puasa dan olahraga

Kesalahan Jika Saat Berpuasa Anda Tidak Berolahraga

Mungkin berolahraga ketika berpuasa terdengar melelahkan. Namun, berbagai manfaat kesehatan bisa didapat dengan berolahraga saat puasa. Berikut beberapa diantaranya.

puasa dan olahraga

Bagi beberapa orang mungkin merasa khawatir jika berolahraga takut puasanya batal karena kelelahan dan haus. Namun, berolahraga saat puasa juga sangatlah penting untuk tubuh kita. Bagaimana solusinya?

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa berpuasa dapat menurunkan berat badan. Memang, berpuasa dapat menurunkan berat badan tapi jangan salah, berpuasa juga bisa menambah berat badan. Mengapa? Ini dikarenakan aktivitas fisik yang kurang serta kecenderungan untuk bermalas-malasan dan banyak tidur. [Baca juga: Mudah Merasa ‘Ngantuk’ Setelah Berbuka Puasa?]

Tanpa melakukan aktivitas fisik atau sedikit bergerak tentu saja akan membuat tubuh semakin lemas dan tidak berstamina. Karena itulah, olahraga atau latihan selama berpuasa juga tetap diperlukan.

Ketika berpuasa juga akan mempengaruhi metabolisme dalam tubuh. Hal ini dikarenakan terbatasnya asupan energi dan nutrisi dari makanan. Meski ketika berpuasa harus menahan lapar dan haus selama beberapa jam, hal itu bukan berarti membuat kita absen berolahraga.

Manfaat Dahsyat Berolahraga Selama Puasa

Tidak jarang yang menghindari olahraga saat puasa karena takut kelelahan. Padahal, berolahraga selama puasa juga penting untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat olahraga selama berpuasa.

>> Ingin Olahraga Tapi Takut Haus Saat Puasa? << 1. Menjaga Kebugaran Tubuh

puasa dan olahraga

Bagi banyak orang, penting memiliki tubuh yang bugar dan kesehatan tubuh secara keseluruhan selama berpuasa. Selain menjaga asupan nutrisi ketika sahur dan berbuka, olahraga juga memainkan peranan penting menjaga tubuh tetap bugar dan fit.

Untuk itu, Anda dapat berolahraga kardio ringan seperti jogging, bersepeda, atau jalan cepat selama kurang lebih 30 menit tiap pagi sebelum matahari terbit. Mengapa pada pagi hari? Karena pada pagi hari biasanya suhu masih segar dan dapat terhindar dari haus berlebih. Selain itu, Anda juga dapat melakukan latihan beban seperti push-up atau sit up.

>> Bikin Tubuh Tidak Mudah Lemas Saat Puasa << 2. Menjaga dan Mempertahankan Otot

puasa dan olahraga

Berolahraga selama berpuasa juga akan sangat membantu mempertahankan otot tubuh Anda. Karena jika Anda tidak melakukan latihan rutin, bisa jadi otot akan menyusut. Untuk tujuan mempertahankan dan menjaga otot, Anda dapat latihan pada sore hari menjelang buka puasa.

Latihan yang disarankan adalah latihan kardio dan angkat beban dengan porsi seimbang. Bagi orang yang terbiasa nge-gym, berpuasa bisa membuat ototnya kendur, maka olahraga pada waktu sore hari atau malam hari bisa dilakukan untuk menjaga ototnya. Anda juga bisa menambah asupan suplemen seperti BCAA dari Ultimate Nutrition untuk mencegah penyusutan otot selama berpuasa.

3. Meningkatkan Kekuatan Otot

puasa dan olahraga

Untuk meningkatkan kekuatan otot (selain mempertahankan otot), maka diperlukan latihan yang lebih berat. Karena cukup berat, maka direkomendasikan untuk berlatih pada malam hari.

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kekuatan otot, Anda bisa melakukan latihan beban dan kardio dengan komposisi 70:30. Usahakan berlatih minimal dua jam setelah berbuka puasa. Sebaiknya hindari jadwal latihan menjelang waktu tidur. Mendapatkan tidur yang cukup sangat penting bagi tubuh untuk beristirahat.

Perlu Diperhatikan

puasa dan olahraga

Olahraga memang tetap diperlukan saat berpuasa untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Namun, olahraga saat puasa juga perlu diperhatikan seperti intensitas, waktu, dan jenis olahraga. Jangan terlalu memaksakan kondisi tubuh untuk berolahraga karena dapat menyebabkan dehidrasi dan bisa mengganggu puasa Anda, bahkan bisa menyebabkan pingsan. Jadi, latihanlah secara cerdas dan bijak.

Keep healthy and happy fasting. (ctr)

BACA JUGA: Buka Puasa Lebih Sehat Dengan Buah-buahan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes