tidur untuk membentuk otot

Perhatikan Tidur Anda Jika Ingin Tubuh Lebih Berotot!

Selain pola makan, latihan, dan suplementasi, memiliki tidur yang berkualitas sangat penting untuk pembentukan tubuh Anda. Berikut ini beberapa tips untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak agar program pembentukan tubuh Anda berjalan lebih maksimal.

tidur untuk membentuk otot

Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh seksi, berotot, ideal, dan sehat, pasti telah mengetahui bahwa dua kunci utamanya yaitu disiplin latihan dan pola diet yang sehat. Bukan hanya itu, suplementasi juga sangat mendukung hasil latihan dan diet yang Anda lakukan.

Namun, ada beberapa kasus yang menunjukkan bahwa meski telah melakukan hal di atas tapi belum terlihat hasil yang memuaskan. Mengapa demikian? Coba perhatikan juga pola tidur Anda.

>> Tidurlah yang Cukup dan Tumbuhkan Otot Anda <<

Tidur bagi perkembangan otot

tidur untuk membentuk otot

Apabila Anda sudah akrab dengan latihan untuk pembentukan tubuh, mungkin Anda sudah mengetahui pentingnya mengonsumsi asupan protein yang merupakan ‘makanan’ utama bagi otot. Karena itu, konsumsi suplemen seperti Prostar 100% Whey Protein dari Ultimate Nutrition akan sangat membantu pembentukan tubuh. Bukan hanya asupan protein, tapi perlu diperhatikan juga pola tidur Anda.

Tidur malam yang cukup juga berperan penting dalam program Anda karena ketika tidur, tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan otot atau Growth Hormone (GH). Kebutuhan tidur tiap-tiap orang berbeda. Namun, umumnya disarankan sekitar 7-9 jam.

Tips agar tidur lebih nyenyak

Lalu bagaimana cara mendapatkan tidur yang berkualitas untuk menunjang program latihan dan diet yang saya lakukan? Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda mendapatkan tidur yang nyenyak.

1. Jangan latihan terlalu mepet dengan jadwal tidur

Ya, olahraga dapat membantu Anda membantu mendapatkan tidur yang berkualitas. Namun, melakukan latihan terlalu dekat dengan waktu tidur malam akan sangat mengganggu program Anda. Mengapa? Karena jika latihan mepet dengan jam tidur dapat meningkatkan suhu tubuh Anda dan Anda akan mengalami kesulitan tidur. 5 Nutrisi ini Cocok Untuk Menjaga Otot Anda Saat Tidur!

Meski Anda selalu disibukkan dengan pekerjaan dan hanya sempat melakukan latihan atau olahraga setelah bekerja, usahakan latihan 3-4 jam sebelum jam tidur agar Anda memiliki waktu cukup untuk mendinginkan tubuh dan bersiap tidur.

2. Kurangi atau jauhi alkohol

Minuman yang mengandung alkohol umumnya sudah diketahui bahwa dapat menghambat pertumbuhan otot hingga menurunkan kadar testosteron. Tidak hanya itu, minum-minuman yang mengandung alkohol dapat mengganggu siklus tidur Anda, mengacaukan ritme sirkadian tubuh Anda, dan dehidrasi.

Karena bisa mengganggu siklus tidur, maka produksi hormon pertumbuhan pun akan tergangggu karena hormon ini lebih banyak diproduksi pada saat Anda tidur. Alkohol juga bertindak sebagai diuretik yang dapat mengganggu keseimbangan cairan alami tubuh sehingga bisa menyebabkan kelelahan, produktivitas menurun, dan mengganggu kemampuan sel otot untuk memproduksi energi. Baca juga: Kebiasaan Minum Alkohol dan Pengaruhnya Bagi Otot Anda.

3. Matikan elektronik Anda!

tidur untuk membentuk otot

Sebuah penelitian yang dilakukan di Ohio State University selama empat minggu menemukan bahwa paparan cahaya buatan dari smartphone, laptop, tablet, atau televisi dapat membuat lesu dan depresi. Sementara penelitian dari Lighting Research Center (LRC) di Rensselaer Polytechnic Institute pada 2012 lalu mengatakan bahwa paparan cahaya dari perangkat elektronik dapat menyebabkan penekanan melatonin, yaitu hormon yang membantu tubuh mempertahankan ritme sirkadiannya.

4. Mengatur asupan kafein

Telah banyak disebutkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme dan performa latihan Anda. Tentu saja, hal ini akan sangat membantu mencapai goal untuk membentuk tubuh berotot dan sehat. Namun bagaimana jika dikonsumsi sebelum tidur?

Mengonsumsi kafein pada malam hari akan dapat membuat Anda merasa gelisah ketika sudah memasuki jam tidur dan akan mengganggu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Karena itu, sebaiknya mengonsumsi kafein ketika masih sore hari.

>> Kopi : Tingkatkan Performa Latihan Hingga Turunkan Berat Badan! <<

tidur untuk membentuk otot

Meski tidur sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal, berotot, dan sehat, namun bukan berarti juga harus selalu tidur atau memperbanyak waktu tidur. Pasalnya, sebuah penelitian mengatakan bahwa kebanyakan tidur bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan, salah satunya stroke.

So, sudahkan Anda mendapatkan tidur berkualitas hari ini?

BACA JUGA: Otot Dada Lebih Maksimal dengan Variasi Bench Press

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes