jenuh ketika latihan

Merasa Jenuh Saat Latihan? Lakukan Ini!

Rutinitas Anda ketika latihan akan membuat Anda menjadi jenuh. Hal tersebut memang suatu hal yang sangat wajar. Di satu sisi Anda ingin membentuk tubuh yang ideal lengkap dengan guratan ototnya. Namun, di sisi yang lainnya, Anda merasa jenuh dan ingin meninggalkan semua rutinitas latihan Anda. Sungguh, hal ini menjadi bertolak belakang dengan keinginan Anda.

Headline tired

Namun jika Anda menyerah dengan kebosanan yang Anda rasakan, berarti Anda harus bersiap membuang jauh mimpi Anda untuk memiliki tubuh ideal. Sebenarnya membunuh kebosanan ketika latihan bisa Anda lakukan. Untuk itu, Anda perlu menyimak informasi-informasinya. Berikut adalah cara untuk membunuh kebosanan ketika latihan.

Latihan Bisa Dilakukan dengan Menyenangkan

Banyak kebugaran profesional berbicara tentang latihan seolah-olah mereka sedang tak ada nilai, kecuali mereka meninggalkan Anda terengah-engah. Seolah latihan adalah hal yang membosankan dan melelahkan.Namun penting untuk dipahami, bahwa latihan apapun akan lebih baik daripada tidak latihan bahkan pada tingkat yang moderat. Selain itu, latihan bukanlah hukuman. Jika Anda menggunakan latihan untuk menghukum diri sendiri atas apa yang telah Anda makan, maka Anda tak akan pernah menikmati atau merasa termotivasi untuk melakukan latihan dengan ikhlas.

Menemukan Sesuatu yang Anda nikmati

Jika Anda menyukainya, maka wajib Anda lakukan.Jadi, pa yang Anda nikmati?Apakah Anda suka berolahraga dengan seseorang teman? Atau, apakah Anda perlu latihan sendirian? Apakah Anda suka berada di luar rumah, atau apakah Anda membenci keadaan musim yang sedang panas atau hujan? Teruslah untuk mencoba bentuk latihan yang berbeda sampai Anda menemukan sesuatu yang Anda nikmati. Bagaimana dengan hiking, tari perut, seni bela diri, balet, yoga, mendayung, tinju dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda mulai sekarang bisa melirik hal-hal tersebut. Tentunya hal tersebut juga lebih menyenangkan daripada kebiasaan latihan keseharian Anda. Karena, latihan tak harus berada di gym dengan alat-alat super canggihnya.

Kemudahan Adalah Kunci untuk Memotivasi

Jika Anda termasuk baru memutuskan untuk latihan, atau baru memulai setelah sekian lama tak aktif, maka Anda tak perlu mati-matian berlatih terlalu keras. Bisa-bisa tubuh Anda akan terkejut, hingga menimbulkan rasa sakit (cedera), nyeri yang teramat sangat pasca latihan . Hal tersebut justru akan membuat keyakinan bahwa latihan tidaklah menyenangkan. Untuk itu, ambilah latihan yang menurut Anda simpel dan mudah. Selanjutnya, lakukan latihan yang lebih berat secara bertahap.

Buatlah Kebiasaan Baru

Kebiasaan adalah sesuatu hal yang dilakukan secara berulang-ulang. Maka dari itu, olahragalah secara teratur dan konsisten. Jadi, buatlah prioritas untuk membangun kebiasaan pertama Anda. Kemudian, Anda dapat berkonsentrasi pada peningkatan kebugaran. Intinya, prioritas utama ketika latihan adalah sesuatu hal yang wajib Anda lakukan. Turuti jadwal atau program yang telah Anda buat. Secara bertahap, hal tersebut dapat menjadi kebiasaan Anda.

Jangan Mengharapkan Hasil yang Cepat

Salah satu alasan mengapa orang berhenti dan menyerah atas prinsipnya melakukan latihan adalah, mereka mencari hasil yang cepat. Namun ketika mereka tak berhasil mendapatkannya, mereka akan kecewa. Maka dari itu, kuncinya adalah bersabar. Tanamkan pada diri Anda bahwa untuk membentuk tubuh ideal membutuhkan waktu yang relatif lama dan ingatlah bahwa latihan memiliki manfaat kesehatan jangka panjang bukan semata karena demi mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik.

Memilih Latihan yang Tepat untuk Kemajuan Anda

Jika Anda memiliki tujuan tertentu, maka tentunya Anda akan menginvestasikan waktu dan usaha Anda untuk berolahraga. Pastikan bahwa waktu dan usaha tidak akan terbuang sia-sia. Apa yang Anda inginkan? Jujurlah pada diri sendiri , dan jika perlu minta beberapa saran terkait dengan metode latihan apa yang efektif dan ampuh untuk cepat mencapai tujuan awal Anda.

Catat dan Perhatian Kemajuan Anda

Salah satu sisi positif dari olahraga teratur yakni akan membuat Anda mengalami peningkatan dan kemajuan. Jika Anda tak melihat ada perbaikan dalam diri Anda, maka bukan tidak mungkin Anda akan menjadi sangat putus asa. Jadi, catat dan perhatikan perbaikan sekecil apapun untuk menjaga tingkat motivasi Anda agar tetap tinggi.

Sebenarnya, terdapat cara ampuh untuk menjaga Anda agar tetap konsisten dengan latihan Anda. Caranya, tanamkan hingga mengakar dalam diri Anda bahwa tujuan yang ingin Anda capai dapat mengubah hidup Anda menjadi yang lebih baik. Dengan begitu, Anda akan selalu bersemangat dalam menjalani rutinitas latihan Anda. Selamat mencoba cara terbaik menurut Anda, dan semoga berhasil. (gie)

BACA JUGA: Bahu Padat Bersayap dengan Latihan Pola Dasar

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes