Lakukan Ini Jika Asam Urat Menyerang Saat Latihan

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang pasti ingin tubuh yang sehat, bebas dari penyakit dan hidup lebih lama. Jika ingin semua itu maka ada tiga hal yang perlu Anda jalankan yaitu, menjaga pola makan, olahraga cukup dan tidur berkualitas. Tak lupa selalu periksakan diri secara rutin (general check up) minimal 1 tahun sekali untuk mengetahui tingkat kesehatan Anda secara berkala.

asam-urat-saat-latihan

Berbicara tentang gaya hidup sehat dan olahraga, banyak orang mengeluh ketika berolahraga mereka sering mengalami gejala asam urat berupa nyeri sendi hingga otot kaku. Penyakit asam urat (gout) adalah penyakit yang menyerang sendi dan tendon akibat timbunan kristal urat. Timbunan kristal urat tersebut disebabkan deposit asam urat yang lama-kelamaan membentuk kristal pada sendi atau tendon yang terkena sehingga mengakibatkan peradangan.

Asam urat memiliki tanda-tanda mirip artritis, yakni nyeri sendi, terutama di jempol kaki, yang kemudian merambat ke persendian kaki. Umumnya orang yang berusia 35 tahun ke atas rawan terkena penyakit ini.

Asam urat merupakan suatu zat yang berasal dari sumber makanan tertentu, seperti daging, telur, jeroan, ikan sardine, kepiting dll. Zat yang terdapat dalam makanan ini berupa prapurine yang setelah dikonsumsi akan dipecah oleh tubuh menjadi asam urat.

Asam urat bila kadarnya berlebih, maka akan ditimbun secara berlebihan pada persendian, terutama sendi jari tangan, kaki dan juga ginjal. Dalam ginjal asam urat yang berlebih ini dapat menggumpal menjadi batu ginjal dan dapat mengganggu fungsi ginjal. Pada tangan dan kaki, penyakit asam urat ini sering disebut sebagai penyakit encok atau arthritis (radang sendi).

Sejatinya asam urat bisa dicegah dengan langkah-langkah yang mudah. Yang paling utama adalah menghindari konsumsi makanan yang mengandung zat purin terlalu tinggi seperti yang disebutkan di atas. Kedisiplinan dari penderita asam urat diperlukan agar penyakit ini tidak semakin parah. Tantangannya adalah, kebanyakan makanan yang tinggi zat purin tersebut adalah makanan yang enak, sehingga tidak sedikit yang terlena mengonsumsinya.

Terhindar Dari Asam Urat

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari penyakit asam urat, di antaranya:

Diet Purin
Diet purin bertujuan mencegah terjadinya peningkatan asam urat dalam tubuh sekaligus mencegah terjadinya timbunan pada sendi dan batu ginjal.

Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin terkena asam urat sebaiknya terapkan diet purin, yakni dengan cara mengurangi makanan yang mendangung purin dan memperbanyak minum air minimal 2 liter air minum perhari.

Meningkatkan konsumsi buah dan sayuran juga diperlukan untuk mempermudah proses pelarutan asam urat di dalam tubuh sehingga tidak terjadi penumpukan.

Latihan Rutin
Olahraga ringan seperti jalan kaki bermanfaat untuk penderita rematik karena asam urat. Jalan kaki membakar lebih banyak kalori, memperkuat otot dan membangun tulang yang kuat tanpa mengganggu persendian yang sakit. Lakukan jalan kaki 3-5 kali seminggu selama 30-45 menit setiap latihan.

Renang juga bisa menjadi alternatif latihan yang aman untuk mencegah terjadinya asam urat. Gerakan tubuh di dalam air akan terasa lebih ringan sehingga kerja persendian tidak terlalu berat. Dan agar otot tubuh tetap bekerja, Anda pu disarankan untuk melakukan latihan beban. Tidak perlu menggunakan beban yang terlalu berat. Cukup Sesuaikan dengan kemampuan Anda. Lakukan latihan beban 2-3 kali seminggu agar otot, tulang dan persendian Anda tetap aktif bergerak.

Yang Perlu Dilakukan Saat Asam Urat Menyerang

  • Segera berhenti dari latihan
  • Kompres dengan air dingin (air es) selama 15-20 menit 3-4 kali sehari
  • Istirahatkan bagian yang sakit minimal 48 jam
  • Balut bagian yang sakit dengan perban
  • Meninggikan bagian tubuh yang cedera ( lebih tinggi dari jantung ), untuk mengurangi aliran darah pada daerah yang cedera, contoh misalkan cedera pada otot kaki maka angkatlah kaki dan sandarkan pada permukaan yang lebih tinggi. (dan)

BACA JUGA : Sprain & strain, Cedera Latihan yang Perlu Diwaspadai

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes