membentuk otot dengan kekuatan pikiran

Membentuk Otot dengan Kekuatan Pikiran

Pernahkah Anda menyadari bahwa pikiran juga memainkan peran penting dalam pembentukan otot Anda? Sebagian orang mungkin menganggap hal ini sepele, dan pada kenyataannya mayoritas orang mengabaikan aspek ini saat latihan.

membentuk otot dengan kekuatan pikiran
Kunci untuk memperbaiki koneksi pikiran atas otot adalah dengan menselaraskan pikiran dan tubuh dan memaksimalkan koneksi ini sepenuhnya, sebelum dan selama gerakan latihan. Ini artinya mengetahui secara pasti bagian otot yang dituju sebelum memulai latihan dan menggerakan otot dari posisi jenjang penuh hingga posisi kontraksi penuh, sambil fokus merasakan kontraksi otot dan menjangkau keseluruhan gerakan. Melakukan gerakan latihan tidak teratur hanya akan membuang waktu dan tidak akan menghasilkan apa-apa.

Beberapa alasan orang gagal menciptakan koneksi pikiran atas otot saat latihan disebabkan oleh,

  • Kurangnya pengetahuan anatomi tubuh manusia dan rendahnya informasi yang tersedia mengenai upaya menciptakan keberhasilan koneksi pikiran atas otot.
  • Kesalahan informasi dari pengajar atau buku mengenai eksekusi latihan. Dalam kata lain, banyak orang menerima informasi yang kurang tepat seputar latihan yang dianjurkan.
  • Malas mengubah pola yang sudah dikenal. Banyak orang mengalami kesulitan terhadap perubahan karena mereka terbiasa melakukan hal yang sama setiap saat karena merasa lebih nyaman dan kurang beresiko. Hasilnya, mereka menolak untuk mengubah cara mereka berlatih.
  • Mengangkat beban berlebih tanpa peduli bentuk dan teknik latihan yang baik, hanya untuk memuaskan ego.

2 cara berikut ini akan membantu Anda memperbaiki koneksi pikiran atas otot untuk hasil terbaik latihan Anda, yaitu:

Fokus Pada Otot yang Akan Dilatih

Sebelum latihan, pusatkan fokus pada tiap otot yang akan dilatih. Regangkan otot yang akan dilatih semaksimal dan senyaman mungkin sebelum mulai berlatih. Upaya ini dilakukan untuk mengirimkan sinyal dan mempersiapkan otot dengan mengisolasikan sepenuhnya sebelum memulai latihan. Dengan cara ini Anda akan menciptakan koneksi pikiran atas otot secara sukses.

Pertahankan Koneksi Pikiran atas Otot Selama Latihan

Selama latihan, rasakan otot memanjang dan meregang ketika Anda bergerak dari titik A ke B. Hal ini sangat penting karena tidak akan ada gunanya mengaktifkan otot sebelum latihan apabila koneksi pikiran atas otot hilang saat gerakan dimulai. Sebagian besar orang membuang waktu dengan berlatih tanpa memikirkan apa yang sebenarnya mereka lakukan. Mereka berlatih pada hanya menggunakan kekuatan fisik saja padahal seharusnya kekuatan fisik dan pikiran harus dipersatukan.

Ketika Anda berkomunikasi secara efektif dengan otot tertentu dan mempersiapkannya untuk set berikutnya, ini berarti Anda telah berhasil menyatukan koneksi pikiran atas otot. Dengan menjaga koneksi ini tetap aktif selama latihan, maka Anda akan mendapatkan manfaat terbaik dari latihan. Semoga berhasil! (dan)

BACA JUGA : Stres Metabolik Bikin Otot Terlihat Makin Nge-Pump

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes