tubuh kencang

Miliki Tubuh Kencang dengan Medicine Ball

Bosan dengan latihan yang menggunakan dumbbell? Jika kebosanan sedang menyerang, maka hal itu dapat mengganggu program latihan Anda untuk membentuk tubuh yang kencang dan seksi. Apabila bosan dengan dumbbell, Anda bisa mencoba dengan menggunakan medicine ball. Apa itu medicine ball?

tubuh kencang

Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang kencang dan seksi, maka jangan hanya mengharapkan dari diet saja. Melakukan latihan adalah hal utama lain yang perlu dilakukan. Ada beragam latihan yang dapat ditemukan untuk membantu mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan sehat.

Mengapa harus latihan?

#Mengusir Lemak dan membangun otot

Baik melakukan latihan kardio atau latihan beban akan dapat meningkatkan kekuatan otot sekaligus mengurangi lemak tubuh secara bersamaan. Baca juga: 6 Latihan Asik Agar Tubuh Kencang Bebas Lemak.

#Model tulang

Merupakan proses tulang yang menyesuaikan dengan beban, sehingga dapat mengubah ukuran dan bentuk serta menghilangkan jaringan tulang lemah dan rusak. Ketika berlatih, akan menciptakan stres dan menguatkan tulang meski sedang kontraksi. Otot semakin kuat, maka tulang juga akan semakin kuat menangani kontraksi otot.

#Jaringan ikat

Tulang seperti ligamen, tendon, dan tulang rawan merupakan inti aktivitas Anda sehari-hari. Karena kondisi yang tidak stabil maka berpotensi cedera. Karena itu, latihan akan sangat penting untuk lebih menguatkan tubuh.

Medicine Ball

tubuh kencang

Jika bosan latihan dengan menggunakan dumbbell, Anda bisa mengganti dengan menggunakan medicine ball. Medicine ball sendiri umumnya terbuat dari bahan kulit, nilon, vinyl, karet, atau polyurethane. Beratnya sendiri bervariasi antara 1-10 kilogram.

Sejarah Medicine Ball

Sejarah medicine ball ini tercatat ketika pakar ilmu kesehatan di zaman Yunani kuno, Hippocrates membuat media latihan dengan menggunakan kulit binatang yang diisi pasir. 3000 tahun yang lalu, pegulat dari Negeri Persia membuat medicine ball dari kantung yang diisi dengan pasir.

Hippocrates menggunakannya sebagai terapi pada atlet Yunani yang cedera dengan dilempar ke depan dan belakang. Kini, medicine ball semakin populer bukan hanya untuk terapi cedera, tetapi juga untuk meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, dan kebugaran secara menyeluruh.

Kelebihan Medicine Ball

Dengan bentuk yang bulat membuat medicine ball nyaman digunakan ketika berlatih. Latihan dasar seperti lunges, crunch, push up, atau squat juga dapat menggunakan medicine ball. Bola latihan ini memberikan variasi dan intensitas latihan yang menantang dalam pembentukan otot serta pembakaran lemak.

>>Membangun Kekuatan dan Kebugaran Tubuh dengan Medicine Ball<<

Latihan dengan Medicine Ball

Berikut beberapa latihan dengan menggunakan medicine ball untuk membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh yang seksi dan kencang.

1. Rolling Push Up | 5-10 repetisi tiap sisi

tubuh kencang

2. Lunge with Twist | 10 repetisi tiap sisi

tubuh kencang

3. Weighted Superman | 10-15 repetisi

tubuh kencang

4. Ball Fly | 10 repetisi

tubuh kencang

5. V-Up with Ball Pass | 10-15 repetisi

tubuh kencang

* Selalu pastikan melakukan pemanasan dan pendinginan. Olahraga yang efektif ini dapat dicapat dalam waktu sekitar 30-40 menit. Apabila pemula, maka mulailah dengan berat yang relatif ringan lalu naikkan secara bertahap.

Selamat berlatih. (ctr)

BACA JUGA: Strategi Maksimal untuk Bicep Lebih Menawan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes