kesalahan saat olahraga

Kesalahan yang Tidak Anda Sadari Saat Berolahraga

Saat Anda rutin berolahraga, tetapi tidak ada yang berubah dari tubuh Anda? Meskipun Anda sudah rutin dan rajin mengonsumsi suplemen, hasil olahraga bisa saja tidak terlihat karena ada beberapa kesalahan yang tidak Anda sadari saat berlatih dan berolahraga. Yang Anda perlukan adalah mengetahui atau menyadari kesalahan tersebut dan tidak mengulanginya saat memulai latihan Anda. Berikut ini beberapa kesalahan yang Anda harus sadari:

Headline kesalahan mee

1. Membaca Saat Berlatih

Saat Anda melakukan treadmill atau sedang nge-gym, Anda sering menyelipkan sebuah obrolan ringan dengan partner atau membaca sebuah majalah yang tersedia di tempat gym. Dengan membaca atau mengobrol, Anda tidak akan fokus pada tujuan latihan Anda.

2. Mengenakan Sepatu yang Salah

Coba gunakan sepatu yang dirancang untuk memiliki lebih banyak bantal. Sepatu yang didesain khusus sesuai dengan tujuan latihan Anda akan membantu Anda melindungi pergelangan kaki saat melompat atau melakukan gerakan-gerakan latihan.

3. Latihan Perut yang Sia-sia

Banyak orang yang salah dalam mengambil keputusan saat menginginkan perut sixpack. Saat memutuskan untuk melakukan latihan untuk membentuk perut sixpack, Anda pasti memilih latihan khusus bukan? Selain itu konsistensi latihan yang seimbang dengan makan makanan yang bergizi sangat Anda butuhkan.

Otot perut diaktifkan ketika Anda melakukan latihan fungsional yang membantu menstabilkan tubuh Anda. Latihan dengan intensitas yang lebih tinggi seperti latihan resistance dan plyometric yang secara alami membangun kekuatan perut. Jika Anda memiliki lapisan lemak di otot perut, Anda harus menghilangkannya terlebih dahulu. Karena Anda tidak akan dapat melihat hasil dari latihan abdominal kecuali jika Anda tidak menghilangkan lapisan lemak. Tapi Anda lebih baik melakukan latihan seperti pilates dan yoga yang berguna untuk membangun stabilisasi dan meningkatkan kinerja otot.

4. Hanya Melakukan Salah Satu Bentuk Latihan.

Banyak orang yang melakukan satu latihan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini tidak akan memberikan hasil apa-apa terhadap tubuh Anda. Anda memerlukan berbagai macam latihan untuk keseimbangan tubuh Anda. Dan jika Anda memiliki gol tersendiri untuk latihan Anda, Anda bisa meningkatkan jumlah latihan tersebut, tetapi tetap diselingi dengan latihan yang lain.

5. Tidak Melakukan Lifting dengan Benar

Banyak laki-laki maupun wanita yang melakukan kurang lebih hingga 30 repetisi dalam setiap strength training. Padahal dengan begitu, artinya mereka telah mencoba mengubah gerakan latihan anaerobik menjadi latihan aerobik. Mengangkat beban akan mengaktifkan serat yang meningkatkan massa otot dan kekuatan. Jika Anda tidak mengangkat beban yang cukup, Anda tidak akan membangunkan serat-serat tersebut. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui berapa berat beban yang ideal Anda angkat.

6. Tidak Memaksakan Diri Untuk Mencoba Latihan yang Lebih Sulit

Kadang saat Anda merasa bahwa tubuh sudah mendapatkan berat badan yang ideal, maka Anda akan mengalami ‘stuck’ atau berat badan yang tetap. Dan kebanyakan dari Anda akan berpuas diri setelahnya. Hal ini merupakan kesalahan yang banyak dilakukan oleh kebanyakan orang. Padahal kondisi inilah yang sangat tepat untuk mencoba latihan yang lebih keras untuk memberikan shok terapi bagi tubuh Anda.

Dengan mengenali dan mengatasi kesalahan saat berlatih yang tidak Anda sadari akan dapat meningkatkan hasil latihan Anda, menurunkan berat badan, dan menjaga kesehatan tubuh pada umumnya. (mee)

BACA JUGA: 10 Mitos Tentang Penyakit Kardiovaskuler

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes