Ketahui 3 Hal Ini Sebelum Latihan Kardio

Buat Anda fitnes mania, pastinya sudah tidak asing dengan istilah latihan kardio. Latihan ini merupakan latihan yang dapat membuat jantung berdetak lebih cepat, dan untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Latihan ini sangat populer di kalangan fitnes mania yang ingin menurunkan berat badan. Namun apakah hanya untuk menurunkan berat badan?

Tidak, melakukan latihan kardio juga dapat membantu menambah massa otot serta meningkatkan kesehatan kardiovaskuler Anda.

Namun sebelum memulai latihan kardio, ada baiknya Anda mengetahui 3 hal berikut ini;

1. Anda Sudah Menentukan Goal Fitnes

Kardio1

Apakah Anda ingin menurunkan berat badan? Atau ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal dan berotot? Atau hanya sekedar untuk menjaga kesehatan Anda?

Ya, menentukan target (goal) fitnes Anda terlebih dahulu akan jauh lebih baik sebelum melakukan latihan, termasuk latihan kardio.

Penting untuk Anda ketahui bahwa latihan yang Anda lakukan akan lebih cepat berhasil jika Anda fokus dengan tujuan Anda berlatih.

Baca Juga: Percaya 4 Hal Ini Sebelum Menentukan Goal Fitnes

2. Mengetahui Tipe Tubuh Anda

HLkurus

Dengan mengetahui tipe tubuh Anda, maka Anda dapat melakukan latihan kardio seperti bagaimana yang Anda butuhkan.
Tipe tubuh manusia sendiri dibagi menjadi 3, yakni:

#Tipe Ectomorph

Tubuh dengan tipe ectomorph memiliki struktur tulang yang lebih kecil, kebanyakan adalah orang-orang bertubuh kurus. Sekalipun sering makan dalam porsi besar, berat badan Anda tak kunjung bertambah.

Anda yang memiliki tubuh ectomorph tidak perlu melakukan banyak kardio, karena secara alami tubuh Anda menyingkirkan lemak dengan mudah.

Untuk menambah berat badan sekaligus massa otot, sebaiknya fokus pada pemilihan makanan yang mengandung tinggi protein dan kalori, serta latihan beban. Simak juga informasi menarik lain tentang Menambah Berat Badan Sekaligus Massa Otot Bagi si Kurus.

Latihan beban menggunakan repetisi yang tinggi merupakan yang terbaik. Karena tingginya persentase dari serat otot lambat atau slow-twitch muscle fiber, pemilik ectomorph dapat melakukan repetisi yang tinggi dengan intensitas yang relatif dibandingkan jenis atau tipe tubuh lainnya.

#Tipe Mesomorph

Tubuh dengan tipe ini cenderung terlihat lebih atletis, karena otot mereka terbentuk secara alami, lebih mudah menyingkirkan lemak dan lebih mudah membentuk otot.

Secara alami tubuh ini menginginkan pembentukan otot lebih banyak daripada menyimpan lemak. Untuk mempertahankan ototnya, tubuh ini tidak perlu melakukan banyak kardio. 1-2 kali seminggu cukup bagi pemilik tubuh mesomorph.

Latihan compound harus menjadi dasar latihan Anda. Latihan ini sendiri merupakan latihan yang melibatkan banyak kelompok otot. Jangan lupa untuk memanfaatkan metodologi latihan yang berbeda. Intensitas tinggi, intensitas rendah, volume tinggi, volume rendah, set bertempo, short rest interval, long rest interval.

Bagi latihan Anda untuk fokus pada bagian tertentu tubuh Anda setiap hari. Kombinasikan dalam beberapa kardio (atau circuit training) untuk meluruhkan semua lemak.

#Tipe Endomorph

Tipe endomorph lebih mudah menyimpan lemak dan lebih sulit untuk menghilangkannya. Tipe ini harus rajin melakukan latihan kardio minimal 3 kali seminggu untuk membakar lebih banyak lemak dan juga latihan beban.

Selain berlatih kardio, tubuh tipe endomorph harus mengurangi asupan kalori dan mengonsumsinya dalam batas yang wajar untuk pembentukan otot.

Dengan melakukan latihan kardio dan juga latihan beban akan dapat menjaga kadar lemak dalam tubuh Anda.
Circuit training sangat ideal bagi pemilik tubuh jenis ini. Pilihlah 3 hingga 5 latihan dan lakukan setiap latihannya tanpa istirahat diantara bergantinya latihan yang satu dengan yang lain. Istirahatlah selama 2 menit dalam satu sirkuitnya.

HIIT atau High Intensity Interval Training sangat penting untuk membantu dalam menghilangkan lemak. Diet yang tepat juga sangat penting untuk endomorph. Minimalkan konsumsi karbohidrat dan lemak dengan bijak.

3. Tentukan Metode Latihan Kardio Anda

cara menurunkan berat badan

Banyak sekali metode latihan kardio yang beredar di internet dan berbeda-beda manfaatnya. Berikut beberapa metode latihan kardio yang dapat Anda jadikan pertimbangan:

>> Latihan Kardio Bagaimana yang Tepat untuk Menurunkan Berat Badan <<

Low intensity atau latihan kardio dengan intensitas rendah, seperti jalan kaki atau bersepeda pelan, yang bisa Anda lakukan setiap hari.

Latihan ini membuat tubuh lebih mudah untuk melakukan pemulihan dan efektif untuk membakar lebih banyak kalori, terlepas dari tipe tubuh yang Anda miliki.

Moderate intensity atau latihan kardio dengan intensitas sedang, meliputi joging atau berenang. Latihan ini membutuhkan energi yang lebih banyak untuk proses latihan dan pemulihan setelah latihan. Anda yang ingin membakar lemak, bisa melakukan latihan ini 4-6 kali dalam seminggu sekitar 20-30 menit. Sedangkan jika Anda ingin menambah otot Anda bisa menguranginya hingga 2-3 kali seminggu.

High intensity cardio training atau latihan kardio intensitas tinggi (HIIT), adalah latihan kardio tingkat lanjut yang membutuhkan energi lebih besar dari dua latihan sebelumnya.

Intinya, olahraga yang Anda lakukan dengan cepat dalam tempo yang singkat, itulah yang disebut sebagai high intensity training. untuk pembakaran lemak optimal lakukanlah setidaknya 2 kali dan tidak melebihi 3 kali dalam seminggu.

Dengan melakukan latihan kardio secara teratur, akan dapat membantu menjaga kadar lemak tubuh Anda secara menjaga kesehatan kardiovaskuler Anda. Pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan prima sebelum melakukan latihan HIIT karena latihan ini membutuhkan energi yang tinggi.

Anda bisa berikan suplemen ini sebelum latihan, untuk menjaga tubuh Anda tetap berenergi selama latihan serta efektif membakar lemak tubuh berlebih.

TINGKATKAN ENERGI LATIHAN UNTUK BAKAR LEMAK

  • Menambah Energi dan Stamina
  • Membakar Lemak Tubuh
  • Menekan Nafsu Makan
  • Meningkatkan Metabolisme

Pangkas lemak berlebih di tubuh Anda sekarang juga! BELI DI SINI!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes