cara membentuk otot

Latihan Beban Tidak Perlu Pakai Emosi!

Beberapa fitnes mania, terutama bagi pemula, terkadang menunjukkan emosinya ketika latihan di gym. Artinya, mereka langsung melakukan latihan beban dengan berat yang kurang tepat untuk dilakukan karena mungkin menjaga gengsi ketika latihan di fitness center. Padahal, hal ini justru bisa merugikan.

latihan beban

Orang dalam melakukan latihan di gym memiliki alasan yang beragam. Ada yang ingin membentuk tubuh lebih berotot, ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar, atau yang ingin menurunkan berat badan. Semua orang memiliki tujuan masing-masing. Dalam usaha mendapatkan bentuk tubuh yang berotot, ideal, dan sehat diperlukan beberapa proses. Yaitu pola makan yang sehat, latihan yang keras, dan suplementasi. Sudah cukup hanya dengan tiga hal tersebut? Belum. Faktor lain yang mempengaruhi goal Anda adalah kesabaran.

Sabar

latihan beban

Ya, meski bukan faktor utama, namun kesabaran merupakan faktor penting ketika seorang pemula melakukan latihan beban. Mungkin sebagian dari mereka berpikir bahwa dengan mengangkat beban yang cukup berat akan berdampak langsung pada tubuh mereka. Atau, mereka tak mau kalah dengan fitnes mania lain yang mengangkat beban lebih berat. Yang perlu diingat adalah, dalam pembentukan tubuh diperlukan proses dan waktu. Baca juga: Panduan Latihan Beban bagi Pemula.

Apabila seseorang benar-benar baru memulai latihan beban, jangan langsung memaksa otot kita bekerja keras dengan mengangkat beban yang cukup berat. Mengapa? Jika dipaksakan, maka beberapa masalah akan muncul seperti risiko cedera. Bukan hanya itu, jika hal ini dilakukan bisa jadi goal untuk mendapatkan bentuk tubuh yang berotot tidak akan tercapai. Ketika baru memulai dan langsung digenjot dengan berat yang besar, maka hal itu bisa menyebabkan kelelahan yang luar biasa. Ini bisa menyebabkan seseorang tidak termotivasi untuk melakukan latihan lagi.

Jadi sebaiknya, apabila Anda seorang pemula mulailah latihan beban dengan berat semampunya, jangan jangan minder atau takut menjadi bahan tertawaan. Tidak perlu gengsi dengan fitnes mania lain yang lebih dulu berkecimpung di dunia fitnes. Setelah terbiasa melakukan latihan, maka secara perlahan naikkan berat beban. Hal ini jauh lebih baik dan membantu mewujudkan goal fitnes mania.

Have Fun

latihan beban

Rutin melakukan latihan yang berat kadang dapat menciptakan rasa bosan. Untuk itu, coba buat latihan Anda lebih menyenangkan misalnya sambil mendengarkan musik, diselingi dengan obrolan bersam teman, atau sambil melihat televisi. Meski begitu, Anda harus tetap fokus pada teknik latihan yang dilakukan.

Rencanakan Latihan dengan Baik

Memprogram latihan adalah cara efektif agar Anda tetap rutin melakukan latihan. Misalnya, hari Senin melakukan latihan otot kaki, Rabu untuk otot dada, Jumat untuk otot punggung, dan seterusnya. Juga, jangan melakukan latihan di waktu yang padat agar tidak terlalu jenuh.

latihan beban

So, sudah siapkah untuk latihan beban?

BACA JUGA: Berapa Berat Beban untuk Latihan Saya?

P.S. Ikuti newsletter DuniaFitnes.com dengan klik di sini untuk mendapatkan informasi terbaru seputar fitnes, diet, dan kesehatan. Happy Workout

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes