Susah tidur

Pemulihan Otot Anda Akan Lebih Cepat dengan Cara Ini

Apakah di masa recoveryAnda habiskan hanya untuk berdiam diri? Nah, ini dia cara yang tepat agar masa pemulihan tetap efektif mendukung program fitnes Anda.

Masa pemulihan (recovery) sangat dibutuhkan untuk otot agar berkembang lebih baik. Cara bijak agar recovery Anda tetap aktif adalah dengan menjaga tubuh Anda tetap bergerak.

Hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan koneksi neuromoskuler yang kuat, menjaga BMR tetap tinggi, mencegah cedera, mengurangi hormon kortisol dan tekanan darah, meningkatkan kualitas jaringan ikat yang baik, serta mendukung sintesis otot baru.

Nah, salah satu cara terbaiknya adalah dengan berenang. Kenapa berenang?

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan menghabiskan masa recovery Anda dengan berenang.

Simak juga informasi menarik tentang Ini Caranya Bakar Kalori Lebih Asyik di Kolam Renang.

#1. Aman Bagi Sendi Anda

Hl2

Di kolam renang, maka risiko tekanan pada sendi Anda akan berkurang dibanding ketika Anda jogging atau olahraga lainnya. Efek gravitasi saat dalam air juga membuat Anda tidak jatuh ke dasar atau dinding kolam dengan keras.

Karena ketika di kolam renang, tubuh Anda akan terasa lebih ringan dibanding ketika Anda berada di permukaan.

Pada saat berenang di dalam kolam, risiko cedera saat masa recovery akan menurun. Bahkan ketika Anda cedera juga masih bisa melakukannya (pastikan Anda mendapat persetujuan medis terlebih dahulu).

#2. Mengurangi Tekanan Pada Otot

Selain mengurangi tekanan pada sendi, berenang juga baik untuk otot Anda. Berenang dapat meningkatkan daya tahan otot Anda ketimbang latihan kardio lainnya, yang memungkinkan Anda menikmati masa libur latihan lebih aman tanpa takut cidera.

Bahkan, hidroterapi (latihan yang dilakukan di dalam air) merupakan rehabilitatif yang cukup populer pada saat ini jika seorang atlet atau fitnes mania mengalami cedera.

>> Tips Penting Agar Latihan Renang Anda Lebih Efektif <<

#3. Meningkatkan Kesehatan ROM pada Bahu

latihan bahu, perbesar bahu

ROM atau Range of Motion adalah tingkat kemampuan menggerakan persendian secara normal dan lengkap untuk meningkatkan massa otot. Ketika berenang, banyak gaya yang melibatkan bahu Anda. Seperti gaya bebas, kupu-kupu, atau gaya punggung.

Dan tentunya ini akan membuat fleksibilitas dan kemampuan bergerak persendian bahu Anda semakin meningkat.

#4. Membuat Anda Tetap Bergerak

Telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa pemulihan yang efektif untuk mendukung latihan Anda adalah dengan tetap bergerak.

Jika kurang gerak atau bahkan tidak aktif setelah melakukan latihan keras sebelumnya, bisa menyebabkan Anda mengalami nyeri otot. Karena itu, tetaplah bergerak meski waktu pemulihan. Salah satunya adalah dengan berenang.

#5. Meningkatkan Kontrol Motorik Anda

Hl3

Baik bagi mereka yang baru atau profesional dalam berenang, cara ini ternyata dapat meningkatkan koneksi neuromoskular dan motorik Anda.

Gerakan yang bervariasi serta manufer saat berenang memerlukan koneksi yang baik antara pikiran dan tubuh. Karena itulah, berenang akan dapat memperbaiki hubungan antara mental dan tubuh Anda.

Baca Juga: 5 Vitamin Penting untuk Pertumbuhan dan Pemulihan Otot Anda

#6. Menambah Tingkat Konsenstrasi Anda

Ketika berenang, sebaiknya fokuskan pada teknik, ritme dan efisiensi tenaga. Hal ini dapat Anda jadikan seperti meditasi dan membuat pikiran Anda lebih tenang. Pastinya situasi ini akan membantu tubuh Anda melepaskan ketegangan.

Dengan kondisi mental yang baik dan tidak stres, maka latihan Anda berikutnya akan menjadi lebih optimal dan efisien.

#7. Latihan Kardio dan Kekuatan

Renang adalah latihan kardio selain jogging atau berlari. Latihan ini menargetkan hampir setiap kelompok otot dalam tubuh dengan waktu yang relatif bersamaan.

Jantung juga memompa lebih banyak darah, paru-paru bekerja lebih keras pada saat bernapas, serta banyak otot seperti bisep, tricep, paha, betis, punggung, bahu, atau dada yang ikut terlatih.

Semakin cepat Anda berenang, semakin kuat perlawanan otot Anda yang dapat menghasilkan pembentukan otot tanpa tekanan yang lebih pada sendi Anda.

Jika ditambahkan dengan suplementasi yang kaya akan whey protein seperti Prostar 100% Whey Protein, proses pemulihan dan recovery tubuh Anda lebih cepat dan pembentukan otot lebih optimal.

RECOVERY LEBIH CEPAT, OTOT LEBIH KUAT

  • Mempercepat Proses Pemulihan Tubuh Anda
  • Tidak Menambah Lemak
  • Meningkatkan Massa Otot Lebih Optimal
  • Mencegah Penyusutan Otot

Dapatkan segera protein berkualitas tinggi untuk percepat recovery otot tubuh Anda BELI DI SINI!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes