Rahasia Kekuatan dan Kelincahan Tubuh Seorang Conor McGregor

Ultimate Fighting Championship (UFC) adalah ajang yang mempertemukan para atlet MMA (Mixed Martial Arts) untuk menguji kemampuan mereka. Dan disini nama Conor McGregor begitu menggema.

Yang paling membuat banyak orang terpukau adalah ketika ia berhasil mengalahkan Jose Aldo dalam perebutan kelas UFC Featherweight Championship. Hanya butuh 13 detik bagi pria Irlandia itu untuk meng-KO Jose Aldo. Dan itu adalah kemenangan tercepat UFC dalam sejarah.

Tidak sedikit penikmat seni bela diri ini menilai bahwa McGregor memiliki keunikan. Pria yang tahun ini berusia 30 tahun tersebut dinilai memiliki aura dan mindsetsehingga apa yang disentuhnya bisa berubah menjadi emas dalam seni bela diri MMA.

Selain itu, McGregor juga sangat terkenal akan kelincahan dan kegesitan tubuhnya ketika bertanding mengalahkan musuh-musuhnya di arena.

Banyak yang mengganggap bahwa petarung berjuluk “The Notorious” tersebut orang yang berhasil menunjukkan bahwa UFC bukan hanya sekedar pamer kekuatan, tapi juga seni bela diri yang baik.

Tapi bukan hal mudah bagi McGregor untuk mendapatkan kesuksesan hingga saat ini. Terlebih dia sudah menekuni MMA sejak tahun 2008 silam.

Diantaranya adalah berlatih dengan ekstra dan disiplin untuk mendapatkan kekuatan tubuh seperti sekarang.

Asah Kemampuan Bertarung Sejak Masih Muda

conor mcgregor

Sebelum menjadi terkenal seperti sekarang, McGregor hanyalah seorang anak dari kelas pekerja dari pinggiran kota Dublin. Namun ketika masuk usia 12 tahun, dia bergabung ke dalam Crumlin Boxing Club (seperti sasana tinju) untuk mengasah kemampuannya.

Kemampuannya semakin baik dibawah bimbingan pelatihnya John Kavanagh.

“Ini bukan hanya tentang mengangkat beban yang berat, tapi ini adalah bagaimana membuat tubuh menjadi lebih lentur serta memiliki keseimbangan yang kuat. Itulah dasar beladiri dan itu yang saya lakukan,” ucap McGregor.

Selain itu, McGregor juga secara khusus menarik pelatih bernama Ido Portal untu mempersiapkan pertarungan perebutan gelar dunianya. Dia terus ikut latihan di bawah bimbingan Portal hingga mendapat berbagai teknik latihan untuk meningkatkan kecepatan, kelincahan, dan kekuatan tubuhnya.

Berkat penampilan memukaunya, McGregor dinilai banyak orang bahwa ia adalah pembawa revolusi dalam dunia MMA. MMA yang sebelumnya terkesan hanya menampilkan kekuatan, namun McGregor menunjukkan bahwa seni beladiri MMA lebih dari sekadar itu.

Menurut Portal, McGregor telah menampilkan bahwa untuk mengalahkan lawan di ajang MMA, bukan hanya harus dengan keras, tapi lebih lembut namun bisa sangat menyakitkan.

Hal itulah yang dinilai Portal menjadi nilai plus dari sosok Conor McGregor sebagai atlet MMA.

Latihan ala Conor “The Notorious” McGregor

RAHASIA CONOR MCGREGOR
RAHASIA CONOR MCGREGOR

Seperti yang sudah dikatakan pelatihnya, McGregor terus mengasah tubuhnya dengan berbagai macam latihan. Mulai dari latihan fleksibilitas hingga latihan berat beban (bodyweight).

Tentu saja, program latihan ini bisa Anda lakukan untuk membantu meningkatkan kekuatan serta fleksibilitas tubuh Anda.

Bukan hanya itu, program latihan ala Conor McGregor ini juga dapat membantu mengasah kekuatan mental serta kelincahan pada tubuh Anda.

Workout #1 Fleksibilitas dan Peregangan Dinamis (Dynamic Stretching)

conor mcgregor

1. Muay Thai Knees

Berdiri dalam kondisi menyerang, kemudian melangkah ke depan dengan mengangkat lutut ke atas saat mendorong pinggul ke depan. Ulangi dengan bergantian posisi kaki sebagai tumpuan.

2. Shoulder Rotations

Berdiri dengan posisi kedua kaki selebar bahu. Angkat lengan ke atas lalu putar maju dan mundur.

3. Leg Swing

Berdiri dengan kedua tangan memegang tembok atau tiang. Kemudian ayunkan kaki kiri ke kanan dengan sedikit memutar pinggul Anda. Lakukan bergantian pada masing-masing kaki.

4. Hip Circles

Berdiri dengan posisi kedua kaki selebar bahu dengan posisi tangan di pinggul. Kemudian putar perut dengan menggunakan pinggul (hip).

Workout #2: Peregangan Statis

1. Back Roll

Di awali dengan posisi duduk dengan kedua kaki akan menekuk ke depan. Kemudian lakukan roll back hingga jari-jari kedua kaki Anda menyentuh lantai dan Anda dalam posisi terbalik.

2. Sit-Through Abdominal Stretch

Awali dengan posisi seperti merangkak di lantai namun kedua lutut tidak menyentuh lantai. Lalu putar kaki kiri ke depan dengan posisi tubuh miring. Ketika mengangkat kaki ini, gunakan tangan kiri sebagai tumpuan. Lalu kembali ke posisi awal lalu ulangi gerakan bergantian masing-masing kaki.

3. Lying Down Hamstring Stretch

Berbaring telentang kemudian angkat kaki kanan hingga membentuk sudut 90 derajat ditahan dengan kedua tangan yang memegang hamstring Anda. Lakukan pada masing-masing kaki.

4. Seated Butterfly

Awali dengan posisi duduk bersila namun kedua telapak kaki bersentuhan. Pegang ujung kaki tersebut hingga kedua siku menyentuh kaki untuk meregangkan pangkal paha.

*Lakukan latihan di atas masing-masing selama satu menit.

Pengkondisian

1. Duck Walk

Awali gerakan dengan jongkok posisi kedua tumit menyentuh bagian pantat lalu perlahan jongkok ke depan beberapa langkah. Latihan ini bermanfaat untuk mengurangi patella femoral stress atau nyeri pada lutut.

2. Horse Walk

Awali posisi dengan kedua kaki melebar sejauh yang Anda bisa. Kemudian langkahkan kaki satu demi satu ke depan sambil menurunkan kedua tangan untuk menyentuh lantai. Latihan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan pada pangkal paha dan pinggul.

3. Lizard Walk

Mungkin sedikit agak susah untuk menuliskan gerakan latihan ini. Namun intinya adalah gerakan seperti kadal. Gerakan latihan ini membantu meningkatkan otot inti (core muscle) dan mobilitas pinggul.

4. Ostrich Walk

Gerakan latihan ini seperti burung unta. Yaitu posisi kedua kaki berdiri dengan tegak lalu tubuh membungkuk ke depan hingga kedua tangan terjuntai ke lantai. Kemudian melangkah ke depan dengan menjaga posisi kaki tetap tegak serta punggung lentur. Gerakan ini dilakukan untuk membantu meningkatkan fleksibilitas pada posterior chain.

*Masing-masing gerakan lakukan sebanyak 3 kali dengan jarak 80 kaki.

Workout #3: Bodyweight Circuit

conor mcgregor

1. Muscle-Up

Muscle up ala McGregor sejatinya sudah cukup santer ditelinga para penggemar fitness. Gerakan latihan ini diawali dengan pull up lalu angkat tubuh hingga ke atas bar. Selanjutnya menggunakan kedua tangan sebagai tumpuan untuk mengangkat tubuh lebih ke atas lagi baru kemudian turunkan tubuh dan ulangi. Banyak otot yang terlibat pada latihan in seperti perut, bisep, punggung tengah, bahu, trapezius, dan trisep.

2. Push-Up

Berbaring pada posisi push up seperti biasa. Lalu turunkan tubuh Anda hingga dada menyentuh lantai, bernapaslah, lalu angkat tubuh ke atas secara perlahan. Latihan sederhana ini menargetkan otot bahu, dada, dan trisep.

3. Pull-Up

Kedua telapak tangan memegang bar untuk pull up. Buat punggung Anda sedikit melengkung lalu tarik dada bagian atas ke bar. Jaga posisi kedua kaki tetap menyilang dan sedikit membungkuk. Tarik ke atas hingga otot punggung Anda kontraksi, kemudian perlahan turunkan tubuh lalu ulangi.

4. Air Squat

Berdiri dengan posisi kedua kaki selebar bahu dan bersiap untuk gerakan squat. Mulai turunkan tubuh secara perlahan dengan menjaga posisi kepala dan dada tetap tegak. Turunkan tubuh semampu Anda dan posisi kedua tangan lurus ke depan. Lalu dengan cepat kembalikan posisi tubuh ke atas lalu ulangi.

Sementara untuk pola makan, McCgregor mengaku bahwa selama ini dia berusaha untuk menjaga mengonsumsi makanan-makanan yang sehat seperti daging dan menjaga tetap terhidrasi. Dan yang pasti, dia sangat suka mengonsumsi air putih dan juga kelapa.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap mencoba berlatih seperti yang dilakukan McGregor?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes