latihan otot

Maksimalkan Pertumbuhan Otot Dengan Latihan Sesuai Jenis Otot

Apakah Anda suka berlatih dengan banyak repetisi? Sebagian orang mungkin ada yang menyukainya dan tidak sedikit pula orang yang hanya suka berlatih dengan repetisi yang rendah. Hal tersebut terjadi karena ada alasan ilmiahnya, yaitu serat otot Anda.

latihan otot

Dalam tubuh ada dua jenis serat otot yang bertanggung jawab atas seluruh tubuh Anda. Yang pertama adalah slow-twitch fiber atau serat otot tipe I dan fast-twitch fiber atau serat otot tipe II. Jenis serat otot tipe 1 umumnya berwarna merah. Hal ini terjadi karena serat otot ini banyak mengandung mioglobin, oksigen, dan jumlah mitokondria dalam jumlah yang tinggi. Karena fakta tersebut, serat otot ini sangat tahan terhadap kelelahan dan mampu menghasilkan kontraksi yang berulang dalam tingkatan yang rendah dengan memproduksi adenosin trifosfat dalam jumlah yang besar melalui siklus metabolisme aerobik.

Serat otot tipe kedua dibagi menjadi serat otot tipe IIA dan IIB. Serat tipe IIA mengandung sejumlah besar mitokondria dan mioglobin, dan berwarna merah. Mereka memproduksi dan membagi adenosin trifosfat dengan kecepatan lebih tinggi dengan memanfaatkan kedua metabolisme baik aerobik dan anaerobik dan menghasilkan kontraksi otot yang kuat. Namun serat otot ini lebih rentan terhadap kelelahan daripada tipe serat otot I. Serat otot tipe IIB umumnya berwarna keputihan dan menghasilkan adenosin trifosfat pada tingkat yang lambat dengan metabolisme anaerobik. Hal ini menyebabkan serat otot lebih cepat lelah. michael kors ava kors ankle boots

Serat-serat otot tersebut akan dapat bekerja tergantung bagaimana Anda melatihnya karena pasti salah satunya lebih mendominasi dalam tubuh Anda. Namun, jika program yang Anda jalani salah, maka jangan berharap lebih. Pelajari cara untuk menentukan jenis serat Anda dan mengapa hal tersebut penting, dan temukan bagaimana melatihnya agar mendapatkan hasil maksimal.

Bagaimana Mengetahui Jenis Serat Otot Anda?

Lakukan tes pada latihan kekuatan seperti bench press dan squat. Lakukan kedua bentuk atau salah satu latihan tersebut dan hitung berapa repetisi Anda sanggup melakukannya dalam satu set. Gunakan sekitar 80% dari maksimum repetisi yang bisa Anda lakukan.

– Jika Anda dapat melakukan 7 sampai 9 repetisi, Anda memiliki serat otot yang antara serat otot tipe I dan II
– Jika Anda bisa melakukan kurang dari 7 repetisi dalam satu set, Anda dominan memiliki jenis serat otot tipe II
– Jika Anda bisa melakukannya lebih dari 9 repetisi dalam satu set, Anda dominan memiliki jenis serat otot tipe I

Jika Anda dominan memiliki serat otot tipe I, ada suatu keuntungan bagi Anda untuk melakukan olahraga lari, mendaki, bersepeda, dan bersepak bola.

Latihan Untuk Serat Otot Tipe I

Jika Anda dominan memiliki serat otot tipe I atau slow-twitch fiber, nfl jerseys reddit for sale near me Anda sangat cocok dengan latihan yang menawarkan repetisi dalam jumlah yang tinggi seperti tempo training. Berikut ada beberapa cara untuk memaksimalkan waktu berlatih Anda di gym:

– Setelah pemanasan, lakukan latihan kekuatan. Fokuskan pada kecepatan yang terkendali dan dengan waktu istirahat yang lebih pendek (seperti 30 detik). Hal tersebut tergantung pada tingkat kekuatan yang Anda miliki. Anda bahkan dapat melakukan menghentikan repetisi dalam waktu sementara. Misalnya, Anda bisa memegang bagian atas pull-up selama tiga detik sebelum perlahan-lahan melepaskannya.
– Jangan mengabaikan serat otot tipe II yang Anda miliki. Gabungkan beberapa latihan dengan repetisi yang rendah (5 repetisi atau kurang) dan kemudian tingkatkan perlahan-lahan untuk memaksimalkan kekuatan Anda. Lakukan beberapa repetisi pada latihan kekuatan dan lakukan beberapa latihan interval yang dapat dilakukan kurang dari 15 detik.

Latihan Untuk Serat Otot Tipe II

Jika Anda dominan memiliki serat otot tipe I atau fast-twitch fiber, Anda cocok untuk memilih latihan seperti plyometrics dan Olympic weightlifting (angkat berat) beserta variasinya. Dalam rangka untuk memulihkan kekuatan di antara set-set latihan Anda, Anda harus mengambil istirahat dengan waktu yang lebih lama.
Berikut adalah beberapa strategi untuk latihan Anda:

– Setelah melakukan pemanasan, Anda bisa melakukan latihan box jumps, medicine ball slam, dan kettlebell swing. michael kors access apple watch Tambahkan juga gerakan latihan kekuatan seperti power clean, dan squat jump.
– Anda bisa melakukan jogging dan bersepeda untuk meningkatkan sistem aerobik Anda.

Sudah tahu kan bagaimana cara membedakan tipe serat otot tubuh Anda? Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Latihan Anti-Rotasi, Bangkitkan Kekuatan dari Otot Inti

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes