manfaat latihan di rumah

Latihan di Rumah Itu Asik, Tapi Ada Tantangannya Lho

Latihan di rumah atau home gym adalah hal positif yang bisa Anda lakukan jika Anda malas datang ke gym, karena latihan di rumah pun tidak kalah efektif dengan latihan di gym jika dilakukan dengan teknik yang tepat.

manfaat latihan di rumah

Namun, ada beberapa tantangan yang harus Anda atasi jika Anda ingin mendapatkan hasil optimal dari latihan di rumah. Apa saja, berikut di antaranya:

Menyisipkan Latihan di Tengah Kewajiban

Kondisi ini biasanya dialami ibu-ibu yang sibuk mempersiapkan segala keperluan rumah di pagi hari, seperti memasak untuk suami, memandikan anak, membersihkan rumah hingga mengantarkan anak berangkat sekolah.

Inilah yang menjadi tantangannya. Anda dituntut lebih jeli dalam membagi waktu untuk berolahraga dan menjalankan kewajiban di rumah. Solusinya, bangunlah 30 menit lebih awal dari suami dan buah hati Anda di rumah, lalu lakukan latihan Anda. Tidak perlu latihan yang terlalu berat, jogging di tempat, jumping jack, atau squat di ruang tengah bisa menjadi pilihan latihan yang efisien. Bahkan Anda tidak membutuhkan peralatan apapun.

Terlalu Nyaman

Berlatih di rumah adalah tentang bagaimana Anda memotivasi diri sendiri. Biasanya, kondisi yang terlalu nyaman di rumah akan membuat seseorang malas meningkatkan intensitas latihan karena tidak ada motivasi dari partner latihan.

Meningkatkan intensitas latihan itu penting agar Anda bisa mendapatkan kemajuan-kemajuan bertahap dalam rangka meraih tujuan utama latihan Anda.

Tentukan target yang sedikit di luar kemampuan Anda seperti “Saya ingin menyelesaikan 15 pushup” atau “Saya ingin bisa jogging selama 5 menit tanpa berhenti” akan memberikan motivasi jangka pendek sekaligus membantu Anda mencapai tujuan utama Anda.

Agar lebih termotivasi, ajak suami Anda untuk menjadi partner berlatih Anda.

Memilih Teknik Latihan yang Tepat

Anda hanya punya sedikit waktu untuk berlatih sebelum tugas rumah tangga sehari-hari mengambil alih waktu latihan Anda, dan tidak masalah bagi Anda untuk melakukan latihan di rumah dengan pola latihan seperti yang biasa orang lakukan di gym. Maksimalkan efisiensi latihan Anda di rumah dengan menggunakan circuit training atau superset agar Anda tetap bergerak sambil mengistirahatkan bagian tubuh lain, dan sebagai tambahan, kedua teknik latihan tersebut juga merupakan cara yang sangat efektif sebagai latihan untuk membakar lemak.

Program Tidak Efektif

Latihan yang keras saja tidak cukup. Anda juga perlu merencanakan program latihan Anda dengan baik untuk mendapatkan hasil maksimal. Mungkin di gym Anda akan banyak mendapatkan bantuan untuk melakukan latihan yang efektif, tapi jika Anda berlatih di rumah tapi dengan pengetahuan yang kurang, maka itu hanya akan membuat Anda membuang banyak waktu dan energi tetapi tidak membantu banyak pada program Anda.

Misalnya latihan kardio saja biasanya dianggap sebagai teknik membakar lemak yang kurang baik, akan tetapi bila dikombinasikan dengan latihan beban, maka akan meningkatkan manfaat dan hasil latihan Anda. Jika Anda melakukan latihan kardio, maka cobalah gunakan latihan interval yang sederhana, misalnya melakukan jumping jack dengan kecepatan tinggi selama 60 detik diiringi jogging di tempat selama 30 detik, begitu seterusnya hingga 15-20 menit, maka ini secara dramatis akan meningkatkan efek pembakaran lemak.

Gali Informasi

Internet adalah sarana latihan yang sangat baik karena menyediakan banyak program home gym yang bisa Anda gunakan. Program latihan yang bisa didownload ini memberikan banyak keuntungan antara lain memberikan bantuan pengetahuan tentang latihan, pengaturan nutrisi hingga program latihan yang telah dirancang dengan baik.

Jadi, jangan takut menghadapi tantangan latihan di rumah demi keberhasilan latihan Anda. Semoga sukses. (dan)

BACA JUGA : LEMAK MEMBANDEL? LIBAS DENGAN TABATA TRAINING

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes