Ragam latihan salah

Ragam Latihan Yang Dilakukan Secara Tidak Benar

Beban yang terlalu berat hingga teknik yang kurang benar merupakan performa latihan yang salah. Hal ini berarti Anda melakukan latihan yang tidak akan memberikan efek dan manfaat apapun, bahkan akan membuat Anda cedera dan sakit.

kesalahan-spele2

Latihan apa saja yang tanpa Anda sadari dan umum dilakukan oleh banyak orang? Berikut informasi dari seorang fisioterapis, Nick Sinfield mengenai ragam latihan yang dilakukan secara tidak benar:

Bicep Curls

bicep-curls

Latihan ini menargetkan bagian depan lengan atas. Kesalahan yang paling sering dilakukan dalam gerakan ini adalah kebanyakan orang hanya mencoba untuk mengangkat beban terlalu berat, dengan melibatkan bahu dan mengurangi usaha pada bisep. Akhirnya, bahu akan membungkuk ke depan saat mengangkat beban sehingga bisa menimbulkan cedera. Posisi badan yang melengkung mundur saat mengangkat beban yang berat akan memberikan banyak tekanan pada punggung bagian bawah sehingga juga dapat menyebabkan cedera.

Untuk memaksimalkan efisiensi latihan otot lengan, angkatlah beban sesuai dengan zona kenyamanan Anda. Jaga punggung agar tetap lurus dan fokuskan pada bisep saja. Bagaimana melakukan bicep curl dengan benar?

– Berdiri tegak dengan pundak dan punggung yang tegap
– Jaga punggung, siku dan bahu agar tegap
– Lengkungkan lengan sampai berada di depan bahu Anda

Stomach Crunches

stomach-crunch

Latihan ini menargetkan bagian otot perut. Kesalahan umum yang mengurangi efektivitas stomach crunches adalah menyelipkan dagu ke dada Anda, mengangkat badan terlalu tinggi dari lantai, dan tidak menjaga kontraksi perut selama latihan.

Meskipun sit-up dapat memperbaiki postur tubuh, menstabilkan otot-otot inti, dan berkontribusi untuk kembali sehat, melakukan latihan ini ratusan kali mungkin hanyalah membuang-buang waktu. Tidak peduli berapa banyak sit-up yang Anda lakukan, Anda tidak akan mendapatkan perut six-pack jika otot perut Anda tersembunyi di bawah lapisan lemak. Bagaimana melakukan crunch dengan benar?

– Angkat bahu Anda sekitar tiga inci dari lantai
– Jangan menyelipkan leher ke dada saat Anda mulai mengangkat kepala
– Kontraksikan perut Anda sepanjang latihan
– Jangan menyentak kepala Anda dari lantai

Chest Press

chest-press

Latihan ini menargetkan bagian dada, bahu, dan trisep Anda. Kesalahan yang paling sering dilakukan dalam latihan ini adalah gagalnya menjaga bahu belakang dan bawah. Untuk melakukan chest press dengan benar, Anda harus menjaga bahu bagian belakang dan bawah di setiap gerakannya

Kesalahan umum lainnya adalah gerakan mengangkat atau memutar bahu ke depan dan ke atas saat Anda melakukan press movement, yang hanya mengurangi pekerjaan di dada, tetapi malah menempatkan bahu dalam posisi rentan. Jangan meliukkan tubuh Anda dalam upaya mengangkat beban, dan jika Anda tidak dapat mempertahankan posisi ideal hal tersebut menunjukkan bahwa beban yang Anda angkat terlalu berat. Jadi, bagaimana melakukan chest press dengan benar?

– Jaga bahu bagian belakang agar tetap turun
– Kontraksikan perut Anda selama latihan dan buatlah leher Anda menjadi santai atau rileks
– Perbaiki lekukan alami di punggung bagian bawah Anda, jangan biarkan melengkung terlalu banyak
– Jangan mengunci siku Anda ketika menaikkan beban

Nah sudah tahukan beberapa latihan yang sering dilakukan secara tidak benar? Yuk, perbaiki latihan Anda, tambahkan makanan dan suplemen yang tepat untuk dapatkan ribuan manfaat dari latihan yang Anda jalani. (mee)

BACA JUGA: Mengapa Orang Tua Dilarang Obesitas?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes