Mengenal BCAA Bagian 1: Apa Itu Leucine?

Mengenal BCAA Bagian 1 Apa itu Leucine

Leucine merupakan unsur BCAA yang penting dalam mempercepat sintesis protein dan menghambat katabolisme protein. Leucine tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan hanya bisa didapatkan dari makanan atau suplementasi BCAA.

Leucine bertanggung jawab untuk pertumbuhan otot, sintesis protein, pembaharuan dan perbaikan sel, serta sebagai pengatur metabolisme. Konsumsi Leucine setelah latihan ataupun aktivitas fisik lainnya untuk mendapatkan hasil maksimalnya.

Manfaat Utama Leucine
Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa suplementasi leucine juga membantu mengurangi lemak dan menurunkan berat badan. Leucine berpengaruh terhadap kadar glukosa dan metabolisme energi dalam meningkatkan pembakaran kalori pada saat waktu istirahat. Leucine juga memiliki efek pada hiperglikemia terkait diet tinggi lemak dan peningkatan sensitivitas insulin sekaligus menurunkan kolesterol (LDL).

Berikut ini adalah manfaat utama leucine:

  1. Mengatur Gula Darah
    Leucine mudah dipecah dan diolah tubuh menjadi glukosa. Hal ini membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Namun penderita diabetes atau yang telah didiagnosis pra-diabetes harus berkonsultasi dengan dokter mengenai suplemen leucine maupun BCAA.
  2. Membakar Lemak Visceral
    Visceral fat atau lemak perut merupakan lapisan lemak terdalam pada tubuh. Lemak visceral sulit untuk disingkirkan. Kelebihan lemak visceral dalam tubuh membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung atau masalah kesehatan umum lainnya. Leucine, suplemen BCAA atau makan makanan lain yang mengandung jumlah asam amino yang tinggi dapat membantu Anda membakar lemak visceral.
  3. Meningkatkan Energi
    Seperti BCCA lain, leucine membantu metabolisme tubuh berjalan lebih efisien dan meningkatkan level energi.
  4. Meningkatkan Produksi Otot Baru
    Jika Anda berusaha membentuk otot tanpa lemak, asupan suplemen seperti BCAA dan leucine adalah solusinya, karena membantu mendorong pertumbuhan jaringan otot baru dalam tubuh.
  5. Merangsang Hormon Pertumbuhan
    Bayi dan anak-anak membutuhkan asupan leucine setiap hari untuk merangsang hormon pertumbuhan mereka dan memastikannya tumbuh berkembang secara normal.

Nah, sekarang Anda telah mengetahui salah satu asam amino rantai cabang yaitu leucine beserta manfaatnya bagi tubuh Anda. Masih ada 2 asam amino rantai cabang lain yang akan kita bahas. Nantikan artikel selanjutnya yang akan mengupas mengenai Isoleucine dan Valine dan manfaatnya bagi tubuh Anda!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes