Malam Natal, Saatnya Tampil Fit dengan Performa Prima

Natal adalah momen yang ditunggu bagi siapa saja yang merayakannya. Nah, perayaan Natal sudah tinggal menghitung hari. Bukan hanya umat Kristiani di seluruh dunia saja yang menantikan momen tersebut, melainkan umat lain tentunya juga merasakan kehangatan momen tersebut. Bagaimana tidak, banyak pernak-pernik Natal di sepanjang jalan bisa Anda temukan. Belum lagi, banyak pusat perbelanjaan yang menawarkan diskon besar-besaran untuk menyambut Hari Raya Natal tersebut.

TRAINING_Natal-Telah-Tiba-2 (1)

Banyak hal yang telah dipersiapkan oleh banyak orang. Bahkan, jauh-jauh hari sebelumnya sebagian orang telah berbelanja atribut cantik untuk menghias pohon natal di rumah mereka. Namun persiapan bukan hanya dari pohon natal saja, melainkan tubuh Anda pun tentunya juga harus diperhatikan. Agar fit dan mempunyai performa prima di malam Natal nanti, sebelumnya lakukan latihan di gym.

Jangan sampai, malam natal yang merupakan momen penting berkumpul bersama keluarga dan orang terkasih, namun tubuh Anda malah sakit. Akibatnya, Anda tidak akan bisa mengambil berkah di malam Natal nanti.

Untuk itu, bagi Anda yang tengah mempersiapkan diri untuk menyambut perayaan Natal, perhatikan tips dan rekomendasi latihan berikut, demi menjaga kualitas tubuh Anda agar selalu fit dengan performa prima.

Hindari Bermalasan Ketika Liburan Menyambut Natal

Memang, menjelang perayaan Natal Anda akan dihadapkan dengan liburan panjang. Liburan tersebut seharusnya sebagai persiapan Anda untuk menyambut Natal. Baik untuk menyiapkan pernak-pernik untuk malam Natal, maupun persiapan fisik Anda untuk menuju ke tubuh yang lebih sehat lagi. Waktu yang benar-benar berharga akan lebih bijak jika Anda isi dengan berolahraga dan latihan yang dapat meningkatkan kualitas kebugaran Anda.

Sebaliknya, jika Anda mengisinya hanya dengan bermalas-malasan, bukan tidak mungkin performa tubuh Anda ketika Natal tiba akan menurun drastis. Sehingga, Anda tidak dapat berkumpul dengan orang-orang terkasih Anda.

Jaga Pola Makan Anda

Masih menyoal tentang liburan di Hari Natal, tentunya banyak makanan ringan ataupun cemilan untuk disuguhkan pada saat Natal nanti. Banyaknya suguhan, yang hampir semuanya mempunyai rasa manis dapat menggagalkan rencana diet Anda. Bocor dalam diet ketika Natal memang sangat bisa dimaklumi, hal ini merupakan momen bagi Anda dan keluarga untuk benar-benar menikmati hari penuh kasih tersebut. Namun, bukan berarti Anda harus melampiaskan nafsu makan Anda sebagai ajang balas dendam karena telah melakukan diet di sepanjang tahun.

Diet adalah komitmen, jadi tidak akan ada kata balas dendam jika metode diet sehat Anda terapkan. Sebagai rekomendasi, selalu tanamkan bahwa makanan adalah salah satu faktor terkuat untuk menjaga bentuk tubuh agar tetap mempunyai bentuk proporsional. Untuk itu, sortir segala makanan yang akan masuk ke mulut Anda. Jika memang ada kalanya Anda menginginkan makanan tersebut, cicipi sedikit untuk memuaskan rasa ingin tahu Anda. Hanya sebatas itu, tidak lebih. Dengan begitu, Anda akan dapat mempertahankan bentuk tubuh Anda baik ketika Natal tiba maupun dalam perayaan-perayaan besar lainnya.

Tetap Lakukan Angkat Beban

Salah satu untuk mempertahankan massa otot yang telah diraih adalah dengan melakukan latihan angkat beban. Itu adalah hal mutlak yang wajib dilakukan oleh semua orang yang menginginkan bentuk tubuh yang sempurna lengkap dengan pahatan otot di sekujur tubuhnya. Untuk itu, jangan bermalas-malasan dalam melakukan latihan.

Sebagai rekomendasi, buatlah jadwal latihan untuk menunjang performa Anda ketika Natal nanti. Ingat, setiap hari jangan melakukan latihan pada bagian tubuh yang sama. Selain hal tersebut dapat menimbulkan risiko cedera yang lebih besar, latihan dengan berkali-kali memusatkan pada bagian tubuh tertentu hanya akan membuatnya memaksa bekerja lebih berat, sehinga pembentukan otot pun juga tidak akan maksimal. Ingat tentang prinsip latihan Hypertrophy Spesific Training (HTS) pada poin sesuaikan repetisi untuk mengakomodasi beban progresif? Inilah saatnya Anda untuk mempraktikkan hal tersebut. Pakai prinsip HTS untuk latihan beban Anda. Semakin tinggi beban yang Anda angkat, maka repetisi yang Anda ambil pun juga harus lebih sedikit.

Suplemen Baik untuk Pertahankan Kebugaran

Memang, latihan (olahraga) adalah penunjang untuk Anda demi mendapatkan tubuh yang lebih bugar, lengkap dengan bonus mendapatkan otot-ototnya. Namun untuk mengoptimalkan hal tersebut, tentunya akan lebih baik jika Anda menambahnya dengan mengonsumsi suplemen. Hal ini demi mendapatkan kondisi fit dan peforma prima tubuh Anda.

Anda tentunya tidak mau jika di hari perayaan Natal nanti, tubuh membelot dan tidak mau bekerja sama dengan Anda. Akibatnya, tubuh akan lemah dan serasa tak bertenaga. Jika Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada Anda, maka solusinya adalah dengan mengonsumsi suplemen.

Rekomendasi Latihan Bagi Anda

Untuk menghindari agar tubuh serasa tak bertenaga ketika Natal nanti, maka lakukanlah latihan rutin. Berikut adalah gerakan-gerakan latihan yang DuniaFitnes.com rekomendasikan untuk Anda.

Decline Reverse Crunch
Decline-Reverse-Crunch

Tahapan Pelaksanaan:
•Berbaringlah telentang di bangku dengan posisi sama persis pada gambar
•Berpeganglah pada bagian atas bangku dengan kedua tangan
•Angkat kedua kaki Anda hingga bikong sedikit terangkat dari bangku
•Lalu kembali pada posisi awal seperti gambar
•Lakukan 2 set, 12 repetisi

EZ Bar Curl
EZ-Bar-Curl-FIX

Tahapan Pelaksanaan:
• Berdirilah dengan posisi tegak sambil memegang EZ bar selebar bahu
• Jaga siku Anda dekat dengan badan Anda
• Sambil menjaga lengan atas Anda stasioner
• Angkat EZ bar ke arah dada Anda
• Saat bar berada sejajar dengan dada, tahan beberapa detik
• Kemudian kembalilah ke posisi semula
•Lakukan 2 set, 10 repetisi

Barbell Curls Lying Against An Incline
Barbell-Curls-Lying-Against-An-Incline1

Tahapan Pelaksanaan:
•Rebahkan tubuh Anda pada incline bench dengan posisi tubuh tengkurap
•Posisi lengan memegang barbell dan digantung dalam garis horizontal
•Pertahankan lengan atas agar tetap stasioner, dan turunkan kembali seperti posisi awal
•Lakukan 2 set, 10 repetisi

Floor Glute-Ham Raise
Floor-Glute-Ham-Raise

Tahapan Pelaksanaan:
•Posisikan tubuh Anda hingga mirip dengan posisi push up
•Partner memegang kedua ujung kaki
•Dengan bantuan lutut, angkat tubuh Anda berdiri
•Posisi tangan harus menyilang pada bagian dada
•Lakukan 2 set, 12 repetisi

Barbell Hip Thrust
Barbell-Hip-Thrust

Tahapan Pelaksanaan:
•Mulailah duduk di lantai dengan bangku tepat di belakang Anda
•Letakkan barbel di atas paha Anda
•Lalu, angkat paha Anda sehingga posisi bahu menempel pada bangku
•Lakukan 2 set, 10 repetisi

Pastinya dengan tips-tips di atas akan membuat Anda tampil fit dengan peforma prima di malam Natal nanti. Selamat mencoba! (gie)

BACA JUGA: Maksimalkan Pembakaran Kalori dengan Battling Ropes

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes