Latih Biceps Anda dengan Latihan Piramid

Latihan piramid untuk bentuk biceps anda

Latihan piramid menambah variasi dan tantangan baru untuk rutinitas latihan Anda. Jika Anda telah melatih bicep menggunakan pola latihan yang sama selama jangka waktu yang lama, dan Anda belum melihat hasilnya, maka ini adalah saatnya membuat perubahan.
Latihan piramid memberikan tantangan pada biceps Anda dengan beban berat dan ringan, repetisi tinggi dan rendah. Ini akan memberikan Anda manfaat lebih besar daripada berlatih hanya dengan satu metode, seperti selalu menggunakan beban berat dan repetisi sedikit.

Latihan Biceps
Langkah pertama untuk melakukan latihan piramid untuk biceps adalah memilih latihan yang sesuai. Resistance band atau chinups kurang tepat karena Anda tidak bisa membuat sedikit perubahan pada intensitas Anda. Dumbbell curl, Olympic bar curl, atau incline curl adalah latihan biceps yang sesuai dengan prinsip latihan piramid. Masing-masing latihan tersebut mengisolasi biceps dan memungkinkan Anda untuk mengubah berat beban Anda dalam jumlah yang sangat kecil, baik dengan mengganti dumbbell yang lebih berat ataupun dengan menambahkan plate kecil di tiap sisi bar. Latihan yang Anda pilih harus menjadi salah satu latihan yang bisa Anda lakukan dengan teknik dan gerakan yang sempurna.

Berat Beban
Biceps termasuk otot kecil jika dibandingkan dengan otot-otot besar lainnya. Oleh karena itu, kenaikan berat beban akan lebih dramatis untuk latihan biceps daripada latihan punggung, kaki, atau dada. Menambah beban seberat 1 kg untuk bench press atau squat mungkin hampir tidak terlihat, tetapi itu bisa membuat banyak perbedaan dalam latihan biceps. Jika, misalnya, Anda lakukan 12 kali bicep curl dengan berat beban 5 kg, kemudian Anda menggunakan dumbbell seberat 6 kg, maka seharusnya Anda tidak akan dapat menyelesaikan 12 repetisi. Anda harus melakukan repetisi lebih sedikit bahkan meskipun hanya menambah berat beban dalam jumlah sangat kecil.

Variabel
Latihan piramid menggunakan beberapa set per sesi. Pada setiap set, Anda meningkatkan berat beban dan pada beberapa set Anda mengurangi repetisi. Contohnya adalah untuk melakukan 15 kali incline curl pada berat beban yang terasa ringan untuk Anda. Pada set kedua, tingkatkan berat beban yang paling mampu Anda angkat untuk melakukan 15 repetisi. Pada set ketiga, tingkatkan berat beban lagi, tetapi hanya lakukan 12 repetisi. Untuk set berikutnya, kurangi repetisi Anda menjadi 8 dan tingkatkan berat bebannya lagi. Untuk set terakhir, tetap dengan 8 repetisi dan tingkatkan berat beban yang terakhir.

Latihan piramid efektif untuk meningkatkan pertumbuhan otot yang lebih besar dan untuk melatih ketahanan otot. Latihan yang mampu membuat otot Anda terus berkembang akan membentuk otot biceps Anda yang besar. Latihan ketahanan otot membuat biceps Anda dapat berkontraksi lebih sering dan lebih lama. Gunakan repetisi yang lebih tinggi untuk meningkatkan ketahanan otot, misalnya 12 repetisi atau lebih dari itu. Repetisi yang lebih rendah dari itu cenderung lebih efektif untuk meningkatkan ukuran biceps Anda. Selamat berlatih!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes