Manfaat Mengubah Latihan Anda

Manfaat mengubah latihan

Mengubah pola latihan beban rutin Anda adalah sangat penting, apapun tujuan program Anda. Entah Anda melakukan latihan untuk tujuan menurunkan berat badan dan kadar lemak tubuh atau sebaliknya, yaitu menambah berat badan dengan menambah massa otot, untuk tujuan membentuk tubuh ataupun untuk tujuan mendapatkan kekuatan serta menjaga kebugaran tubuh, maka penting untuk mengubah pola latihan Anda.

Baik Anda melakukan latihan beban ataupun latihan kardio seperti berlari, bersepeda, dan lain-lain, maka banyak alasan positif untuk mengubah rutinitas Anda. Beberapa perubahan yang sangat penting, termasuk kebingungan otot, plateau, tujuan yang berbeda, dan hanya sekadar bosan dengan rutinitas latihan Anda akan dibahas di bawah ini.

Kebingungan Otot (Muscle Confusion)

Ini adalah faktor yang berperan besar untuk mencapai tujuan Anda. Latihan dengan pola, jenis dan rutinitas yang sama untuk jangka waktu yang lama menyebabkan tubuh menjadi terbiasa sehingga kurang bekerja keras dan tidak mau memberikan kemajuan. Hanya dengan mengubah sudut pada gerakan latihan Anda, atau mengubah kecepatan, set atau repetisi, atau bisa jadwal latihan sesekali, maka Anda membuat tubuh Anda bekerja lebih keras karena tidak menggunakan cara latihan yang biasa diterimanya.

Plateau

Ketika tubuh Anda terlalu lama terpapar pada sesuatu yang sama, tubuh akan berhenti menunjukkan perkembangan. Apakah Anda pernah mengalaminya? Anda berlatih dan mendapatkan hasil yang bagus, namun lambat laun perkembangan itu pun berhenti. Bisa jadi Anda sedang berada dalam kondisi plateau. Jika selama ini Anda lakukan latihan kardio dengan treadmill, cobalah berlari di lereng atau jalan menanjak (memiliki kemiringan lebih besar), atau berlari selama 5 menit kemudian jalan cepat selama 5 menit dan lanjutkan dengan berjalan kaki selama 5 menit. Dengan demikian, tubuh akan beradaptasi kembali pada pola latihan ini. Atau bisa bersepeda, kemudian lanjutkan dengan elliptical, dan sebagainya. Setiap Anda mengganti rutinitas latihan, Anda membuat tubuh Anda bekerja lebih keras. Lakukan hal yang sama pada latihan beban Anda.

Tujuan Yang Berbeda

Banyak waktu Anda mencapai titik di mana Anda ingin mengubah tujuan program latihan Anda. Pada kondisi seperti ini Anda harus mengubah pola latihan Anda. Contohnya suatu ketika Anda ingin bulking. Anda ingin menambah berat badan dan massa otot Anda. Setelah Anda mencapai goal Anda, maka Anda pun ingin mengubah program Anda menjadi program cutting. Tentu saja pola latihan yang digunakan akan berbeda. Untuk itu, pastikan Anda tentukan tujuan program Anda terlebih dahulu.

Bosan

Anda bisa melihat banyak orang di gym hanya akan pergi ke gym dan melakukan hal yang sama persis selama setahun. Masalahnya adalah terkadang orang akan melakukan rutinitas yang sama berulang-ulang dan tidak menyadari bahwa hal itu hanya akan membantu mereka dalam jangka pendek bukan jangka panjang. Mengubah pola latihan Anda sangat penting untuk tetap menjaga bentuk tubuh karena dengan mengubah pola latihan rutin akan membuat tubuh tetap adaptif pada latihan yang Anda lakukan.

Banyak manfaat untuk mengubah rutinitas latihan sehari-hari. Jadi, agar latihan Anda tidak sia-sia dan Anda bisa mencapai tujuan program latihan yang Anda inginkan, mulailah memberikan perubahan pada pola latihan Anda sekarang juga! Selamat mencoba!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes