Kurangi Lemak Berlebih dalam Tubuh Anda dengan CLA

""

Masih berbicara seputar membakar lemak tubuh dan mengecilkan bagian tubuh Anda yang masih menyimpan timbunan lemak berlebih, kali ini Anda akan mengetahui seluk beluk salah satu suplemen yang terbukti efektif untuk membantu mengurangi lemak tubuh, yaitu CLA.

Apakah CLA Itu?
Conjugated Linoleic Acid (CLA) merupakan bentuk asam lemak esensial asam linoleat, dengan komposisi kimia yang sedikit diubah.

Sumber CLA
CLA secara alami ditemukan pada jaringan hewan dan sumber makanan seperti daging, unggas, telur serta produk susu seperti keju, susu, dan yogurt yang telah melewati proses pemanasan. Namun, suplemen CLA umumnya diproduksi dari asam linoleat dalam minyak safflower dan minyak bunga matahari.

Fungsi CLA
Berdasarkan beberapa penelitian, beberapa manfaat CLA bagi tubuh meliputi:

  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Membantu mengecilkan perut dengan mengurangi lemak visceral
  • Meningkatkan pertumbuhan otot
  • Mengurangi kolesterol serta trigliserida yang tinggi
  • Mengurangi resistensi insulin
  • Mengurangi reaksi alergi makanan
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Studi pada hewan percobaan menujukkan bahwa CLA mungkin dapat menurunkan risiko kanker pada beberapa bagian tubuh seperti payudara, prostat, kolorektal, paru-paru, kulit, dan perut. Penelitian serupa juga menunjukkan bahwa suplemen CLA dapat membantu mengurangi lemak tubuh serta meningkatkan ukuran otot dan kekuatannya. Hal ini dikarenakan kemampuannya untuk mengurangi lemak tubuh dengan meningkatkan sensitivitas insulin agar asam lemak serta glukosa dapat melewati sel otot dan keluar dari jaringan lemak. Inilah yang kemudian menyebabkan peningkatan rasio otot dibandingkan rasio lemak. Dalam hal ini, CLA dalam bentuk suplemen sering digunakan untuk tujuan menurunkan berat badan.

Dosis Konsumsi CLA
Dalam hal anjuran dosis konsumsi CLA, masih belum terdapat informasi resmi berdasarkan RDA (Recommended Dietary Allowances). Namun dosis efektif rata-rata yang dianjurkan dari berbagai sumber adalah sekitar 3-4 gram sehari.

Dampak Kelebihan dan Kekurangan CLA
Hingga saat ini, efek samping yang berhubungan dengan penggunaan suplemen CLA sangatlah jarang, dan meskipun mereka terjadi biasanya sifatnya sedang (biasanya dalam gangguan pencernaan). Sebaliknya, para ahli meyakini bahwa

kekurangan CLA dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan

seperti yang banyak terjadi pada masyarakat modern saat ini.

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, maupun mengecilkan bagian-bagian tubuh yang masih berlemak, ini artinya Anda harus mengurangi kadar lemak tubuh Anda yang masih berlebih. Jadi, mulailah mengatur pola makan dengan baik dan berolahraga teratur. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen CLA untuk membantu mencapai pembentukan tubuh ideal Anda dengan lebih optimal, pilihlah suplemen CLA berkualitas tinggi, seperti Tonalin CLA dari Ultimate Nutrition, suplemen CLA dengan kualitas lebih tinggi dan lebih murni daripada suplemen CLA lainnya untuk membantu Anda mengurangi lemak sekaligus meningkatkan massa otot Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes