Latihan-Fitnes-Pemula

Latihan Fitnes Pemula: 4 Hal Yang Harus Dihindari Agar Latihan Anda Tidak Sia-Sia

Latihan Fitnes Pemula yang perlu Anda ketahui, karena mungkin Anda sudah puluhan atau bahkan ratusan kali keluar masuk gym. Dengan harapan, Anda bisa mendapatkan perkembangan otot untuk membentuk tubuh lebih ideal. Namun, harapan yang Anda impikan tidak berjalan sesuai rencana. Perkembangan otot yang Anda inginkan pun tak kunjung Anda dapatkan, sehingga membuat Anda kehilangan semangat dan mulai meninggalkan kebiasaan latihan.


Untuk mencegah Anda dari meninggalkan kebiasaan latihan, sebaiknya Anda perlu mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan latihan Anda tidak membuahkan hasil maksimal. Dengan harapan, Anda dapat melakukan evaluasi dan memulai latihan Anda dengan lebih baik.

Berikut 4 hal yang membuat latihan Anda tidak maksimal

    1. Melakukan Satu Jenis Latihan
      Tak jarang saat berlatih, Anda cenderung melakukan crunch dengan harapan latihan ini dapat membakar lemak di bagian perut Anda. Padahal, Anda tidak bisa menentukan di bagian mana lemak Anda akan berkurang, bahkan dengan ratusan crunch sekalipun. Inilah yang membuat waktu Anda terbuang percuma. Untuk membakar lemak tubuh, latihan yang tepat adalah kardio dengan intensitas tinggi. Setelah lemak tersingkir, Anda bisa melakukan latihan beban untuk membentuk otot tertentu yang Anda inginkan.
    2. Terlalu Banyak Repetisi
      Saat Anda berlatih beban untuk membentuk otot, hasil dari latihan Anda bukan ditentukan dari berapa banyak Anda melakukan repetisi, melainkan dari seberapa berat beban latihan yang sanggup Anda angkat. Berapapun banyak repetisi yang Anda lakukan tapi dengan berat yang ringan, maka otot Anda tidak akan berkembang dengan baik. Lebih baik jika Anda mengangkat beban 15kg dengan 6-8 repetisi daripada menggunakan beban 5 kg dengan 12-16 repetisi.

Tingkatkan Performa Latihan Anda Di Sini! 

  1. Istirahat Terlalu Lama
    Jeda istirahat adalah bagian penting dari latihan beban, namun banyak orang salah mengerti dengan mengambil jeda istirahat terlalu lama antar set saat latihan. Jeda istirahat yang terlalu lama dapat menurunkan kualitas latihan, karena Anda membiarkan otot “mendinginkan” diri sebelum melakukan set berikutnya. Untuk hasil terbaik dari latihan Anda, batasi jeda istirahat Anda tidak lebih dari 2 menit. Selama jeda, Anda bisa melakukan latihan ringan seperti jalan kaki, untuk menjaga aliran darah tetap lancar sambil memberi waktu otot Anda untuk melakukan pemulihan.
  2. Teknik Yang Belum Tepat
    Inilah penyebab umum yang membuat latihan Anda sia-sia. Banyak dari Anda yang mungkin hanya sekedar meniru gerakan orang bertubuh besar saat datang ke gym. Padahal belum tentu gerakan yang dilakukan orang tersebut benar. Perlu Anda sadari bahwa, lebih penting merasakan otot yang bergerak sesuai jangkauannya, daripada menggerakkan beban ke segala arah tanpa tujuan yang jelas. Sesuaikan posisi yang paling nyaman untuk melakukan gerakan, sambil membangun hubungan yang kuat antara perintah otak dan pergerakan patuh dari otot.

Jangan menyerah dengan berhenti dari rutinitas latihan Anda. Kenali penyebab latihan Anda sia-sia dan temukan solusi untuk mendapatkan hasil terbaik dari latihan Anda. Untuk meningkatkan motivasi Anda, ajaklah teman atau keluarga yang mengenal tehnik latihan dengan baik agar Anda bisa mendapatkan arahan bagi keberhasilan latihan Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes