda melakukan Bench Press, maka pertahankan posisi pinggang Anda untuk tetap diam dan menempel pada kursi bench.

Bahu Dilarang untuk Bergerak

Kesalahan lainnya yang membuat Anda tidak maksimal merasakan manfaat dari Bench Press adalah posisi bahu Anda. Sering kali untuk mengekspresikan menahan berat ketika menahan beban, Anda memaju mundurkan bahu Anda. Biarkan otot dada Anda yang bekerja. Usahakan bahu tetap pada posisinya menempel sejajar pada kursi bench. Konsentrasikan pada kedua sendi bahu Anda, dan turunkan beban secara perlahan ke depan dada Anda. Pastikan sendi bahu hanya bergerak ke atas dan ke bawah, bukan ke depan dan ke belakang.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika Anda melakukan Bench Press. Sebagai rekomendasi, ketika melakukan Bench Press ada baiknya Anda meminta bantuan kepada partner atau instruktur kebugaran Anda. Hal ini untuk mencegah kegagalan Anda pada beberapa set dalam repetisi tertentu. Sehingga, hal itu akan menghindari Anda dari cedera serius. Semoga dapat membantu. (gie)

BACA JUGA: 3 Suplemen Fitness Penguat Otot dan Sendi Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes