kesalahan di gym

Latihan Belum Maksimal? Hindari Kesalahan Ini Saat di Gym

Berada di gym adalah salah satu bentuk keseriusan seseorang untuk menjaga bentuk badan yang proporsional dan lebih bugar. Namun tahukah Anda, beberapa orang yang melakukan latihan di gym tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah masuk di tempat tersebut. Sehingga, banyak sebagian dari kita, khususnya pemula, sering melakukan kesalahan ketika berada di gym.

WORKOUT INJURIES

Ada baiknya, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan latihan di gym, sebaiknya ketahui dulu informasi-informasi yang tepat. Jangan sampai, tenaga Anda terkuras untuk latihan, namun tidak mendapatkan sesuatu yang bermanfaat sama sekali. Berikut adalah empat kesalahan yang sering Anda lakukan ketika berada di gym.

1. Hanya Melakukan Kardio

Terkadang beberapa orang berpikiran, dengan melakukan kardio akan lebih mempunyai dampak yang signifikan dalam membakar lemak pada tubuh Anda. Hal itu memang benar. Namun, bukan berarti Anda lalu menghabiskan berjam-jam waktu Anda di gym untuk melakukan latihan kardio. Anda harus mengombinasikan latihan kardio dengan latihan lainnya. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang lebih bugar dan sehat. Massa otot yang Anda inginkan juga akan lebih cepat terbentuk jika Anda melakukan latihan pada semua bagian tubuh Anda.

2. Menimbang Setiap Kali Berada di Gym

Setiap gym memiliki fasilitas untuk memuaskan pelanggannya. Salah satunya dengan adanya fasilitas untuk menimbang badan. Jika Anda mempunyai program untuk menurunkan berat badan, maka Anda sudah benar dengan melakukan usaha latihan di gym. Namun, Anda tidak seharusnya menimbang badan di setiap latihan.

Hal ini tentunya akan mempengaruhi semangat Anda ketika latihan. Mengapa begitu? Jika Anda berhasil turun sesaat setelah melakukan latihan, maka itu akan membuat Anda semakin semangat dalam melakukan latihan. Tapi, bagaimana jika seandainya hasilnya tetap pada bobot pertama, atau bahkan melebihi bobot pertama Anda? Tentu, Anda akan lebih malas untuk melakukan latihan. Itulah sebabnya Anda harus menghindari menimbang berat badan setiap hari.

3. Latihan Tanpa Variasi Gerakan

Kesalahan lainnya yang sering dilakukan ketika berada di gym adalah mengulang-ulang gerakan yang sama setiap hari. Hal ini cenderung dilakukan oleh setiap orang. Variasi sangatlah penting. Oleh sebab itu, jangan biarkan Anda melakukan latihan yang sama berulang kali. Hal ini juga untuk menghindari adanya rasa kebosanan pada diri Anda.

Jika Anda biasanya melakukan 30 menit latihan angkat beban, variasikan dengan melakukan latihan lainnya untuk melatih bagian tubuh Anda yang lain, seperti perut, kaki, lengan, dan masih banyak lagi lainnya. Bukan hanya itu, jika Anda tetap memilih untuk melakukan latihan yang sama setiap kali saat Anda latihan, hal itu akan membuat tubuh Anda terbiasa. Itulah yang akan membuat tubuh Anda tidak menunjukkan perubahan yang signifikan.

4. Anti Sosial Saat Berada di Gym

Jika Anda bangga mempunyai tubuh yang proposional, lengkap dengan guratan ototnya, maka jangan lantas Anda berbangga dan mengabaikan orang sekitar Anda. Di gym, Anda haruslah bersikap loyal terhadap semuanya. Saat latihan di gym, tidak selamanya Anda dapat melakukan latihan sendiri. Terdapat beberapa mesin atau gerakan-gerakan yang membutuhkan bantuan dari orang lain.

Itulah sebabnya, jika Anda mencoba untuk membuka diri pada orang sekitar, maka Anda akan dapat meminta bantuan jika suatu saat nanti Anda akan membutuhkannya. Bukan hanya itu, suasana yang nyaman tentunya juga akan membuat Anda lebih semangat dalam melakukan latihan.

Selain menghindari hal-hal di atas, berikut adalah rekomendasi latihan bagi Anda yang ingin melakukan gerakan-gerakan latihan yang berbeda.

Donkey Calf Raises
Donkey Calf Raises
•Lakukan posisi awal seperti gambar dengan seseorang menaiki pinggang Anda.
•Posisikan kedua tangan Anda pada bangku mesin latihan.
•Lalu, jinjitkan kaki Anda dan beri waktu hingga beberapa detik.
•Ulangi ke posisi awal.

Behind Head Chest Stretch
Behind Head Chest Stretch
•Duduk tegak di lantai dengan partner Anda di belakang Anda.
•Tempatkan tangan Anda pada di belakang kepala Anda.
•Partner akan menekuk siku ke arahnya, untuk itu sedikit lemaskanlah siku Anda.
•Ulangi pada posisi awal Anda.

Barbell Curls Lying Against An Incline
Barbell Curls Lying Against An Incline
•Rebahkan tubuh Anda pada incline bench dengan posisi tubuh tengkurap.
•Posisi lengan memegang barbell dan digantung dalam garis horizontal.
•Pertahankan lengan atas agar tetap stasioner, dan turunkan kembali seperti posisi awal.

Backward Drag
Backward Drag
•Atur berat sesuai yang Anda inginkan.
•Tarik tali dengan sekuat tenaga ke arah belakang.
•Majukan perlahan sesuai dengan pegas tali, dan ulangi kembali pada posisi awal.

Lying Glute
Lying Glute
•Berbaringlah dan angkat kaki seperti pada gambar.
•Minta bantuan ke partner Anda, dan miringkan sedikit sendi pada pergelangkan kaki.
•Lalu, kembali pada posisi awal.

Sudah tahu kan, apa saja yang perlu dihindari ketika berada di gym? (gie)

BACA JUGA: Ini Dia Rahasia Dian Sastro Tetap Tampil Seksi Di Aadc 2014

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes