Pernah Mengalami Nyeri Siku Akibat Latihan?

Nyeri siku akibat latihan

Bagi Anda yang telah lama berlatih di gym, keluhan nyeri pada bagian tubuh tertentu adalah hal yang biasa. Mungkin Anda dan beberapa teman gym Anda pernah mengalami salah satu keluhan yang sering terjadi yaitu nyeri pada siku.

Apakah Saya Mengalami Nyeri Siku Akibat Latihan?

Untuk mendiagnosis keluhan pada bagian siku yang terjadi secara terus-menerus, hubungilah dokter agar Anda mengetahui dengan pasti apa yang terjadi pada tubuh Anda. Tetapi sebagai awal untuk mengenali gejala dan keluhan nyeri siku, cobalah untuk melakukan pengujian sederhana sebagai berikut:

  1. Berdiri dengan posisi tangan di samping tubuh.
  2. Apakah Anda merasakan ada yang salah dengan posisi tangan?
  3. Tekuk tangan Anda.
  4. Sekarang luruskan dan putar telapak tangan Anda.
  5. Apakah Anda merasakan tekanan dan nyeri di daerah siku karena gerakan memutar itu?

Apa yang Salah dari Latihan Saya?
Jika Anda menggunakan straight bar saat latihan dan muncul rasa sakit pada siku, mungkin inilah penyebab semua keluhan Anda. Cara terbaik untuk menghindari keluhan ini adalah dengan latihan menggunakan EZ bar, yang dibuat khusus dan disesuaikan dengan kontur sudut lekukan tangan.

Berikut ini adalah rekomendasi alternatif latihan yang melibatkan siku:

  1. Gunakan EZ bar daripada straight bar untuk melakukan latihan curl.
  2. Gunakan overhand grip daripada underhand grip saat melakukan Bent Over Row.

Jika gym Anda tidak memiliki EZ bar, gunakan dumbbell sebagai alternatif. Yang perlu Anda ingat adalah bahwa artikel ini tidak melarang Anda untuk melakukan latihan lainnya. Terus lakukan latihan Anda secara normal jika tidak memiliki masalah nyeri siku. Lakukan rekomendasi dalam artikel ini jika Anda merasakan keluhan pada siku saat latihan.

Jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter dan ahli terapi agar Anda mendapatkan diagnosa yang tepat tentang keluhan yang Anda alami. Siku adalah salah satu bagian tubuh yang penting untuk menopang beban latihan Anda. Jagalah kesehatan siku dengan sebaik mungkin. Selamat berlatih!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes