latihan superset untuk membentuk otot

Otot Lebih Besar dengan 3 Teknik Superset Berbeda

Mungkin Anda sudah pernah menerapkan metode superset sebelumnya. Namun, belum tentu Anda mengenal berbagai tipe metode latihan superset atau berbagai cara menggabungkannya ke dalam latihan Anda.

latihan superset untuk membentuk otot

Ada tiga kategori utama dari metode latihan superset yakni kelompok otot yang sama, kelompok otot antagonistik (berlawanan), dan pengaturan bergiliran. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing beserta contoh-contohnya :

Same Muscle Group Superset

Kategori superset yang pertama dan paling umum adalah dengan menggabungkan Same Muscle Group Superset atau teknik superset yang memungkinkan Anda melakukan 2 jenis latihan pada bagian kelompok otot yang sama. Sebagai contohnya, superset antara dumbbell flyes dan bench press. Ini adalah bentuk paling dasar dari latihan superset namun dengan manfaat yang cukup signifikan untuk membangun lebih banyak sel-sel otot.

Antagonistik Superset

Ketika Anda melakukan dua jenis latihan dalam satu seri pada kategori kelompok otot yang sama, maka metode tersebut cenderung untuk membatasi secara signifikan ukuran berat beban yang dapat Anda gunakan karena alasan keletihan dan naiknya asam laktat.

Memasangkan dengan kelompok otot yang antagonistik (berlawanan) secara bersamaan dapat membuat Anda mempertahankan kekuatan karena ketika satu kelompok otot sedang bekerja, maka kelompok otot yang berlawanan sedang beristirahat. moncler outlet polo 2

Contoh yang umum adalah memasangkan antara biceps dengan triceps, chest dengan punggung (back), atau urat-urat lutut (hamstrings) dengan quadriceps. Hal tersebut merupakan sebuah teknik yang unggul untuk mengangkat bagian tubuh yang lamban berkembang (sering menjadi prioritas latihan).

Sebagai contohnya, barbell curls dipasangkan dengan tricep pushdowns adalah kombinasi latihan yang hebat untuk membangun otot lengan. Berikut adalah contoh metode latihan superset antagonistik (berlawanan)

• Barbell Curl superset Tricep Extension
• Leg Extension superset Leg Curl

Alternate Spellings Superset
Kategori terakhir dari superset adalah Alternate Spellings superset atau pengaturan bergiliran. Set pengaturan bergiliran adalah tipe superset dimana Anda mengkombinasikan satu bagian otot mayor (besar/utama) dengan satu bagian otot minor (kecil) yang sama sekali tidak berkaitan. Teknik ini umumnya digunakan untuk abs (perut) dan calves (betis).

Cara Anda menerapkan prinsip ini adalah dengan “menyelipkan” satu set abs dan calves diantara set-set latihan kelompok otot mayor apapun. Sebagai contoh, Anda dapat menyelipkan satu set latihan calves diantara setiap set latihan chest yang Anda lakukan. Jadi daripada beristirahat dan tidak melakukan apapun diantara set latihan chest, Anda dapat melakukan suatu latihan yang produktif, nfl jerseys ranked custom 2 yaitu melatih calves (betis) Anda!

Dengan metode ini maka Anda dapat menyelesaikan latihan dengan lebih cepat dan mencegah rasa bosan dan monoton yang sering dirasakan orang-orang ketika sedang melatih bagian otot minor secara terpisah sendiri saja.

Sebagai kesimpulannya, Anda tentunya sudah bisa melihat sendiri betapa banyaknya manfaat yang didapat dengan menerapkan metode latihan superset ke dalam rutinitas program latihan Anda. Metode superset sudah terbukti dalam meningkatkan perkembangan otot dan melatih bagian otot tubuh yang lamban berkembang.

Metode superset juga memungkinkan Anda bisa tetap mengembangkan otot selama masa cedera yang biasanya justru malah memburuk bila berlatih dengan beban yang lebih berat. Bahkan jika Anda mulai merasa bosan dengan program latihan Anda, maka metode superset mampu menghilangkannya.

Dan yang terhebat, metode superset telah menjadi jalan keluar yang logis untuk mendapatkan hasil maksimal dalam waktu minimal. Jadi, jika Anda sedang ingin menekan keras program latihan berorientasi hasil Anda dalam waktu yang singkat, maka metode latihan superset jawabannya! (dan)

BACA JUGA :

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes