Liburan Menanti, Jangan Lupakan Latihan Anda

Yeay… sebentar lagi akan memasuki Bulan Desember. Tahu apa artinya? Sebentar lagi kita akan menyambut libur panjang Natal dan Tahun Baru 2015. Sungguh senangnya.

KOPER

Tapi tunggu dulu, meskipun tengah asyik menikmati liburan, tetap saja Anda harus melakukan rutinitas latihan seperti biasanya. Jangan sampai, Anda terlena dengan waktu luang Anda dan mengabaikan usaha keras Anda selama ini dalam mempertahankan tubuh tegap berotot.

Ketika melakukan travelling, Anda tak perlu merasa risau mencari gym untuk latihan. Latihan sederhana cukup untuk mempertahankan kebugaran dan massa otot Anda. Dimanapun dan kapanpun Anda bisa melakukannya. Berikut adalah latihan yang bisa Anda lakukan ketika sedang melakukan perjalanan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru esok.

Manfaatkan Benda di sekeliling Anda

Godaan terbesar ketika liburan adalah malas untuk melakukan latihan. Alasan terbesar Anda pasti menyalahkan sulitnya mencari tempat gym ketika Anda sedang melakukan travelling. Jika itu alasan Anda, maka simak baik-baik artikel ini.

Latihan tidak hanya dapat dilakukan di tempat gym. Namun, Anda bisa melakukannya di manapun. Termasuk, di hotel atau penginapan. Bahkan ketika outdoor pun, Anda juga bisa melakukan latihan. Semua itu tergantung dari niat Anda dalam melakukan latihan. Ibaratkan sekeliling Anda adalah tempat gym, yang juga mempunyai alat-alat yang tak kalah canggih. Jika Anda adalah orang yang kreatif, maka perabotan di hotel atau penginapan pun juga bisa menjadi objek untuk mempermudah latihan Anda. Misalnya seperti kursi, handuk, tas travelling, dan masih banyak lainnya.

Berikut adalah latihan yang DuniaFitnes.Com rekomendasikan untuk mengisi waktu liburan Natal dan Tahun Baru 2015 yang tinggal menghitung hari lagi.

Push Up dengan Manfaatkan Jendela atau Kursi

Variasi Push Up

Tak perlu diragukan lagi, pushup adalah gerakan umum dalam melatih otot lengan dan dada. Namun, gerakan pushup yang monoton membuat sebagian orang merasa bosan melakukannya. Namun, dengan memanfaatkan pushup yang dikombinasikan dengan perabotan di sekeliling Anda, tentunya dapat membuat Anda lebih bersemangat.

Jika standar pushup tidak cukup menantang, Anda juga dapat melakukan variasi dengan pushup miring dan menggunakan satu tangan. Hal itu tentunya akan memberikan warna baru bagi Anda. Lakukan 3 set, 10 repetisi untuk memaksimalkan otot dada dan lengan Anda.

Angkat Beban Tak Hanya Dilakukan di Gym

Angkat Beban

Siapa bilang barbell adalah satu-satunya beban yang bisa diangkat untuk bisa dijadikan latihan. Jika Anda sedang berlibur, maka sudah pasti akan sulit mencari barbell. Namun, tak usah khawatir, Anda dapat mengganti barbell tersebut dengan mengangkat perabotan yang ada di hotel ataupun penginapan. Contohnya seperti sofa, tempat tidur, dan masih banyak lagi lainnya. Sesuaikan perabotan yang menurut Anda masih bisa dijadikan pengganti barbell. Lakukan latihan ini sebanyak 3 set, 8 repetisi untuk membentuk otot bicep sekaligus tricep dengan maksimal.

Cegah Nyeri Sendi di Kaki dengan Handuk

Latih Kaki

Jika Anda sedang berlibur dan menginap di hotel, tentu pihak penginapan memberikan handuk sebagai salah satu fasilitas. Jika handuk digunakan untuk mengeringkan tubuh Anda setelah mandi, itu sudah biasa. Kali ini, fungsikan handuk untuk melatih otot kaki Anda agar terhindar dari nyeri sendi. Pertama, rebahkan tubuh Anda di lantai, dan rentangkan salah satu kaki Anda sambil mengaitkan handuk, dan tarik kedua ujung handuk dengan tangan Anda. Lakukan latihan sederhana ini 3 set 10 repetisi untuk kaki yang bebas nyeri sendi.

Manfaatkan Kursi untuk Latih Otot Tricep

Tricep

Ini merupakan gerakan umum yang sudah banyak diketahui oleh semua orang. Meskipun gerakan ini terhitung sederhana, namun dengan melakukan posisi latihan seperti yang ada pada gambar, Anda dapat melatih bagian otot tricep dan otot pantat Anda dengan satu gerakan sekaligus. Sebagai posisi awal, duduklah di atas kursi, sikap tubuh lurus dan seimbang. Sambil berpegangan pada kedua ujung kursi, dorong panggul dan kakimu ke depan hingga pantat Anda tak lagi duduk di atas kursi.

Jangan dorong terlalu jauh, pastikan punggung kamu berdampingan dengan kaki kursi. Masih berpegangan, turunkan tubuh perlahan-lahan ke arah lantai dengan menekuk siku hingga membentuk sudut antara 60-90 derajat. Tahan pada posisi ini sekitar 2 menit.

Nah, Anda tak lagi bisa mengelak dengan beralasan sulit mencari tempat gym untuk latihan. Dengan berada di hotel ataupun penginapan ketika Anda melakukan perjalanan liburan, Anda juga masih bisa melakukan latihan seoptimal ketika Anda berada di gym. (gie)

BACA JUGA: 4 Latihan Cegah Kembalinya Lemak dalam Tubuh

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes