Overhead Squat

Latihan Overhead Squat, Buat Otot Anda Semakin Tebal

Memang, squat merupakan latihan terbaik untuk membentuk tubuh bagian bawah. Ya, latihan ini dapat melatih otot-otot bagian bawah seperti paha, bokong, pinggul, dan masih banyak otot tubuh bagian bawah lainnya. Namun bagi Anda yang menginginkan latihan yang lebih sempurna, maka Overhead Squat adalah solusinya.

Headline

Overhead Squat tidak hanya akan melatih tubuh bagian bawah, melainkan juga melatih tubuh bagian atas secara bersamaan. Ya, dengan mengangkat beban di atas kepala Anda dengan posisi jongkok, hal ini dapat memiliki dampak yang ekstra untuk tubuh Anda. Lalu, apa saja yang manfaat latihan Overhead Squat? Berikut adalah informasinya untuk Anda!

Masalah Mobilitas, Stabilitas, dan Kekuatan

Kebanyakan orang mengalami yang namanya masalah terkait dengan mobilitas dan stabilitas berikut ini:

– Otot perut terasa ketat akibat mengangkat beban berlebih dengan menarik bahu ke atas dan kembali ke depan

– Tulang belakang dada yang serasa kaku dan tak bisa tertarik panjang

– Otot inti yang lemah

– Masalah fleksibelitas pinggul, lutut, dan pergelangan kaki

Jika benar Anda mengalami beberapa poin di atas, itulah sebabnya penting bagi Anda untuk melakukan latihan overhead squat. Karena, Overhead squat dapat memperbaiki kelenturan tubuh Anda.

Ekstensi Latihan OverheadSquat

the-overhead-squat_what-is-it-good-for_graphics_pursuit-rx-1

Kebanyakan orang hanya melakukan rutinitas duduk dan membungkuk ke depan. Untuk itu, Anda wajib memperbaiki postur tubuh dengan melakukan latihan di gym. Jika tubuh Anda dalam fleksi konstan, maka tarik ke depan bagian bahu dan tulang belikat Anda. Sehingga, hal tersebut akan membuat bahu menjadi nyaman dan kuat ketika Anda menempatkan lengan yang mengangkat beban di belakang kepala Anda.

Overhead Squat dapat membantu tubuh untuk belajar bagaimana memperluas jangkauan gerak. Tulang belakang dada dan otot perut Anda harus belajar bagaimana untuk bergerak maju dan mundur. Jika tulang belakang dada dan otot inti Anda menjadi kuat, maka Anda akan lebih sukses mengangkat beban yang berat sekalipun.

Meskipun pada awal melakukan overhead squat ini sedikit sulit, namun dengan posisi jongkok sembari mengangkat beban di atas kepala Anda, hal tersebut dapat meningkatkan kesehatan tulang punggung dan bahu. Namun, Anda harus tetap berhati-hati karena risiko cedera ketika melakukan gerakan ini juga sangat besar. Memberikan tekanan yang ekstrem pada punggung, ketika melakukan overhead squat merupakan salah satu alasannya.

Melatih Mobilitas Gerak Pinggul dan Pergelangan Kaki

Jika Anda berjuang untuk melakukan latihan overhead squat dengan lutut dan tumit menyentuh tanah, maka latihan tidak benar-benar memiliki dampak yang besar untuk Anda. Kebanyakan orang tidak tepat dalam melakukan latihan glute dan mobilitas pinggul untuk membuat jaringan posterior bekerja secara efisien. Jika Anda melakukan overhead squat, maka hal tersebut sekaligus akan melatih beberapa bagian otot seperti bagian betis, paha belakang, glutes, adductors (salah satu otot pada bagian paha), dan punggung.

Ketika Anda melakukan overhead squat pada posisi jongkok sembari mengangkat beban, Anda harus memusatkan lutut sebagai tumpuan dan memberikan tekanan pada paha Anda.  Hal tersebut akan semakin memperkuat ketahanan dua bagian tubuh tersebut. Hal ini juga semakin baik untuk pinggul Anda. Overhead squat juga merupakan indikator latihan terbaik untuk fleksibelitas pergelangan kaki. Hal ini dikarenakan, tekanan yang diberikan oleh beban yang Anda angkat akan memperbaiki sendi pada pergelangan kaki.

Latihan untuk Kekuatan Inti Tubuh

Abdominal, oblique, dan otot-otot inti seperti abdominis melintang sangat penting untuk dilatih ketika Anda melakukan squat, pull-up, dan hampir terlibat dalam semua gerakan latihan Anda.

Meskipun banyak dari kita melatih otot perut dengan sit-up yang tak berujung, sebenarnya peran utama dalam latihan ini adalah untuk menggerakkan antiextension dan antiflexion. Jadi, ketika Anda melakukan latihan dengan barbell yang di angkat di atas punggung, Anda harus menggerakkannya maju dan mundur demi melibatkan otot-otot inti Anda.

Overhead squat membuat otot inti Anda bekerja lebih keras di atas kepala Anda. Hal ini akan menantang gravitasi dan membuat Anda bekerja lebih ekstra untuk mengangkatnya. Ketika Anda memanjangkan tubuh ketika mengangkat barbell, maka hal tersebut akan memberikan efek menakjubkan untuk otot inti Anda.

Latihan untuk Stabilitas Bahu

the-overhead-squat_what-is-it-good-for_graphics_pursuit-rx-2

Jika Anda pernah melakukan latihan dengan mengangkat beban di atas kepala Anda, pasti Anda pernah goyang dan gemetar untuk beberapa saat. Ya, hal itu wajar. Karena, beban berat yang Anda angkat di atas kepala Anda membuat tubuh Anda tidak stabil. Hal itu yang sama juga akan Anda rasakan ketika Anda melakukan overhead squat. Untuk melakukan latihan ini dengan baik, maka Anda harus mampu memutar bahu Anda dan menarik kembali tulang belikat Anda. Ini termasuk hal yang ringan, namun bukan posisi yang mudah untuk dilakukan. Ingatlah, bahwa Anda sedang mengangkat barbell di atas kepala Anda tanpa harus melakukan hyperextension tulang belakang atau mendorong bagian dada maju. Jika Anda dapat melatih bahu Anda tetap dalam posisi mengangkat barbell di atas kepala, hal tersebut dapat menghindari risiko cedera.

Perbaiki Keseimbangan Tubuh

Menahan beban dengan posisi jongkok benar-benar memerlukan keseimbangan ekstra. Berat yang diangkat pun juga harus diperhitungkan agar gravitasi semakin sempurna ketika melakukan gerakan dengan posisi jongkok. Jika Anda terlalu memosisikan tubuh ke belakang dengan menjadikan tumit sebagai tumpuan, maka Anda akan kehilangan berat di bagian belakang Anda. Akibatnya, hal tersebut dapat mengacaukan keseimbangan Anda. Sebaliknya, jika Anda hanya bertumpu pada jari-jari kaki dan tumit sedikit mengangkat, hal tersebut juga mengacaukan keseimbangan dan membuat Anda runtuh ke bagian depan.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui teknik menyeimbangkan tubuh dengan baik. Bahkan, jika di luar melakukan gerakan overhad squat, Anda tetap perlu berlatih menyeimbangkan tubuh Anda. (gie)

BACA JUGA: Turunkan Berat Badan Secara Tradisional dengan Cengkeh

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes