penyebab ngantuk usai latihan

Mengantuk Setelah Latihan? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Mengantuk adalah salah satu tanda yang diberikan oleh tubuh agar seseorang beristirahat. Secara umum, rasa kantuk muncul di malam hari ketika tubuh butuh istirahat. Tetapi pada beberapa orang, rasa kantuk yang muncul tidak tergantung waktu. Bahkan rasa kantuk bisa datang sesaat setelah Anda melakukan latihan.
penyebab ngantuk usai latihan
Kantuk bisa menyerang kapan saja. Tak hanya datang pada malam hari, kantuk juga bisa menyerang Anda setelah berlatih. Berlatih seharusnya membuat badan lebih segar dan meningkatkan energi Anda. Namun bagi beberapa orang, rasa kantuk yang kuat bahkan bisa datang baik selama maupun setelah berlatih. Lalu, apa yang menyebabkan rasa kantuk datang setelah Anda latihan dan bagaimana cara mengatasinya?

Berlatih Dengan Perut Kosong

Ada beberapa sebab mengapa Anda merasakan kantuk setelah latihan. Penyebab paling umum adalah, saat berlatih beban perut Anda dalam keadaan kosong, sehingga glikogen Anda terkuras lebih cepat. Tubuh Anda menggunakan karbohidrat dan glikogen saat Anda melakukan latihan dengan intensitas tinggi. Jika Anda tidak makan sebelum latihan maka Anda akan merasakan lelah lebih cepat dan merasakan kantuk.

Untuk mengatasinya, makanlah setidaknya 2 jam sebelum latihan. Sebelum latihan, cukupi kebutuhan nutrisi Anda dengan makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein tinggi, seperti selai kacang dan snack gandum. Makanan ini dapat memberikan tambahan energi saat berlatih sehingga mencegah Anda merasakan kantuk setelah berlatih. selain mencukupi kebutuhan makanan bernutrisi, Anda juga wajib menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Caranya, minumlah air yang cukup selama Anda latihan.

Overtraining Saat Latihan

Inilah alasan mengapa Anda selalu disarankan untuk tidak overtraining dalam latihan. Selain mengakibatkan cedera dan menghambat pertumbuhan otot, overtraining juga dapat membuat Anda merasakan kantuk setelah latihan. Anda melakukan latihan yang terlalu banyak sehingga tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pemulihan.

Hal ini juga berdampak pada menurunnya motivasi latihan, memicu nyeri otot, mual, ataupun depresi. Untuk mencegah overtraining, batasi intensitas latihan Anda dengan baik dan berikan waktu istirahat yang cukup bagi tubuh untuk melakukan pemulihan.

Memiliki Gangguan Kesehatan

Beberapa kondisi medis seperti diabetes, gula darah rendah, anemia, dan tiroid yang kurang aktif dapat menyebabkan kantuk dan kelelahan setelah latihan. Anemia merupakan penyebab utama rasa kantuk sering datang. Kekurangan darah menyebabkan kurangnya zat besi. Sel darah merah yang diperlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh pun berkurang. Oleh karena itu, Anda yang mengalami anemia akan sering merasa lelah dan mengantuk seusai latihan.

Jika Anda memiliki gangguan kesehatan, konsultasikan kepada dokter Anda tentang pola latihan apa yang sesuai bagi kesehatan Anda. Olahraga di pagi hari merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar tidak merasakan kantuk setelah latihan.

Cegah rasa kantuk Anda datang setelah berlatih dengan mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Memberikan nutrisi yang baik dan istirahat cukup merupakan kunci untuk tubuh sehat dan mencegah rasa kantuk saat Anda beraktivitas.

Semoga bermanfaat. (dan)

BACA JUGA : LAKUKAN INI JIKA ASAM URAT MENYERANG SAAT LATIHAN

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes