Peregangan-untuk-Tangan-&-Pergelangan-Tangan-Anda

Peregangan untuk Tangan & Pergelangan Tangan Anda

Peregangan-untuk-Tangan-&-Pergelangan-Tangan-Anda

Struktur sendi pada tangan dan pergelangan tangan membuat kita mampu melakukan gerakan yang kompleks. Gerakan-gerakan ini digunakan untuk melakukan tugas dan aktivitas sehari-hari. Kegiatan seperti mengetik di depan komputer, memainkan alat musik, dan sebagainya akan menggunakan gerakan berulang yang meningkatkan penggunaan tangan dan pergelangan tangan. Penggunaan berlebihan dan trauma dapat menyebabkan ketegangan jaringan ikat dan dislokasi sendi, yang akhirnya mengakibatkan nyeri sendi, kekakuan, dan peradangan pada sendi tangan Anda. Untuk mengatasi dan mencegah kekakuan dan ketegangan pada tangan, salah satunya bisa Anda lakukan dengan peregangan untuk tangan dan pergelangan tangan Anda berikut ini. Semua gerakan ini bisa Anda lakukan baik dengan berdiri maupun duduk.

Abduction & Adduction
Peregangan ini menargetkan otot-otot jari dan tangan Anda. Letakkan tangan Anda di depan Anda dengan telapak tangan saling berhadapan dan jari-jari menunjuk ke atas. Mulailah peregangan dengan menyatukan kedua tangan Anda kemudian tekan jari-jari tangan Anda. Lanjutkan dengan melepaskan kedua tangan Anda lalu coba pisahkan jari-jari Anda atau jauhkan jari Anda dari jari lainnya sebisa mungkin sehingga terasa regangan pada jari-jari Anda. Lakukan keduanya bergantian hingga 10 – 20 repetisi.

Hand Stretch
Target peregangan ini adalah tangan dan jari Anda. Seperti gerakan peregangan di atas, mulai dengan meletakkan tangan Anda di depan Anda dengan telapak tangan saling berhadapan dan jari-jari menunjuk ke atas. Tekuk jari-jari Anda ke bawah hingga membentuk kepalan tangan, tetapi ibu jari tetap tegak ke atas. Lanjutkan dengan mengarahkan jari-jari Anda ke arah pergelangan tangan Anda hingga jari-jari Anda meregang semaksimal mungkin. Tahan hingga 5 hitungan nafas.

Hand and Wrist Stretch
Peregangan ini menargetkan jari dan pergelangan tangan Anda. Kedua telapak tangan disatukan dan ditekan di depan tubuh Anda, setinggi dada. Jaga agar jari-jari Anda tetap menunjuk ke atas. Tekan kedua telapak tangan sambil menarik bagian bawah telapak tangan saling menjauh. Lanjutkan sampai telapak tangan menghadap lantai, regangkan jari dan tangan Anda. Tahan hingga 5 hitungan nafas.

Wrist and Forearm Stretch
Target peregangan ini adalah pergelangan tangan dan tangan Anda. Luruskan kedua tangan ke depan dengan telapak tangan menghadap lantai. Tempatkan satu tangan di atas yang lain dan tekuk kedua pergelangan tangan ke bawah. Gunakan tangan Anda untuk mendorong tangan Anda ke atas, kembali ke arah semula. Tahan hingga 5 hitungan nafas. Ulangi gerakan untuk tangan yang lain.

Nah, untuk mencegah kekakuan dan ketegangan pada jari, tangan, serta pergelangan tangan Anda, maka lakukan peregangan sederhana ini di sela-sela aktivitas Anda setiap hari. Selamat beraktivitas!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes