cedera

Metode Terbaik Pulihkan Cedera dari Semua Latihan!

Hai sobat fitnes mania! Apakah Anda suka berlatih angkat beban, berlari 10K dengan bantuan treadmill, atau berkeringat pada latihan aerobik? Ya, apapun latihannya yang pasti Anda harus melakukannya dengan cara yang tepat agar tidak terkena cedera. Selain itu jika Anda mengalami cedera karena berbagai jenis latihan yang dilakukan, tentunya Anda membutuhkan segudang cara efektik nan ampuh untuk memulihkan Anda dari cedera tersebut.

pulihkan-cedera-2 (1)

Tidak peduli apa program latihan yang Anda jalani, yang pasti pemulihan adalah kunci untuk hidup sehat dan seimbang.

Beberapa dari kita mungkin menyerah pada rasa sakit karena cedera dan memutuskan untuk tidak berlatih dalam beberapa hari. Metode pemulihan yang baik akan membantu kita untuk segera bisa berlatih dan mendukung pertumbuhan otot serta tidak merusaknya. Beberapa dari kita bertahan dengan rasa sakit tersebut dan melanjutkan latihan. Metode pemulihan yang baik juga akan memungkinkan Anda untuk memaksimalkan latihan yang Anda lakukan. Berikut ini 5 cara pemulihan terbaik bagi Anda yang ingin segera berlatih:

1. Rencana Hari untuk Beristirahat Dengan Benar

Ketika Anda berlatih, tubuh Anda melakukan pekerjaan yang berat. Anda perlu istirahat beberapa hari untuk membantu memulihkan tubuh Anda dari kelelahan. Hari untuk beristirahat bukan berarti tidak melakukan apa-apa. Anda dapat mengurangi jumlah latihan Anda, atau melakukannya dalam bentuk yang berbeda dari latihan biasanya agar tidak terlalu memberatkan seperti latihan lainnya. Hari untuk beristirahat sebenarnya adalah hari di mana Anda membiarkan tubuh Anda mengisi apa-apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi bukan berarti tidak melakukan apa-apa.

2. Regangkan Otot-otot Anda

Anda mungkin tidak berpikir bahwa latihan seperti power lifting memerlukan peregangan. Akan tetapi segala aktivitas fitnes dapat dilakukan hanya jika disertai dengan peregangan otot-otot tertentu. Peregangan membuat Anda memiliki fleksibilitas dan kelenturan sehingga bisa melakukan bermacam-macam latihan dan gerakan. Peregangan juga membantu meredakan ketegangan otot dan dapat membantu meminimalisir cedera.

3. Makanlah dengan Baik

Pastikan tubuh Anda mendapatkan nutrisi, protein, menggantikan elektrolit, dan hidrasi dengan baik. Berusahalah untuk menjauhkan tubuh Anda dari makanan-makanan yang sangat berlemak, asin, atau sulit untuk dicerna. Makanan-makanan tersebut bisa membuat Anda merasa lesu dan tidak berenergi. Rencanakan juga makanan/snack sebelum dan sesudah latihan Anda dengan baik, sehingga Anda dapat mendukung tubuh untuk mempercepat pemulihan.

4. Tidurlah yang Cukup

Jika Anda akan berlatih setiap hari, entah hanya sekedar berlatih ringan ataupun keras, yang Anda perlukan adalah tidur. Tidur malam yang cukup dan berkualitas sangat bermanfaat tidak hanya untuk mempercepat proses pemulihan, akan tetapi juga dapat membantu menciptakan suasana hati yang tenang, menyeimbangkan hormon, mengurangi peradangan, menghilangkan stres, dan membuat pikiran Anda lebih fokus. Cobalah untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam, dan tidak lebih dari 8 jam. Tidur yang berkualitas selama 6 jam lebih baik daripada tidur yang tidak nyenyak selama 10 jam.

5. Pijatlah Badan Anda

Entah apakah Anda suka menemui ahli terapis pijat atau tidak, yang pasti memijat otot-otot tubuh akan menjadikan tubuh Anda terasa lebih bugar. Sebuah pijatan terbukti dapat mengurangi kekakuan pada otot, peradangan, dan mendorong sirkulasi darah. Pijat juga dapat membantu mempercepat pemulihan sehingga Anda dapat kembali ke latihan Anda.

Selamat mencoba! (mee)

BACA JUGA: Liburan Menanti, Jangan Lupakan Latihan Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes