Nyeri Punggung Setelah Berlatih Dengan Bola? Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasinya!

Banyak olahraga yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan Anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan bola latihan. Sebuah penelitian mengatakan bahwa berlatih menggunakan bola latihan sangat efektif untuk membentuk otot perut. Selain itu, bola latihan juga dikenal sebagai alat untuk terapi. Namun pada kasus tertentu, penggunaan bola latihan ternyata juga dapat memicu terjadinya nyeri punggung.

Nyeri Punggung Setelah Berlatih Dengan Bola? Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasinya!

Berlatih Menggunakan Bola Latihan

Saat Anda berlatih menggunakan bola latihan, otot perut Anda akan terlatih dengan baik. Latihan ini juga memungkinkan otot-otot yang lain seperti, punggung, dan pinggul mendapatkan latihan yang sama baiknya, dan jika dilakukan dengan benar dapat meningkatkan keseimbangan tubuh dan menjaga postur tubuh Anda menjadi lebih baik. Anda tidak memerlukan waktu lama untuk berlatih menggunakan bola latihan, cukup 15-20 menit tiap sesi latihan. Berlatih menggunakan bola latihan dapat melatih otot perut dan meningkatkan stabilitas tubuh lebih efektif daripada berlatih sit up biasa.

Penyebab Nyeri Punggung Saat Berlatih Menggunakan Bola Latihan

Dibalik manfaatnya yang baik untuk kesehatan, berlatih bola latihan juga dapat memicu cedera, seperti nyeri punggung. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan Anda mengalami nyeri punggung saat berlatih bola latihan, seperti ukuran atau kelenturan bola yang kurang tepat, posisi punggung yang salah saat berlatih, atau terlalu lama berlatih. Jika Anda kelebihan berat badan, atau baru menggunakan alat ini, hindari bola yang berukuran terlalu besar dan terlalu keras. Saat Anda menggunakan ukuran bola yang tidak sesuai, punggung akan dipaksa untuk menyesuaikan gerakan bola, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan otot punggung terkilir dan cedera.

Mulailah berlatih bola latihan dengan cara yang benar. Saat Anda duduk pada bola, usahakan tubuh Anda dalam posisi tegap dengan cara, posisi kepala tegak lurus dengan tulang punggung, dan posisi bahu tegak lurus dengan pinggang. Posisi lutut harus sejajar atau sedikit lebih tinggi dari pinggang. Jika posisi duduk Anda pada bola latihan sudah sempurna, Anda bisa melanjutkan latihan sesuai tingkat kemampuan Anda. Untuk mendapatkan cara berlatih menggunakan bola latihan dengan benar, Anda bisa melihat di duniafitnes.com/workout-list/ball-training.html

Perawatan Nyeri Punggung

Konsultasikan dengan dokter jika Anda pernah memiliki riwayat nyeri punggung sebelumnya. Dapatkan informasi dari dokter apakah berlatih menggunakan bola latihan aman bagi Anda ataukah Anda harus menggantinya dengan latihan yang lain. Jika dokter menyarankan untuk berlatih menggunakan alat ini, mintalah petunjuk tentang cara penggunaan yang tepat dan aman.

Berlatihlah secara benar dengan program khusus jika Anda mengalami nyeri punggung. Mintalah bantuan personal trainer atau ahli kebugaran berpengalaman yang dapat membantu Anda berlatih dengan benar untuk mengurangi nyeri punggung Anda. (dan)

BACA JUGA : Penuhi 3 Nutrisi Penting Ini Untuk Pembentukan Otot Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes