Pentingnya Pemanasan Yang Baik Untuk Performa Latihan Anda

Berolahraga berarti menggerakkan seluruh atau sebagian anggota tubuh. Gerak yang dilakukan dalam berolahraga berbeda dengan kegiatan sehari-hari. Bagian tubuh yang digerakkan adalah otot dan sendi. Tujuan pemanasan adalah untuk menyiapkan otot dan sendi tubuh sebelum aktivitas olahraga yang sesungguhnya.

Naiknya suhu tubuh yang diikuti dengan meningkatnya denyut jantung menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lebih cepat sehingga pasokan oksigen ke dalam otot menjadi lebih banyak, sehingga saat Anda berolahraga, Anda mampu menggerakkan anggota tubuh dengan lebih leluasa, kuat, dan nyaman.

Manfaat Yang Bisa Anda Dapatkan Dengan Melakukan Pemanasan
Berikut ini manfaat melakukan pemanasan dengan baik:

  • Meningkatkan pasokan oksigen dalam aliran darah
  • Meningkatkan kecepatan perjalanan sinyal syaraf yang memerintah gerakan tubuh
  • Meningkatkan reaksi otot dalam melakukan latihan
  • Mengurangi ketegangan otot
  • Meningkatkan kelenturan tubuh saat latihan
  • Mengurangi risiko cedera latihan

Sebagai tambahan, sebaiknya hindari Anda melakukan peregangan sebelum melakukan pemanasan. Otot akan lebih fleksibel setelah Anda melakukan pemanasan. Jangan lakukan pemanasan dengan lompatan (bouncing), karena sistem saraf belum siap untuk menahan beban Anda. Pemanasan yang Anda lakukan tergantung dari berat latihan yang akan Anda lakukan. Pemanasan harus lebih lama untuk latihan yang lebih berat. Sedangkan latihan yang lebih ringan membutuhkan pemanasan yang lebih singkat.

Pemanasan Yang Baik Untuk Anda
Banyak dari Anda yang sering salah memahami tentang cara melakukan pemanasan yang tepat sebelum berlatih. Contohnya Anda sering melakukan pemanasan dengan beban yang terlalu berat dan dengan repetisi yang terlalu banyak sehingga pada saat melakukan set inti, energi Anda sudah habis terkuras.

Pemanasan yang tepat adalah dengan menggunakan beban yang tidak terlalu berat dan dengan repetisi yang lebih singkat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan aliran darah dan meningkatkan kelenturan otot sebelum Anda memulai set inti.

Setelah Anda memahami pentingnya pemanasan dalam latihan, maka jangan tinggalkan kebiasaan ini saat Anda akan memulai latihan. Pemanasan yang baik dapat membantu Anda mendapatkan hasil dari olahraga yang baik untuk kesehatan Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes