Cendera sendi lutut

Lakukan Latihan Ini untuk Cegah Cedera Sendi Pada Lutut!

Sendi memiliki peranan penting dalam tubuh manusia. Tanpanya, kita tidak akan bisa menggunakan tubuh kita secara normal. Untuk itu, tetap menjaga sendi agar selalu sehat itu merupakan keharusan.

LsssUTUT

Kebiasaan merupakan tindakan yang kita lakukan secara berulang-ulang dan mendarah daging dalam diri kita. Seperti halnya dalam menerapkan pola hidup sehat, kita selalu melakukan latihan-latihan yang dapat membentuk tubuh kita menjadi ideal. Namun karena sesuatu hal, ada kalanya kita tidak bisa melakukan kebiasaan itu lagi. Seperti halnya saat Anda mengalami cedera pada lutut , maka Anda terpaksa akan berhenti melakukan latihan hingga cedera Anda membaik.

Bagaimana Cedera Lutut Bisa Terjadi?

Cedera pada lutut memang sering terjadi bagi Anda yang suka melakukan aktivitas olahraga dengan intensitas tinggi. Bukan hanya itu, cedera lutut juga bisa terjadi karena aktivitas sehari-hari dan tanpa sadar membahayakan posisi ligamen. Cedera ini terasa amat sakit dan melemahkan, bahkan bisa mengubah cara berjalan. Ligamen adalah jaringan yang menghubungkan tulang-tulang dalam tubuh.

Terlalu banyak tekanan pada ligamen dapat menyebabkan renggangnya jarak antar tulang. Akibatnya, cedera lutut yang tidak dirawat akan dapat menimbulkan rasa nyeri yang tidak nyaman. Hal tersebut akan membatasi Anda dalam bergerak.

Hanya sedikit orang yang mengetahui, melakukan pemanasan sebelum dan sesudah latihan dapat menambahkan kekuatan bagi tubuh. Hal tersebut juga berguna untuk membantu pencegahan cedera dan mempercepat waktu kesembuhan pada sendi lutut. Otot yang tegang atau lemah dapat mengurangi dukungan terhadap lutut, karena lutut tidak dapat menyerap dengan cukup tekanan pada sendi lutut.

Sebenarnya, faktor terbesar pemicu gangguan pada sendi di lutut adalah kelebihan berat badan. Ketika berat badan bertambah, maka akan bertambah pula tekanan pada sendi lutut. Bahkan, aktivitas biasa seperti halnya berjalan dan menaiki tangga akan membuat sendi menopang tekanan terlalu berat.

Bagaimana Mengatasi Cedera Sendi Pada Lutut?

Cedera sendi pada lutut dengan intensitas rendah bisa disembuhkan dengan cara mengistirahatkan kaki dari beban berat. Lalu, kompres es selama 20-30 menit. Gunakan perban elastis, tinggikan posisi lutut, atau Anda dapat menggunakan obat anti-inflamasi.

Namun apabila ligamen Anda mengalami cedera serius, ligamen tak dapat disembuhkan dengan cara sebelumnya. Setelah ligamen robek, satu-satunya pilihan adalah dengan rekonstruksi. Akan tetapi, rasa sakit setelah operasi dapat dikurangi dengan cara berenang atau latihan fisik ringan. Diharapkan, dengan latihan tersebut lutut dapat beradaptasi dan rasa sakit akan berkurang.

Perkuat Lutut Anda dengan Latihan Ini

Bagaimanapun juga, lebih baik mencegah daripada mengobati. Melakukan latihan-latihan dengan gerakan tertentu dapat membuat lutut Anda semakin kuat dan terhindar dari cedera sendi. Berikut adalah gerakan tersebut.

Dumbbell Step Ups
Dumbbell Step Ups

•Berdiri lurus sambil memegang halter pada masing-masing tangan.
•Tempatkan kaki kanan seperti gambar sambil mengangkat pinggul dan lutut pada kaki kanan.
•Gunakan tumit, terutama untuk mengangkat seluruh tubuh Anda dan menempatkan kaki kiri seperti gambar.
•Ulangi gerakan tersebut dengan mengganti pada bagian kaki kiri.

Single-Leg Barbell Squat
SINGLE-LEG BARBELL SQUAT
•Mulailah dengan berdiri sekitar 2-3 kaki di depan bangku datar dengan punggung menghadap pada bangku.
•Lebarkan kaki Anda dan angkat barbel secara perlahan pada di atas pundak seperti pada gambar.
•Tekuk Kaki Anda bergantian dan letakkan jari kaki Anda di atas bangku
•Lalu, luruskan kaki Anda dengan posisi jari kaki menyentuh pada bangku.
•Ulangi gerakan berikutnya dang giliran kaki selanjutnya.

Barbell Lunges
barbell Lunges 2
•Mulailah dengan merenggangkan kaki selebar bahu Anda dan letakkan barbell di atas bahu Anda.
•Maju satu langkah dengan satu kaki, renggangkan lutut untuk menurunkan pinggul Anda.
•Turun sampai lutut belakang hampir menyentuh tanah.
•Postur tubuh Anda harus tetap tegak, dan lutut depan harus tetap menghadap ke depan.

Stiff-Legged Barbell Deadlift
STIFF-LEGGED BARBELL DEADLIFT
•Angkat barbel secara perlahan, lalu posisikan tubh Anda membungkuk ke depan.
•Namun, tubuh dan lutut harus dalamkeadaan lurus tegak.
•Kembalikkan badan Anda pada posisi semula, dengan barbel tetap berada pada tangan Anda seperti gambar.

Latihan-latihan tersebut hanya bersifat menguatkan sendi pada Lutut. Untuk bagian bagian tubuh lainnya yang Anda inginkan, sesuaikan latihan dengan gerakan yang memang berfungsi melatih dan menguatkan bagian tubuh tertentu. (gie)

BACA JUGA: Belum Mendapatkan Perut Sixpack? Ubah Kebiasaan Anda!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes