pelatihan dada

Kesalahan ‘Mematikan’ Terkait dengan Pelatihan Dada

Pria mana yang tak menginginkan dada bidang dengan bentuknya yang sedikit terbelah dan sangat tebal. Ya, semua tentu menginginkannya. Lihat saja para atlet body contest yang selalu memamerkan tubuh berototnya. Bagian dada pasti menentukan bentuk tubuh bagian atasnya (upper body). Karena itu, banyak orang berlomba untuk membentuknya menjadi lebih sempurna demi terlihat jantan.

headline Chest

Permasalahannya, masih saja ada yang memaksakan kehendaknya untuk membentuk dengan cara-cara yang salah. Informasi-informasi sebagai referensi begitu kurang untuk menunjang program latihan dada. Hal tersebutlah yang akhirnya menggagalkan niat dan keinginan Anda untuk mempunyai bentuk dada yang atletis.

Itulah sebabnya, kali ini artikel DuniaFitnes.com mencoba memberikan informasi tentang kesalahan yang umum dilakukan dalam latihan dada. Berikut adalah informasinya.

Overtraining

Banyak orang menginginkan dada mereka lebih tebal dan bidang. Akibatnya, banyak orang memiliki rutinitas latihan dada dengan volume yang terlalu tinggi dibandingkan dengan frekuensi atau intensitas bagian tubuh lainnya. Tentunya harus ada keseimbangan dalam program Anda. Kecuali, jika Anda pernah berhenti melakukan latihan dada dan ingin membentuknya menjadi lebih bidang kembali. Namun tetap saja, latihan yang sesuai dan seimbang adalah kunci tentang keberhasilan Anda. Inilah begitu pentingnya untuk menyetarakan porsi latihan atas bagian-bagian tubuh Anda.

Rotasi Pada Bahu Terlalu Berlebihan

Ketika Anda melakukan latihan dengan menekan pergerakan pada dada, ada kemungkinan bahwa Anda akan merusak bagian sendi dan struktur di sekitarnya. Untuk mencegah hal ini, Anda hanya perlu untuk mengurangi jumlah rotasi pada bahu selama latihan. Menjaga agar tulang belikat Anda ditarik kembali secara keseluruhan. Jika ketika latihan angkat berat yang melibatkan rotasi pada bahu Anda paksakan dengan berlebihan, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami cedera sendi. Dan hal itu akan menghambat latihan pembentukan dada Anda.

Terlalu Banyak Latihan Bench

Terkecuali jika Anda sedang melakukan latihan untuk memperoleh kekuatan maksimum (powerlifting). Maka, tak ada alasan yang baik untuk fokus pada bench. Padahal, latihan dada menggunakan bench bukan merupakan satu-satunya latihan ampuh untuk membentuk dada. Untuk mendapatkan fungsi terbaik dari latihan bench, Anda perlu teknik bench press seperti powerlifter. Yakni, dengan melengkungkan punggung Anda, hingga tumit menyentuh ke lantai. Tarik bahu Anda, hingga siku sedikit tertarik. Hal ini untuk mengurangi rentang gerak rotasi pada bahu. Namun karena masalah pada rotasi bahu seperti yang telah disebutkan di atas, ada baiknya menggunakan metode lainnya. Anda mungkin bisa beralih ke dumbbells, latihan dada dengan menggunakan mesin tertentu, atau mungkin latihan menggunakan kabel. Hal tersebut lebih memungkinkan Anda untuk mempunyai sedikit kendali rotasi pada tangan Anda.

Jika memang Anda khawatir melakukan kesalahan-kesalahan, ada baiknya Anda menggunakan jasa personal trainer. Hal itu untuk mengurangi terjadinya risiko cedera. Semoga bermanfaat. (gie)

BACA JUGA: Sixpack Abs, Know it Before You Build it

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes