latihan dengan sesuaikan tipe tubuh

Latih Tubuh Anda Sesuai Dengan Tipe Tubuh!

Tipe tubuh seseorang ternyata bisa saja mempengaruhi efek latihan yang sedang dijalani. Tubuh manusia dapat dibagi menjadi 3 tipe tubuh antara lain ectomorph, endomorphs, dan mesomorphs. Semua orang pasti memiliki salah satu dari ketiga tipe tubuh tersebut. Tipe tubuh Anda akan menunjukkan dengan cara apa tubuh Anda akan dilatih dan apa yang akan Anda lakukan pada tubuh Anda. Meskipun beberapa orang memang terlahir dengan tubuh ramping dan beberapa lainnya dengan tubuh gemuk, semua orang terlahir dengan kemampuan untuk mengubah bentuk tubuh mereka sendiri.

hEADLINE BODY

Faktor genetik umumnya menentukan jenis tubuh apa yang Anda miliki. Meskipun begitu, Anda jangan sampai menganggap bahwa genetika adalah sebuah akhir dari segalanya.

Jenis latihan yang sama tidak akan bekerja untuk semua jenis tubuh. Ibarat seperti pohon yang berbeda satu sama lainnya, pastinya memerlukan jumlah air dan sinar matahari yang berbeda pula. Begitu pun dengan tubuh yang memerlukan rangsangan yang berbeda dengan jumlah yang berbeda pula. Tidak ada satupun program yang dapat secara efektif melatih ketiga jenis tubuh. Jika beberapa orang membutuhkan repetisi rendah dan lebih banyak istirahat, bisa jadi beberapa orang yang lain membutuhkan repetisi dengan tingkat tinggi dan waktu istirahat yang singkat. Hal tersebut bergantung kepada Anda dan tubuh Anda. Lalu apa saja perbedaan di antara ketiga jenis tubuh tersebut? Simak informasinya berikut ini:

body_types

Ectomorph
Jenis tubuh ini sering dikatakan sebagai jenis tubuh kerempeng dan kurus. Jenis tubuh ini memiliki kerangka kecil, bahu kecil, dada datar, dan bentuk yang sangat ramping. Jenis tubuh ectomorph merupakan hardgainer dan sulit untuk meningkatkan massa otot. Pemilik jenis tubuh ini berjuang untuk menambah ukuran tubuh mereka. Mereka akan mencapai tubuh impian mereka dengan berlatih lebih keras.

Mesomorph
Jenis tubuh ini merupakan bentuk alami tubuh atletis. Mesomorphs memiliki bahu lebar, banyak massa otot, dan relatif ramping sehingga mudah untuk mendapatkan massa otot.

Endomorph
Endomorphs umumnya memiliki bentuk tubuh pendek dan bulat. Pemilik jenis tubuh ini memiliki metabolisme yang lambat dan umumnya merasa sulit untuk meluruhkan lemak. Mereka dapat menaikkan berat badan dengan mudah, sehingga memiliki kesempatan menumpuk lemak lebih tinggi.

Kunci Latihan Setiap Jenis Tubuh

Latihan untuk Tipe Tubuh Ectomorph
Bagi ectomorph, latihan menggunakan repetisi yang tinggi merupakan yang terbaik. Karena tingginya persentase dari serat otot lambat atau slow-twitch muscle fiber, pemilik ectomorph dapat melakukan repetisi yang tinggi dengan intensitas yang relatif dibandingkan jenis atau tipe tubuh lainnya. Waktu istirahat yang ideal adalah 3-5 menit antar setnya. Jika Anda memiliki tipe tubuh seperti ini Anda bisa saja lebih sering dalam berlatih karena tipe tubuh Anda bisa lebih cepat sembuh dan bekerja lebih daripada bentuk atau tipe tubuh lainnya. Anda bahkan bisa melakukan 3-4 kali full body workout dalam seminggu jika memiliki jenis tubuh ini. Hindari kardio dan lakukan diet yang tepat dan seimbang.

Latihan untuk Tipe Tubuh Mesomorph
Mesomorph adalah jenis tubuh yang paling didambakan. Tergantung pada tujuan Anda, banyak metode latihan yang berbeda-beda akan membantu Anda mendapatkan hasil yang Anda mau. Compound movement harus menjadi dasar latihan Anda. Jangan lupa untuk memanfaatkan metodologi latihan yang berbeda. Intensitas tinggi, intensitas rendah, volume tinggi, volume rendah, set bertempo, short rest interval, long rest interval.

Bagi latihan Anda untuk fokus pada bagian tertentu tubuh Anda setiap hari (contohnya, Senin-bench, dada, bahu. Selasa latihan untuk squat, paha depan, paha belakang, glutes). Kombinasikan dalam beberapa kardio (atau circuit training) untuk meluruhkan semua lemak. Mesomorphs tidak hanya bisa dengan mudah untuk membentuk otot, tetapi juga memiliki kecenderungan untuk mendapatkan lemak lebih mudah

Latihan untuk Tipe Tubuh Endomorph
Latihan bagi endomorph yang terbaik adalah compound movement. Circuit training juga sangat ideal bagi pemilik tubuh jenis ini. Pilihlah 3 hingga 5 latihan dan lakukan setiap latihannya tanpa istirahat diantara bergantinya latihan yang satu dengan yang lain. Istirahatlah selama 2 menit dalam satu sirkuitnya. HIIT sangat penting untuk membantu dalam menghilangkan lemak. Diet yang tepat juga sangat penting untuk endomorph. Minimalkan konsumsi karbohidrat dan lemak dengan bijak.

Sudah tahu kan jenis atau tipe tubuh Anda? Tidak peduli apapun jenis tubuh yang Anda miliki sekarang, yang pasti dengan sedikit rencana dan olahraga atau latihan yang keras, Anda dapat memiliki tubuh yang Anda inginkan.

BACA JUGA: Dilanda Kebosanan? Makan Bukanlah Jawabannya!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes