latihan leher

Leher Sering Kaku, Latih dengan Gerakan Ini!

Memang, semua pekerjaan menuntut Anda mengeluarkan tenaga dan waktu yang lebih. Berjam-jam berada di depan komputer dan duduk selama delapan jam adalah kebiasaan Anda di kantor. Akibatnya, sering kali Anda merasakan nyeri di bagian tertentu tubuh Anda. Tak terkecuali juga bagian leher.

Headline Leher

Bukan hanya ketika Anda bekerja, leher juga sering terjadi gangguan apabila posisi tidur Anda tidak baik. Artinya, pada saat tidur posisi leher tertekan hingga menimbulkan risiko cedera. Jika sudah begitu, leher akan merasakan nyeri dan sakit untuk digerakkan baik ke samping maupun ke atas. Untuk itu, Anda wajib memperhatikan kesehatan leher Anda dengan cara latihan. Pertanyaannya, bisakah bagian leher di latih? Ya, semua bagian tubuh pasti bisa di latih. Tergantung dengan gerakan yang sesuai dengan latihan tersebut. Berikut adalah cara melatih leher Anda agar terhindar dari rasa nyeri dan linu.

Untitled-1

Langkah 1

Rentangkan tubuh Anda di sebuah lantai atau matras, dengan posisi wajah menghadap ke lantai sambil tangan membentuk posisi salib.

Langkah 2

Putar kepala pada satu sisi (kiri atau kanan) dan letakkan kepala Anda di atas satu sisi tangan bagian atas Anda. Sebaliknya, posisikan bahu berlawanan arah dengan kepala Anda. Sedikit angkat bahu Anda. Miringkan kepala di bawah ketiak, hingga kepala sedikit terangkat sehingga Anda dapat memindahkan dagu Anda ke bagian dada. Selanjutnya, lakukan hal yang sama pada lengan satunya.

Langkah 3

Miringkan panggul ke atas, dan atur pernafasan Anda. Berdasarkan nafas, gerakan ini akan semakin memperlancar relaksasi pada leher Anda. Ambil posisi menungging, namun dengan bahu dan tangan menjadi tumpuan. Posisi kepala menempel pada lantai dan miringkan ke samping kiri maupun kanan secara bergantian. Perlu Anda perhatikan, nahwa gerakan ini sangat rentan akan risiko cedera. Alangkah baiknya jika Anda meminta bantuan kepada partner latihan Anda untuk mengawasi apabila nantinya Anda tak kuat menahan tumpuan pada tangan Anda.

Langkah 4

Hampir sama seperti langkah ke 3, namun jika sebelumnya posisi Anda sedikit miring, sebaliknya pada langkah ke 4, posisikan tubuh sedikit lurus. Kaki juga harus menutup rapat. Gerakan ini akan mempengaruhi kinerja tulang belakang Anda.

Langkah 5

Sebagai posisi awal, rentangkan tubuh Anda di lantai sehingga membentuk salib. Sama, wajah harus menatap ke lantai. Dengan sedikit mengangkat panggul Anda, posisikan leher menempel pada lantai. Jika kepala Anda mengarah ke samping kanan, maka yang menjadi tumpuan adalah tangan posisi kiri. Sebaliknya, jika kepala mengarah ke posisi kiri, maka tangan yang menjadi tumpuan adalah tangan kanan.

Ya, dilihat dari gambarnya, gerakan-gerakan untuk melatih bagian leher ini tampaknya memang sedikit sulit. Kebanyakan, gerakan dalam latihan ini menggunakan leher sebagai tumpuan untuk menahan berat badan. Meskipun terdapat tangan dan kaki yang juga membantu menahan bobot tubuh, nampaknya leherlah yang benar-benar bekerja dalam latihan ini. Itulah mengapa sebabnya latihan ini berisiko cedera lebih banyak. Untuk itu, ketika melakukan latihan ini, mintalah bantuan partner untuk mengawasi Anda. Semoga bermanfaat (gie)

BACA JUGA: Apakah Testosteron Bikin Pria Sehat?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes