Gerakan Plyometric

Ledakkan Kekuatan Anda Dengan Gerakan Plyometric Ini!

Pernahkah Anda memperhatikan seorang sprinter yang bergerak di garis start? Jika iya, Anda pasti melihat bahwa sang sprinter memiliki glutes yang kencang dan kaki yang terpahat sempurna. Kunci untuk mendapatkan ledakan kekuatan dan kecepatan tersebut adalah hasil dari teknik latihan plyometric.

Headline Mee End

Plyometric merupakan latihan favorit para atlet karena latihan ini menggunakan kontraksi eksentrik yang kuat untuk menghasilkan tenaga. Gerakan plyometric berikut ini akan melatih kecepatan, kekuatan, dan elastisitas otot para atlet. Berikut beberapa gerakan yang akan memberikan shock training bagi tubuh Anda.

1. Star Jumps

Star Jump fix

Mulailah dengan posisi kaki Anda dalam sikap atletik. Dengan posisi dada lebih tinggi, buatlah tubuh Anda membungkuk sehingga tangan menyentuh tanah atau lantai. Begitu ujung jari Anda mencapai tanah, dorong lengan ke atas kepala dan melompat ke udara. Saat Anda melompat, lebarkan lengan dan kaki sehingga Anda membuat sebuah bentuk tubuh “X”. Kembali ke posisi jongkok dan ulangi.

2. Tuck Jumps

Tuck Jump fix

Berdiri dengan kaki lebih lebar dari panggul dalam sikap atletik. Ayunan lengan Anda ke atas ketika Anda melompat lurus ke atas sambil menarik lutut setinggi pusar.

3. Box Drop

box drop

Berdirilah di atas kotak kokoh atau bangku. Mulailah dengan kotak dengan tinggi sekitar 30 cm. Melangkahlah dengan melewati atas kotak dalam sikap atletik. Jangan biarkan pinggul jatuh saat Anda mendarat. Kejutkan lompat Anda dengan lutut sedikit menekuk, kemudian luruskan posisi dan ulangi dengan berdiri tegak.

4. Single-Leg Lunge Jump

single leg jump

Mulai dengan kaki Anda tepat di bawah pinggul Anda. Posisikan kaki kanan seperti posisi lunge dengan tangan kanan Anda menyentuh lantai dan kaki kiri ditekuk ke depan. Dalam satu gerakan, ledakkan kekuatan kaki kiri dan dorong lutut kanan ke udara di depan Anda. Lengan kiri Anda harus diayunkan ke langit-langit. Ayunkan kaki kanan untuk kembali ke posisi awal dan ulangi pada kaki lainnya.

5. Scissor Jump

scissor jump

Mirip dengan lunge jump, mulailah dengan posisi badan tegap, kaki kiri ke depan dan kaki kanan seperti seolah-olah menerjang ke belakang. Kemudian melompatlah dan dorong lengan kiri Anda ke udara. Saat Anda berada di udara, tendang kaki kanan ke depan, dan mendaratlah dengan posisi yang sama seperti yang saat Anda mulai. Ulangi di sisi lain.

Seluruh gerakan ini bisa Anda lakukan di rumah karena tidak memerlukan peralatan gym apapun. Bagaimana? Apakah Anda mau mencobanya? (mee)

BACA JUGA: Kandungan Suplemen yang Percepat Sixpack Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes