Post Workout Recovery

Post workout recovery atau pemulihan pasca latihan dapat membantu menenangkan tubuh dan membantu mengendurkan otot-otot setelah latihan. Tubuh kehilangan banyak energi selama latihan, dan perlu untuk diisi kembali dengan cepat.

Post Workout Recovery

Jika tubuh tidak memulihkan diri dengan baik, bisa-bisa otot menjadi kejang dan hasil lathan terbaik tidak akan Anda dapatkan. Oleh karena itu, untuk latihan yang ideal harus diikuti dengan pemulihan pasca latihan yang optimal.

Tip Pemulihan Pasca Latihan

Berikut adalah beberapa tip dasar untuk membantu tubuh pulih kembali setelah melakukan sesi latihan.

  • Istirahat – Istirahat adalah hal terpenting. Pemulihan pasca pelatihan tidak hanya tentang minum minuman dan makan makanan pemulihan pasca latihan. Setelah melakukan latihan, sangatlah penting untuk membuat otot Anda santai dan istirahat untuk beberapa hari. Banyak atlet binaraga hanya melatih satu kelompok otot per hari dan memastikan tidak ada kelompok otot yang bekerja dua hari berturut-turut. Untuk membuat otot menjadi lebih kuat dan pulih lebih cepat, sangatlah penting memberinya istirahat setidaknya beberapa hari sebelum latihan kembali.
  • Peregangan – Seperti yang dikatakan oleh pelatih Anda, meregangkan otot-otot Anda di akhir latihan akan membantu pendinginan otot Anda. Pendinginan akan membantu tubuh lebih tenang, dan kembali normal. Ilmu di balik latihan pendinginan adalah bahwa pendinginan dapat mengurangi tingkat asam laktat pada otot dan mengurangi terjadinya kram pasca latihan.
  • Cairan – Air putih adalah yang paling utama, namun protein shake juga dapat membantu tubuh kembali pulih pasca latihan. Pada akhir latihan, seluruh tubuh akan kehilangan air dan, oleh karena itu, kita harus segera mengganti air yang hilang. Dianjurkan untuk minum minuman yang mengandung karbohidrat dan protein. Anda bisa mendapatkan banyak minuman protein shake untuk membantu recovery yang praktis dikonsumsi di akhir latihan. Dengan mengonsumsi cairan, Anda akan mampu meningkatkan tingkat air di dalam tubuh Anda yang akan membantu pemulihan otot Anda.
  • Makanan – Makanan pemulihan pasca latihan idealnya harus mengandung jumlah protein dan karbohidrat yang cukup. Karbohidrat memberikan energi pada tubuh, sedangkan protein membantu pemulihan otot dan pertumbuhan otot. Dianjurkan Anda memilih makanan yang mengandung gula di dalamnya karena gula memberikan energi tubuh lebih cepat. Tapi tetap pastikan jumlahnya cukup dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan itu salah satunya juga tergantung pada usia dan kondisi medis masing-masing individu.
  • Mineral – Mineral yang biasanya hilang dari tubuh termasuk natrium, kalium dan elektrolit. Anda bisa pilih buah-buahan seperti anggur atau buah berry, yang baik untuk memasok vitamin dan mineral dalam tubuh Anda.

Beberapa hal di atas adalah semua yang Anda perlukan dalam proses pemulihan pasca latihan untuk mencapai hasil terbaik dari latihan yang Anda lakukan. Selamat mencoba!

BACA JUGA : 5 Latihan Singkat agar Perut lebih Rata dan Kencang

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes