Progres Pembentukan Tubuh Lambat, Apa Penyebabnya?

Progres Pembentukan Tubuh Lambat, Apa Penyebabnya?

“Saya intens melakukan latihan, namun mengapa progres pembentukan tubuh tetap sama seperti awal latihan?” Ya, pertanyaan tersebut mungkin juga selalu terpikir di dalam benak Anda. Mungkin bagi Anda yang sudah melakukan latihan dengan intens merasa tidak adil dengan kondisinya, karena belum mendapatkan tubuh idaman yang ingin dicapainya.

Headline Frustasi

Padahal, banyak di antara mereka yang sudah mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, dan materi untuk hal tersebut. Namun, mengapa masih saja tidak ada kemajuan yang berarti? Jika pemikiran ini sama dengan Anda, maka Anda perlu menyimak hal berikut. Mungkin saja, salah satunya masih Anda lakukan hingga membuat Anda tak pernah mencapai keberhasilan dalam latihan Anda! Lebih lengkap, berikut adalah beberapa alasan yang menghambat pembentukan tubuh Anda menjadi lebih atletis!

1.) Memilih Program Latihan yang Tepat

Latihan yang Anda lakukan harus tepat dengan tujuan awal Anda. Pahami apa tujuan Anda. Hal ini untuk menghindari hasil latihan yang berlawanan dengan maksud Anda. Jadi, jika Anda ingin menghilangkan lemak, pilih sebuah program yang memadukan unsur-unsur kardio, hipertrofi otot, dan mobilitas gerak Anda. Maka sebagai rekomendasi, Anda bisa melakukan olahraga triathlon. Dengan menggabungkan tiga jenis olahraga sepeti berenang, bersepeda, dan berlari, hal ini merupakan cara tercepat untuk Anda membakar lemak.

Anda harus menjadi realistis jika ingin memilih program latihan. Bagaimana caranya Anda dapat melakukan latihan singkat, namun benar-benar memperoleh dampak cepat dari latihan tersebut. Jangan lupa untuk tidak memaksakan latihan Anda. Ambilah beberapa hari istirahat dari jadwal latihan Anda dalam seminggu.

2.) Jangan Lupakan Pemanasan dan Pendinginan

Terkadang kesalahan fatal yang dilakukan oleh banyak orang adalah tidak melakukan pemanasan di awal latihan dan pendinginan pada akhir sesi latihan. Pemanasan dan pendinginan sangatlah penting bagi yang akan melakukan dan mengakhiri latihan. Hal ini demi menambah fleksibelitas gerakan pada saat latihan. Jika Anda memaksakan untuk tidak melakukan kedua hal ini, maka risiko cedera akan lebih besar mengintai Anda.

3.) Terjebak Pada Rutinitas yang Sama

Salah satu yang menyebabkan progres Anda sangat lambat adalah, Anda selalu terjebak pada rutinitas yang sama. Coba evaluasi sebentar program latihan yang telah Anda lakukan setiap harinya. Apakah setiap kali datang ke gym untuk latihan, Anda selalu melakukan gerakan yang sama? Jika ya, mungkin karena itulah progres Anda sangat lambat dan hampir tak ada perkembangan sama sekali.

Untuk itu, lakukan banyak variasi latihan demi mempercepat kemajuan Anda membentuk tubuh yang atletis. Ingatlah bahwa otot akan merespons dan mengubah massanya jika Anda memberikan tekanan stres. Stres itu hanya bisa dibuat dengan memberikan latihan beban atau latihan-latihan sejenis yang lebih ekstrem. Artinya, semakin Anda berlatih dengan keras, maka otot pun juga akan memperlihatkan kemajuannya. Ingatlah, tubuh tidak sakit ketika latihan, maka tidak ada otot yang terbentuk!

4.) Perhitungkan Antara Set dan Repetisi yang Tepat

Ingat kuantitas bukanlah menjadi hal yang utama ketika latihan. Kualitaslah yang harusnya begitu Anda kedepankan ketika latihan. Jangan pernah mengambil set dan repetisi yang tinggi untuk latihan Anda. Jika Anda memaksakan di atas kemampuan Anda, maka bukannya otot yang terbentuk, melainkan Anda hanya membuang-buang tenaga. Untuk itu, lakukan angkat beban dengan berat maksimal untuk Anda, namun dengan set dan repetisi yang lebih sedikit. Jangan lupa pula untuk memberikan istirahat atau jeda di antar set. Hal ini demi memberikan kesempatan untuk otot agar beristirahat sejenak, sebelum akhirnya kembali bekerja mengangkat beban.

5.) Asupi Tubuh dengan Makanan Bernutrisi

Latihan bukannya satu-satunya cara untuk mendapatkan tubuh yang kekar dan berotot. Untuk membentuknya, Anda juga memerlukan asupan nutrisi melalui makanan yang sehat. Untuk itu, mulai dari sekarang sortir makanan yang masuk ke mulut Anda dengan menu-menu makanan yang banyak mengandung sumber protein, kaya akan serat, mineral, dan multivitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sebagai rekomendasi, ada baiknya daripada membeli makanan di luar, Anda dapat memasaknya sendiri. Dengan resep-resep yang sehat, Anda dapat mempertahankan bentuk tubuh dan mengasupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bagaimana, sudah tahu ‘kan apa yang harusnya Anda lakukan untuk mempercepat progres membentuk tubuh yang Anda inginkan? Semoga bermanfaat. (gie)

BACA JUGA: Diet Vegan Efektif Kurangi Risiko Penyakit Jantung?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes