Mengapa Perlu Pendinginan Usai Latihan?

Periode pendinginan memiliki peran yang sangat penting seperti halnya pemanasan. Keduanya merupakan bagian yang penting dari latihan.

Mengapa-Perlu-Pendinginan-Usai-Latihan

Pemanasan membantu tubuh dalam membuat transisi yang halus dari keadaan istirahat ke aktivitas, sedangkan pendinginan membuatnya kembali tenang setelah tubuh melakukan aktivitas latihan.

Tidak perlu berlama-lama untuk melakukan pemanasan, cukup 5-10 menit dengan gerakan intensitas rendah untuk memastikan tubuh Anda siap menerima latihan yang lebih berat.

Selain pemanasan, tubuh juga memerlukan fase pendinginan usai latihan. Pada saat latihan detak jantung dan tekanan darah akan meningkat, begitu pula dengan suhu tubuh Anda, sehingga tubuh meresponnya dengan mengeluarkan keringat.

Setelah latihan, tekanan darah harus kembali seperti semula, begitu pula dengan suhu tubuh Anda. Ketika Anda menghentikan gerakan secara tiba tiba, sebenarnya otot tetap tegang dan berkontraksi, namun detak jantung tidak secepat saat Anda bergerak.

Ini akan menyebabkan aliran darah, dari jantung ke otot maupun dari otot ke jantung, mengalami hambatan. Biasanya orang yang menghentikan kegiatan olahraganya secara mendadak, akan mengalami pusing, melayang, dan hilang keseimbangan.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda menghentikan olahraga secara bertahap dengan menurunkan intensitasnya.

Setelah berolahraga, lakukanlah lari-lari kecil sampai akhirnya jalan selama kira-kira tiga sampai lima menit. Ini akan menstabilkan detak jantung dan membuat rileks otot yang kaku hingga tubuh Anda benar-benar dalam kondisi normal.

Berikut manfaat pendinginan setelah latihan bagi tubuh Anda:

  • Memungkinkan denyut jantung dan pernapasan turun secara bertahap
  • Memberikan stres lebih sedikit pada sistem tubuh
  • Mencegah mual, pusing, dan pingsan yang kerap terjadi akibat menghentikan latihan secara tiba-tiba
  • Mencegah otot menjadi kaku, nyeri dan kram
  • Memungkinkan tubuh merasakan ketenangan setelah latihan
  • Membuat tubuh lebih segar usai latihan

So, untuk hasil latihan yang lebih maksimal, selalu lakukanlah pendinginan sebelum menyelesaikan latihan Anda.
Good luck. (dan)

BACA JUGA : Bakar Lemak Lebih Banyak dalam 8 Minggu

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes