Peran Glukosamin Dalam Menjaga Persendian Anda


Apakah glukosamin itu ?

Glukosamin (C6H13NO5) merupakan gula amino dan prekursor penting dalam sintesis biokimia dari protein glikosilasi dan lemak. Glukosamin ditemukan sebagai komponen utama dari rangka luar krustasea, artropoda, dan cendawan. Glukosamin merupakan salah satu monosakarida yang banyak dijumpai. Dalam industri, glukosamin diproduksi dengan cara hidrolisis rangka luar krustasea.

Glukosamin ditemukan secara alami dalam tubuh, yang tersusun dari glukosa dan asam amino glutamin. Glukosamin diperlukan untuk menghasilkan glycosaminoglycan, yang penting dalam pembentukan dan perbaikan tulang dan jaringan tubuh lainnya. nfl jerseys reddit for sale near me 2 Produksi glukosamin akan menurun seiring dengan pertambahan usia.

Sumber makanan yang mengandung glukosamin
Glukosamin diidentifikasi pertama kali oleh Dr. Georg Ledderhose pada tahun 1876, tapi struktur stereokimia baru ditemukan oleh Walter Haworth pada tahun 1939. Glukosamin biasanya tersedia sebagai suplemen kesehatan. Suplemen glukosamin diproduksi di laboratorium dari chitin, yang ditemukan di kulit udang, kepiting, lobster, dan hewan laut lainnya.

Sebagai suplemen, glukosamin sering digabungkan dengan chondroitin sulfat, yang secara alami ditemukan dalam tulang rawan. Chondroitin memberikan elastisitas tulang rawan dan mencegah kerusakan tulang rawan. moncler armoise albizia Selain itu, suplemen glukosamin juga kadang dikombinasikan dengan methylsulfonylmethane, atau MSM untuk kinerja yang lebih optimal.

Fungsi glukosamin dalam tubuh
Fungsi dari glukosamin di dalam tubuh adalah untuk memproduksi proteoglikan dan glikosaminogen yang berfungsi untuk membentuk cairan sinovial. Cairan ini berfungsi sebagai pelumas bagi tulang rawan sehingga pergerakan tulang menjadi lebih baik. Kekurangan cairan sinovial dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada sendi berupa osteoarthritis, yaitu penyakit radang pada sendi yang ditandai oleh adanya kelainan pada kartilago (tulang rawan) sendi dan tulang di sekitarnya.

Produksi glukosamin ini akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia sehingga tubuh pun mengalami kekurangan glukosamin. Hal ini mengakibatkan terganggunya produksi cairan sinovial yang dapat berakibat pada kerusakan tulang rawan pada sendi.

Gunakan glukosamin sesuai anjuran
Mengenai efek samping ataupun kondisi kelebihan asupan glucosamine ini, menurut sebagian besar penelitian, ditemukan bahwa penggunaan glukosamin dapat ditoleransi dengan baik. Pada beberapa orang bisa terjadi gejala seperti mengantuk, sakit kepala, nfl jerseys ranked custom 2 insomnia, dan beberapa gangguan pencernaan seperti mual atau diare. Namun demikian, berbagai studi klinis telah membuktikan bahwa glukosamin aman untuk dikonsumsi selama konsumsi suplemen glukosamin sesuai dengan dosis anjuran.

Untuk itu, sebaiknya bagi Anda yang akan mengkonsumsi suplemen glukosamin sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter atau ahli kesehatan lainnya jika Anda memiliki kondisi medis tertentu ataupun sedang menjalani pengobatan tertentu.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes