latihan mencegah osteoporosis

Latihan Terbaik Untuk Mencegah Osteoporosis

Apakah sudah menemukan latihan yang tepat untuk menguatkan tulang agar terhindar dari osteoporosis? Mungkin beberapa latihan berikut ini dapat menjadi solusi.

latihan mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu kondisi ketika tulang menjadi rapuh. Selain itu, semakin bertambahnya usia, kemungkinan patah tulang akibat osteoporosis juga meningkat.

Untuk itu, mari memulai latihan yang bermanfaat memperkuat tulang dan otot. Latihan seperti keseimbangan, gaya berjalan, fleksibilitas, penting bagi orang tua serta mereka yang didiagnosis osteoporosis.

Ada beberapa latihan yang dapat membantu Anda untuk mencegah osteoporosis. Latihan-latihan ini benar-benar sederhana. Jadi, simak beberapa latihan berikut ini yang mudah dan efektif untuk melindungi serta menguatkan tulang Anda.

1. Jumping

latihan mencegah osteoporosis

Jumping adalah latihan beban yang sangat sederhana yang membantu membangun tulang. Hanya beberapa menit melompat setiap hari dapat memiliki manfaat yang luar biasa. Ketika Anda memiliki kekuatan lebih, Anda bisa melompat lebih tinggi atau bahkan melompat dengan satu kaki.

2. Berlatih Keseimbangan

latihan mencegah osteoporosis

Latihan keseimbangan sangat penting untuk memperkuat tulang. Keseimbangan yang baik dapat membuat stabil, agar tidak mudah jatuh yang bisa menyebabkan patah tulang. Lakukan latihan keseimbangan seperti Tai Chi, atau berdiri dengan satu kaki.

3. Latihan Beban

latihan mencegah osteoporosis

Latihan resistensi seperti angkat beban adalah langkah baik untuk tulang dan kekuatan otot. Untuk latihan ini, Anda dapat menggunakan beban yang bisa dipegang atau terikat.

4. Calf Raises

latihan mencegah osteoporosis

Letakkan kedua tangan di kursi belakang untuk menjaga keseimbangan. Sekarang, angkat tumit Anda (jinjit). Tahan posisi ini selama satu menit dan kemudian turunkan tumit secara perlahan

5. Knee Flexing

latihan mencegah osteoporosis

Gunakan kursi untuk menahan kedua tangan Anda. Tekuk satu lutut di kaki yang sama kemudian secara perlahan tarik ke belakang. Jaga kaki yang satu tetap lurus. Kemudian pelan-pelan kembali ke posisi semula dan lakukan bergantian pada kaki yang satunya.

6. Hip Extensions

latihan mencegah osteoporosis

Letakkan kedua tangan Anda di belakang kursi untuk menjaga keseimbangan. Agak membungkuk ke depan lalu perlahan angkat satu kaki ke belakang tapi tetap lurus. Angkat setinggi yang Anda bisa dan jaga keseimbangan. Tahan lalu turunkan kembali kaki Anda. Ulangi gerakan yang sama pada kaki satunya.

7. Hip Flexion

latihan mencegah osteoporosis

Berdiri di atas papan dengan satu kaki (gunakan kaki kiri). Angkat kaki kanan setinggi lutut kaki kiri. Tahan pinggul dengan tangan dan coba raih keseimbangan. Lakukan gerakan yang sama pada kaki lain.

8. Lateral Leg Lifts

latihan mencegah osteoporosis

Letakan kedua tangan di belakang kursi untuk menjaga keseimbangan yang lebih baik. Angkat satu kaki perlahan ke samping namun tetap menjaga lutut tetap lurus. Angkat setinggi yang Anda bias dan tahan sambil menjaga keseimbangan. Turunkan pelan-pelan dan ulangi gerakan ini dengan kaki yang lain.

9. Shoulder Strengthening

latihan mencegah osteoporosis

Duduk di kursi dengan nyaman dalam postur tegak. Angkat masing-masing tangan ke samping perlahan hingga bertemu di atas kepala. Tahan posisi ini dan kemudian perlahan-lahan menurunkan tangan Anda ke sisi Anda. Lakukan hal yang sama beberapa kali.

10. Bicep Curl

latihan mencegah osteoporosis

Duduk tegak dan menghadap ke depan lurus dengan posisi kaki. Lalu tekuk siku dan angkat barbel hingga setinggi bahu. Tahan sebentar lalu turunkan. Lakukan gerakan ini beberapa kali.

Sebelum memulai program latihan apapun, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mengetahui latihan apa yang aman untuk Anda. Setiap program latihan harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selamat berlatih (ctr)

BACA JUGA: Latihan Plyometric untuk Latihan yang Intensif

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes