Overtraining

Overtraining… Sepertinya istilah ini sudah banyak dikenal oleh para gym’ers. Tetapi masih banyak yang belum mengerti apa sebab dan gejalanya. Melalui artikel singkat ini saya ingin mengulas topic ini sekali lagi, supaya paling tidak buat pemula yang baru berlatih di gym, tidak bernafsu terlalu kuat untuk melatih badannya tanpa mengerti kapan harus istirahat.

Di artikel saya yang sebelumnya, saya mengatakan bahwa kita harus melatih tubuh dan memberikan istirahat yang cukup untuk masing-masing bagian otot kita. Tidak boleh melatih 1 otot lebih dari 2x dalam seminggu. Jangan melatih otot chest setiap hari dengan alasan biar cepat besar. Tidak akan ada gunanya. Malah akan menyebabkan overtraining.


Overtraining, disebabkan oleh beberapa hal seperti:

– Latihan terlalu sering dalam seminggu.

– Terlalu banyak macam alat yang dipakai dalam 1 sesi, saran saya, cukup gunakan 4-5 alat saja untuk otot besarnya. Jangan semua alat dipakai dengan alasan variasi. Yang ada malah tubuh kita kecapaian.

– Set yang terlalu banyak, bahkan ada yang berlatih sampai 2.5 jam, cukup 3-4 set setiap alat, tidak perlu sampai 10 set.

– Mengangkat terlalu berat dalam periode waktu yang panjang.

Gejala-gejala overtraining yang patut Anda waspadai kurang lebih adalah:

– Hilangnya kekuatan tubuh, mungkin Anda akan heran kenapa lebih sering latihan tetapi angkatan tidak sekuat dulu, waspadai ini adalah gejala overtraining.

– Rasa letih yang berkepanjangan.

– Tidur menjadi tidak nyenyak atau tidak bisa tidur.

– Nafsu makan yang menurun.

– Sakit pada otot yang berkepanjangan.

– Mood menjadi naik turun.

– Semangat berlatih menurun terus dan rasanya malas pergi ke gym.

– Daya tahan yang menurun, misalnya gampang pilek, atau masuk angin dan proses penyembuhan tubuh melambat.

Beberapa cara yang bisa Anda gunakan supaya tidak overtraining adalah:

– Mengatur pola latihan Anda, supaya jeda istirahatnya jelas, jangan dipaksa setiap hari berlatih kalau memang tidak mampu. Artikel mengenai ini sudah saya berikan sebelumnya.

– Hindari latihan yang monoton, dan mulai tambahkan variasi ke dalam pola latihan Anda.

– Jangan melakukan Failure Set di SETIAP SET selama latihan dan di SETIAP SESI latihan.

– Tambahkan aktivitas lain seperti treadmill, sepeda, etc dalam pola latihan beban Anda.

Berlatih fitness memberikan banyak keuntungan terhadap tubuh Anda, badan menjadi lebih sehat, lebih kuat.  Tetapi tetap perhatikan pengaturan olahraga Anda, saya selalu mengatakan Train Smarter not Harder supaya Anda menjadi lebih sehat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes