Mengatasi Lelah dengan Olahraga Ringan

Mengatasi Lelah dengan Latihan Ringan

Banyak orang memilih tinggal di rumah setelah bekerja.”Saya terlalu lelah untuk latihan” sudah menjadi alasan umum belakangan ini. Namun, hanya sedikit dari mereka yang tahu bahwa olahraga dengan intensitas rendah yang teratur dapat membantu meningkatkan tingkat energi sekaligus menurunkan tingkat kelelahan.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh peneliti Universitas Georgia menemukan bahwa bersepeda statis dengan kecepatan ringan, sebanyak tiga sesi per minggu selama sekitar 25 menit/sesi, cukup untuk mengatasi kelelahan. Sebaliknya dari pandangan umum, latihan secara rutin telah lama dipercaya mampu membuat kita merasa lebih enerjik/bersemangat.

Para peneliti menemukan 36 relawan yang tidak berolah raga secara rutin dan mengalami kelelahan yang berkepanjangan. Para relawan dibagi menjadi tiga kelompok: kelompok pertama melakukan 20 menit aerobik dengan intensitas sedang sebanyak 3 kali seminggu selama 6 minggu. Kelompok kedua aerobik intensitas rendah selama periode waktu yang sama. Kelompok ketiga tidak berolahraga.

Anehnya, kelompok dengan intensitas rendah memiliki penurunan tingkat kelelahan lebih besar daripada kelompok yang berolahraga lebih keras, masing-masing 65 persen banding 49 persen. Bisa jadi olahraga intensitas sedang terlalu berat bagi orang-orang yang sudah lelah. Sedangkan olahraga santai cukup baik.

Jadi, olahraga akan jauh lebih bermanfaat dalam mengatasi rasa lelah daripada mengkonsumsi kopi atau minuman energi, meskipun hanya berolahraga santai.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes